Health

Ketahuilah Tanda-Tanda Diabetes Dan Penanganannya

By Natural Farm |

Tanda-tanda diabetes bisa dilihat dari beberapa gejala bagi penderita diabetes atau yang baru terkena penyakit tersebut. Apabila Anda belum terlalu mengenal dan memahaminya, maka bisa Anda telusuri dulu apa saja gejala dan juga cara penanganannya.

Gejala dan Tanda Terkena Diabetes

Jika Anda belum mengetahui, berikut ini merupakan tanda-tanda diabetes atau gejala yang bisa Anda perhatikan. Diantaranya adalah:

1. Meningkat Frekuensi Buang Air Kecil

Orang-orang yang sudah mulai terkena diabetes biasanya selalu merasa ingin buang air kecil. Sehingga, frekuensi buang air kecilnya meningkat dari biasanya.

2. Penurunan Berat Badan

Gejala diabetes juga bisa diindikasikan dari berat badan yang turun secara drastis atau tidak normal. Karena, kadar gula yang terlalu tinggi memang bisa menyebabkan berat badan langsung turun dengan cepat.

3. Rasa Haus Berlebihan dan Kelaparan

Ciri lainnya dari gejala diabetes adalah Anda akan merasa lapar dan haus yang berlebihan, sehingga Anda akan cepat lapar dan haus dan banyak makan dan minum.

4. Kulit Bermasalah

Tanda diabetes pun juga bisa dilihat pada kulit yang bermasalah, dimana kulit terasa gatal karena kering adalah peringatan bahwa Anda mulai terkena diabetes.

5. Penyembuhan Luka Lebih Lambat

Apabila Anda terkena luka gores atau luka lainnya, maka penderita diabetes akan mengalami penyembuhan luka yang lebih lambat dari orang biasa.

6. Infeksi Jamur

Jamur dan bakteri memang mudah tumbuh dan berkembang pada daerah yang kaya gula, oleh karena itu gejala diabetes juga bisa ditandai dengan infeksi jamur.

7. Pandangan Kabur

Gejala diabetes juga bisa terlihat dari pandangan Anda, dimana pandangan akan menjadi kabur dan tidak terlalu jelas.

8. Iritasi Genital

Apabila kandungan glukosa tinggi, maka pada area genital atau area intim akan menjadi bengkak dan gatal seperti iritasi.

9. Mudah Letih dan Tersinggung

Penyakit diabetes ternyata juga mempengaruhi emosional seseorang, karena penderita jadi mudah letih dan juga mudah tersinggung.

10. Sering Kesemutan Atau Kebas

Seseorang yang mengalami kesemutan atau kebas itu hal biasa, tapi lain halnya jika Anda mengalami diabetes maka hal tersebut akan sering terjadi.

Penanganan Gejala Diabetes

Apabila Anda sudah mengetahui apa saja tanda-tanda diabetes, maka dengan begitu Anda bisa melakukan penanganan sementara sebelum Anda melakukan operasi. Antara lain cara penanganan agar Anda tetap bisa hidup sehat adalah:

  1. Terapi Insulin
  2. Mengkonsumsi Obat Diabetes
  3. Pengobatan Alternatif Herbal
  4. Pola Hidup Sehat
  5. Tes Gula Rutin Setiap Hari
  6. Olah Raga Teratur

Itulah beberapa tanda-tanda diabetes yang memang perlu diketahui apabila Anda atau keluarga Anda merasa salah satunya gejalanya. Dengan begitu, Anda pun bisa mengantisipasi bagaimana penanganan terbaiknya.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category