Health

5 Gejala Penyakit Ginjal Paling Umum Namun Sering Diabaikan

By Natural Farm |

Apa sajakah gejala penyakit ginjal? Penyakit ginjal atau gagal ginja adalah kondisi fisik pada seseorang ketika ginjal sudah tidak mampu lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan kata lain, ginjalnya tidak mampu menyaring kotoran serta mengontrol kadar air dalam tubuh.

Tentu saja, penyakit gagal ginjal pada seseorang tidak datang secara tiba-tiba. Penyakit ini diawali dengan beberapa kesalahan gaya hidup seperti konsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka panjang serta kurangnya minum air putih.

Ketika ginjal sudah mulai bermasalah, maka akan timbul beberapa gejala. Apa sajakah gejalanya? Berikut penjelasannya.

Mudah Lelah

Gejala yang pertama serta cukup sering dialami adalah mudah lelah. Sayangnya, gejala ini cukup mirip dengan gejala-gejala penyakit lain sehingga sering diabaikan.

Ketika fungsi ginjal menurun, maka akan terjadi penumpukan racun dan kotoran di dalam darah. Akibatnya, tubuh cenderung merasa lemah dan mudah lelah. Akumulasi racun ini juga menyebabkan pasien mengalami anemia serta sulit berkonsentrasi.

Kulit Gatal dan Kering

Waspadalah jika Anda merasakan kulit menjadi kering dan gatal bersamaan dengan rasa mudah lelah. Bisa jadi, hal ini bukan berarti Anda mengalami penyakit kulit biasa. Kulit kering dan gatal mengindikasikan gangguan atau ketidakseimbangan kadar mineral dalam tubuh.

Ginjal memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah. Ketika ginjal sudah tidak bisa bekerja dengan baik, maka kadar mineral juga akan bermasalah. Efeknya dapat terlihat dari kondisi permukaan kulit Anda.

Darah Dalam Urine

Gejala berikutnya adalah terdapat darah pada urine Anda. Sebagai filter cairan dalam tubuh, maka ginjal tidak hanya berfungsi untuk menyaring urine tapi juga darah. Penyakit pada ginjal mengganggu proses penyaringan cairan secara kesekuruhan. Akibatnya, justru darah yang akhirnya bercampur dengan urine.

Segera periksakan kondisi Anda ketika Anda melihat adanya darah yang keluar saat buang air kecil. Selain adanya kemungkinan gagal ginjal, kondisi ini bisa jadi merupakan gejala penyakit lain seperti batu ginjal.

Pembengkakan Pada Kaki dan Tangan

Salah satu jenis minera yang terganggu keseimbangannya karena penurunan fungsi ginjal adalah natrium. Kondisi ini disebut dengan retensi natrium. Ciri-ciri yang paling nampak dari retensi natrium adalah pembengkakan pada kaki, lengan dan wajah.

Akan tetapi, pembengkakan serupa bisa pula diakibatkan karena penyakit gagal jantung atau liver. Maka, segera periksakan, apabila Anda mengalami gejala serupa.

Penurunan Nafsu Makan

Penyakit gagal ginjal juga menyebabkan Anda mengalami penurunan nafsu makan secara konstan. Penyebab utamanya adalah penumpukan racun di dalam tubuh. Pada kondsi yang lebih lanjut, penurunan nafsu makan yang bercampur dengan ketidakseimbangan mineral, mengakibatkan pasien mengalami malnutrisi.

Sehingga, pasien bisa mengalami kram otot yang frekuensinya meningkat seiring berjalannya waktu. Dokter akan melakukan berbagai tindakan medis ketika ginjal benar-benar tidak berfungsi dengan baik. Salah satunya adalah tindakan hemodialisa atau cuci darah.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category