Health

5 Rekomendasi Sumber Protein Pembentuk Otot yang Mudah Dikonsumsi

By Erwin |

Bagi Anda yang suka olahraga dan ingin membentuk otot, konsumsi makanan berprotein tinggi sangat diperlukan. Bagi yang bingung memiliki makanan berprotein tinggi tapi rendah kalori, baca dulu artikel ini. Berikut adalah bahasan rekomendasi makanan sumber protein pembentuk otot yang mudah dikonsumsi:

1. Telur

Telur adalah sumber protein yang paling mudah dikonsumsi. Anda dapat membuatnya menjadi berbagai hidangan ataupun mencampurnya dengan bahan lain. Contoh saja untuk sarapan, Anda bisa konsumsi telur rebus atau memilih hidangan telur orak – arink.

Telur juga dapat diolah dengan makanan lain. Contoh saja telur yang dicampur dengan daging giling dapat dipanggang bersama sebagai lauk. Bagi Anda yang berani, konsumsi telur mentah juga bagus untuk pembentukan otot.

2. Daging Ikan

Daging ikan mengandung banyak protein dengan sedikit lemak. Hal ini membuat konsumsi daging ikan lebih efektif untuk kebutuhan membentuk otot. Ikan yang dipilih juga dapat disesuaikan dengan budget dan mudah diolah untuk konsumsi.

Contoh saja ikan bandeng, nila, lele sampai salmon dapat digunakan untuk membantu pembentukan otot. Pengolahannya juga bisa menjadi soup, dibakar ataupun dimakan mentah seperti sushi jika tertarik. Nutrisi dari ikan sendiri banyak untuk tubuh. Jadi selain dapat protein, nutrisi seperti zat besi juga didapatkan.

3. Daging Sapi

Siapa bilang daging sapi hanya akan membuat gemuk? Bagian daging sapi yang tidak mengandung banyak lemak sebenarnya cocok untuk kembangkan otot. Banyak binaraga konsumsi steak yang dipanggang minimalis dan sudah membuktikan manfaat daging sapi ini.

Pilihan protein pembentuk otot ini tentu dapat diubah menjadi berbagai hidangan agar tidak bosan dan membantu konsumsi. Contoh saja dijadikan sosis, daging asap ataupun menjadi olahan daging giling, semuanya dapat Anda coba.

4. Susu

Susu juga mengandung protein tinggi dan cocok untuk pengembangan otot. Anda dapat  konsumsi olahan lain dari susu seperti keju dan yogurt untuk alternatif. Banyak atlet, konsumsi susu yang dicampur dengan bubuk protein khusus. Hasilnya lebih maksimal untuk keperluan konsumsi pengembangan otot.

5. Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan sumber protein yang baik dan mudah dikonsumsi. Banyak makanan dapat dibuat menggunakan bahan kacang ini. Mulai dari tahu, tempe, susu kedelai dan bahkan bumbu miso menggunakan kacang ini.

Konsumsi yang rutin dan cukup setiap harinya dapat membantu pembentukan otot. Hidangan seperti tahu dan tempe dapat diolah tanpa tambahan lemak. Hal ini membuat kalori yang dikonsumsi tidak lagi tinggi, tapi protein yang di dapat dari hidangan kedelai ini tetap banyak.

Sekarang Anda tinggal memilih sumber protein pembentuk otot mana yang sesuai selera. Selama konsumsi sesuai aturan dan terkontrol, Anda akan dengan mudah memenuhi kebutuhan otot. Raih bentuk tubuh yang Anda inginkan dengan menjaga diet makanan sehari – hari!

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category