Health

Memahami Penyebab Dan Solusi Masalah Pusing Setelah Olahraga

By Erwin |

Apakah Anda pernah merasa pusing setelah olahraga? Hal ini bisa menjadi tanda Anda tidak benar melakukan olah tubuh. Jika penasaran soal penyebab dan solusi masalah ini, ada baiknya baca dulu artikel berikut!

Masalah Pusing Setelah Olahraga Tidak Boleh Diremehkan

Pertama – tama, Anda harus mengerti bahwa pusing di sini dapat menunjukan masalah serius. Olahraga memang dapat menyebabkan gangguan tidak nyaman pada tubuh. Contohnya saja pegal – pegal ataupun nyeri otot.

Namun, gangguan ini berasal dari otot dan bukan organ penting seperti kepala. Jika masalah sudah muncul berupa pusing, hal ini bisa jadi tanda yang tidal boleh diremehkan. Segera konsultasi jika merasa pusing makin parah ataupun terlalu sering kembali setiap olahraga.

Berbagai Penyebab Masalah Pusing Setelah Olahraga

Untuk mengurai masalah pusing setelah olahraga, Anda dapat mencoba hindari penyebabnya. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menjadi sumber gangguan pusing ini:

  • Berolahraga terlalu lama dibawah terik sinar matahari.
  • Kurangnya distribusi oksigen ke otak.
  • Turunnya gula darah.
  • Tekanan darah rendah.
  • Dehidrasi
  • Anemia.
  • Kekurangan zat besi.

Semua masalah ini dapat menjadi penyebab utama Anda merasakan pusing. Biasanya sebelum rasa pusing, tubuh sudah mengirim sinyal pada tubuh untuk istirahat. Hal ini dapat ditunjukan dengan rasa letih dan tidak mampu keluarkan tenaga. Namun, dalam dunia olahraga, sinyal ini sering dianggap remeh dan banyak yang memaksakan diri walaupun sudah ada tanda – tanda seperti itu.

Daripada merasakan pusing dan mendapatkan masalah tubuh yang lebih serius, coba atur dan kelola olahraga Anda agar lebih aman. Bila perlu, coba konsultasi ke trainer atau ahli olahraga agar Anda lebih aman melakukan sesi pengolahan diri ini.

Solusi yang Dapat Dicoba

Jika sudah merasakan pusing, apa solusi yang dapat dicoba untuk meredakannya? Mari bahas beberapa solusi tersebut pada bagian ini:

  • Segera berteduh bila terlalu lama ada dalam kondisi panas. Sebisa mungkin mendinginkan diri dengan kipas atau AC untuk membantu tubuh merasa lebih nyaman.
  • Jika merasa pusing di area teduh, lebih baik Anda berhenti olahraga dan istirahat. Sangat disarankan menutup mata dan tiduran sambil mengatur nafas.
  • Pastikan juga minum segera tapi jangan terlalu banyak. Pilih minuman dengan elektrolit untuk membantu memasukan oksigen dan cairan lebih cepat dalam tubuh.
  • Jika masih merasa pusing, coba minum teh hangat manis. Hal ini akan cepat membuat tubuh rileks dan membantu memperbaharui kadar gula darah dalam tubuh.

Selama melakukan langkah – langkah di atas, rasa pusing akan perlahan hilang sendiri. Jika selama 30 menit masih terasa pusing diikuti rasa sakit kepala, segera pergi kedokter untuk pengecekan kondisi tubuh lebih detail.

Pastikan Jaga Kondisi Diri Agar Olahraga Lebih Optimal Hasilnya

Olahraga memiliki tujuan memperkuat dan menyehatkan tubuh. Percuma jika olahraga malah merusak kondisi tubuh Anda. Olahraga berlebihan tanpa menjaga kondisi hanya akan membuat tubuh makin menderita. Jadi, lebih baik hati – hati dalam mengolah tubuh.

Jika merasa pusing setelah olahraga ataupun merasakan gangguan kondisi lainnya, segera konsultasi pada pihak yang ahli. Baik instruktur olahraga ataupun tenaga medis pasti mau membantu. Hal ini lebih baik daripada mendapatkan masalah serius saat meremehkan gangguan saat olahraga ini.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category