Health

Apa Itu Methylprednisolone dan Manfaatnya?

By Erwin |

Ada berbagai jenis obat yang terdapat serta dijual bebas di pasaran. Nah, dari sekian banyak obat yang dijual di pasaran, salah satunya adalah Methylprednisolone. Obat ini sendiri adalah salah satu jenis obat yang bisa membantu meredakan peradangan untuk beberapa keadaan. Beberapa peradangan yang bisa diobati menggunakan obat ini mulai dari radang sendi, usus, asma psoriasis, lupus dan multiple sclerosis. Selain itu, obat ini juga sering digunakan untuk mengobati beberapa reaksi pada alergi yang cukup parah. 

Fungsi Obat Methylprednisolone

Obat ini memiliki fungsi yang sama untuk mengurangi adanya zat yang menimbulkan peradangan di dalam tubuh. Menggunakan obat ini, maka beberapa gejala baik itu peradangan, nyeri maupun pembengkakan yang bisa saja terjadi akan semakin berkurang dan mereda. 

Namun, obat ini memiliki efek imunosupresan. Di mana obat ini bisa membantu menekan reaksi system dari kekebalan tubuh secara berlebih. Biasanya, cara kerja dari obat ini bisa membantu untuk mengurangi alergi berat maupun penyakit seperti autoimun. Bukan hanya itu saja, obat ini juga bisa mencegah adanya reaksi penolakan dari tubuh pada saat pasien melakukan transplantasi organ.

Peringatan Menggunakan Obat Methylprednisolone

Sebelum mengonsumsi obat Methylprednisolone perlu memperhatikan beberapa peringatan pentingnya. Sebab, obat ini tidak boleh dikonsumsi dengan sembarangan. Nah, untuk beberapa hal penting sebelum Anda mengonsumsi obat ini adalah:

  • Pergi ke dokter terkait penyakit atau alergi yang dialami. Dikarenakan obat ini tidak bisa dikonsumsi oleh beberapa orang yang memiliki alergi obat prednisone. 
  • Konsultasi pada dokter apabila Anda memiliki infeksi lainnya seperti jamur, cacingan, abses maupun herpes. Anda juga harus memberikan informasi jika pernah terlibat kontak dengan penderita TBC, cacar maupun campak.
  • Informasikan pada dokter jika Anda memiliki penyakit lain seperti diabetes, hipertensi, ginjal, liver, jantung, osteoporosis, dan beberapa penyakit lainnya. 
  • Informasikan pada dokter juga apabila Anda pernah menderita radang usus, lambung, dan juga adanya gangguan pembekuan darah. 
  • Informasikan pada dokter apabila Anda juga sedang mengonsumsi obat lainnya. Seperti suplemen maupun vitamin lain. Hal ini dilakukan agar nantinya tidak terjadi adanya efek lain yang bisa ditimbulkan. 
  • Pastikan tidak mengonsumsi alkohol sebelum maupun setelah menggunakan obat ini. Dikarenakan hal ini bisa membantu meningkatkan risiko pendarahan yang ada pada saluran pencernaan. 
  • Penting bagi Anda yang sedang dalam program hamil, menyusui bahkan sedang hamil karena penggunaan obat ini sangat penting untuk diperhatikan. 

Jadi, itulah informasi seputar obat Methylprednisolone yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya. Anda juga perlu berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Jika pada akhirnya Anda mengalami reaksi pada obat ini, maka Anda juga harus segera pergi ke dokter untuk berkonsultasi.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category