Health

Cara Mengembalikan Indera Penciuman Saat Terkena Covid-19

By Erwin |

Wabah Covid-19 di berbagai negara termasuk di Indonesia sendiri membuat banyak orang yang harus menjaga imun dan Kesehatan mereka. Ada beberapa gejala yang sering membuat aktivitas terganggu. Salah satunya adalah kehilangan indra penciuman pada saat terpapar Covid-19 itu sendiri. Lalu, bagaimanakah cara mengembalikan indera penciuman?

Hilangnya Indera Penciuman Saat Terpapar Covid-19 

Selama terpapar virus Covid-19, akan banyak gejala yang dialami penderitanya sendiri. Mulai dari badan yang lemas, demam, hilangnya nafsu makan, bahkan sampai hilangnya indra penciuman. Ada beberapa penderita yang merasa kehilangan penciuman dan merasa tidak paham bagaimana cara untuk mengembalikannya. 

Inilah Cara Mengembalikan Indera Penciuman Setelah Terpapar Covid-19

Ada banyak penyebab yang akan diakibatkan oleh penderita Covid-19 sendiri. Termasuk hal yang cukup membuat tidak nyaman adalah kehilangan indra penciuman. Nah, untuk beberapa cara mengembalikan indera penciuman bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

  • Rutin Membersihkan Bagian Dalam Hidung

Penderita kehilangan indra penciuman atau yang dikenal dengan anosmia bisa dilakukan dengan cara membersihkan bagian dalam hidung. Cara ini adalah cara yang tepat jika dilakukan secara rutin. Namun, untuk membersihkannya membutuhkan bantuan larutan air garam. Biasanya, cara ini akan membantu jika berpengaruh adanya infeksi maupun alergi. 

Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat larutan ini, maka Anda bisa membeli beberapa larutan air rutin membersihkannya menggunakan petunjuk yang sudah ada dalam larutannya sendiri. 

  • Melatih Penciuman 

Penderita anosmia juga wajib untuk melatih indra penciuman mereka. Bahkan ada beberapa penelitian yang sudah membuktikan bahwa dengan melatih indra penciuman, maka beberapa anosmia bisa mencium bau-bauan Kembali. Lalu, apa sajakah benda, barang atau makanan tertentu yang bisa membantu indra penciuman Kembali?

Beberapa hal yang bisa membantu penderita anosmia untuk bisa mendapatkan indra penciumannya Kembali dengan mencium aroma jeruk, mint, bawang putih dan juga kopi. Anda bisa menghirup beberapa makanan tersebut selama kurang lebih 20 detik setiap harinya. Hal ini bahkan mampu membantu pemulihan penciuman yang sebelumnya hilang. 

  • Mengonsumsi Obat-Obatan

Untuk membantu meningkatkan indra penciuman, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti dengan mengonsumsi beberapa obat-obatan. Nantinya, obat-obatan ini adalah obat yang mengandung asam alfa-lipoat, suplemen vitamin A sampai dengan semprotan hidung steroid yang biasanya dijual bebas bahkan bisa menjadi cara untuk membantu mengembalikan indera penciuman bagi beberapa orang yang sudah terkena Covid-19. Obat-obatan ini perlu dikonsultasikan ke dokter agar penggunaan dan dosisnya bisa tepat. 

Jadi, itulah beberapa cara mengembalikan indera penciuman yang sebelumnya hilang. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makan-makanan yang menyehatkan agar terhindar dari virus maupun bakteri yang akan muncul Kembali baik Covid-19 maupun beberapa bakteri yang lainnya. 

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category