Health

Mengenali Penyebab, Ciri-ciri dan Cara Mengatasi Kanker Prostat Pada Pria

By Erwin |

Kanker prostat merupakan suatu jenis penyakit yang menyerang pria umumnya diatas 50 tahun, jenis penyakit ini terjadi di bagian alat reproduksi pria tepatnya pada kelenjar prostat. Kelenjar prostat memiliki peran penting bagi alat reproduksi pria sebab cairan kelenjar prostat tersebut merupakan cairan yang memperlancar keluarnya sperma pria dan juga mempermudah pergerakan sperma pada rahim wanita. Hal ini tentu menjadi suatu hal serius, jika kelenjar prostat yang dimiliki pria bermasalah atau tersumbat akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan dan kesuburannya. Jika jenis kanker ini tidak segera diatasi pastinya akan menjadi gangguan serius pada pengidapnya, dan bahkan bisa saja mengganas. Nah, oleh sebab itu pentingnya mengenal penyebab, ciri-ciri kanker prostat pada pria dan cara mengatasinya.

Penyebab kanker Prostat

1. Faktor usia

Jenis kanker ini biasanya banyak dialami oleh pria berusia 50 tahun keatas, hal tersebut disebabkan oleh fungsi kelenjar prostat yang mulai berkurang dan usia rentan penyakit. 

2. Genetik

Kanker prostat juga dapat dialami oleh keluarga yang memiliki riwayat penyakit serupa atau penyakit turun-temurun. Misalkan orangtua dalam keluarga memiliki penyakit kanker prostat, selanjutnya anak laki-laki kemungkinan akan beresiko terkena juga.

3. Perokok aktif

Kebiasaan merokok bukan hanya dapat mengganggu kesehatan jantung dan paru-paru, dan bisa saja menjadi pemicu penyakit lainnya seperti kanker prostat tersebut. Sebaiknya batasi dan hentikan kebiasaan merokok untuk kesehatan.

4. Makanan

Jenis kanker ini juga bisa disebabkan oleh makanan yang berkalsium tinggi, olahan produk berlemak dan konsumsi daging merah secara berlebihan dapat beresiko terkena kanker prostat tersebut. 

5. Seksual

Selanjutnya penyakit ini dapat disebabkan oleh penyakit menular dari hubungan seksual. Hal tersebut dikarenakan orang yang berhubungan intim akan saling bertukar cairan dan beresiko terkena jenis kanker tersebut. Dianjurkan berhubungan seksual tidak sembarangan dan hanya dengan satu wanita saja.

Ciri-ciri kanker prostat

  1. Susah menahan buang air kecil
  2. Lebih sering buang air kecil diwaktu malam
  3. Terasa sakit dan perih saat buang air kecil dan ejakulasi
  4. Sering terasa nyeri pada penis terutama saat duduk
  5. Terdapat darah dalam urine dan sperma

Cara mengatasi kanker prostat

Kanker prostat tidak mudah untuk diobati sebab penyakit ini akan berlangsung sesuai berlanjutnya umur, namun bagi pengidap penyakit yang berumur dibawah 50 tahun bisa berupaya untuk mencegahnya sebelum keberlangsungan umur ke atas 50 tahun. Berikut cara mengatasinya:

  1. Mengurangi konsumsi berkalsium tinggi seperti susu keju berlemak dan daging merah berlebihan baik dari suplemen maupun asupan makanan.
  2. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur segar
  3. Mengurangi atau menjauhi merokok
  4. Mengurangi konsumsi vitamin, suplemen dan obat-obatan tambahan
  5. Olahraga teratur serta menjaga pola hidup sehat

Demikian penjelasan tentang Penyebab, Ciri-ciri dan Cara Mengatasi Kanker Prostat Pada Pria.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category