Health

Apa Penyebab Bayi Sungsang? Inilah Penjelasannya

By Erwin |

Posisi sungsang adalah salah satu alasan utama operasi kelahiran secara Caesar harus dilakukan. Posisi bayi sungsang ini adalah kondisi dimana janin bayi ada di posisi yang tak seharusnya. Posisi kepala bayi berada diatas sehingga membuat ibu hamil takut untuk melahirkan secara normal. Walaupun terlihat menakutkan, bukan berarti ibu hamil dengan posisi sungsang tak bisa melahirkan secara normal. Lalu, apa penyebab bayi sungsang? Inilah penjelasan detailnya. 

1. Posisi Placenta 

Penyebab pertama kenapa posisi bayi sungsang adalah dikarenakan letak atau posisi placenta tidak pada tempatnya. Bila posisi placenta menutupi rongga pada panggul, maka plasenta akan menghalangi bayi di dalam rahim. Ini akan membuat kepala bayi memutar karena jalan lahir tertutup oleh placenta. 

2. Terlilit Tali Pusat

Tak hanya posisi plasenta yang tak pada tempatnya, ada penyebab lainnya posisi bayi menjadi sungsang. Apa penyebab bayi sungsang? Salah satu penyebabnya adalah janin terlilit tali pusat saat di dalam rahim atau kandungan. Karena kondisi ini, si janin kesulitan untuk berputar di dalam kandungan. Tentu saja ini menyebabkan posisi kepala janin tetap berada di bawah. 

3. Air Ketuban 

Jumlah air ketuban di dalam rahim juga berpengaruh terhadap posisi bayi sungsang. Bila ibu hamil memiliki jumlah air ketuban yang terlalu banyak ataupun sedikit, maka ini bisa mengubah posisi bayi di dalam kandungan. Si bayi akan kesulitan untuk berputar di dalam rahim sehingga posisinya tetap sampai 9 bulan. 

4. Panggul Sempit 

Tak hanya faktor-faktor tersebut saja yang menyebabkan bayi sungsang. Masih ada faktor lainnya yaitu panggul yang terlalu sempit. Panggul ibu berpengaruh terhadap posisi bayi yang sungsang. Ukuran panggul ini pastinya membuat kepala bayi kesulitan masuk ataupun keluar saat akan melahirkan secara normal. Hal ini berakibat si bayi tak bisa bergerak ataupun berputar bebas saat berada di dalam kandungan. Hal ini menyebabkan bokong bayi berada di bawah dan kepala berada di atas. 

5. Bayi Kembar

Apakah Anda pernah berpikir bahwa kehamilan bayi kembar bisa menyebabkan posisi bayi menjadi sungsang? Ini adalah salah satu faktor penyebab posisi bayi sungsang karena si ibu mengandung anak kembar. Rahim yang sempit diisi oleh dua bayi. Pastinya si kecil akan kesulitan berputar dan bergerak di dalam rahim. Kedua bayi akan berebut posisi untuk mencari jalan lahir. Kondisi ini menyebabkan posisi bayi menjadi sungsang dan perlu perhatian lebih agar bisa lahir dengan selamat. Apa penyebab bayi sungsang? Terkadang adanya tumor jinak di dalam rahim juga berpengaruh terhadap posisi si bayi di dalam kandungan. Jadi, Anda harus mengecek kandungan secara rutin untuk melihat posisi bayi di dalam rahim apakah sudah benar atau tidak. 

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category