Health

Apakah Boleh Berhubungan saat Hamil Muda? Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu

By Erwin |

Banyak orang yang beranggapan bahwa berhubungan intim saat hamil muda merupakan hal yang lumrah dilakukan. Pasalnya, hubungan intim saat hamil muda juga perlu dilakukan untuk menjaga keharmonisan hubungan pasangan suami istri. Namun, ada juga yang beranggapan bahwa berhubungan saat usia kehamilan masih muda merupakan hal yang beresiko karena bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan janin di dalam kandungan.

Karena banyaknya spekulasi terkait apakah boleh berhubungan saat hamil muda 1 minggu atau pada saat trimester pertama, maka artikel ini akan membahas hal tersebut untuk Anda yang sedang hamil muda. Jadi, apakah boleh berhubungan saat hamil muda? Jawabannya bisa Anda temukan di penjelasan berikut ini.

Melakukan Hubungan saat Hamil Muda Aman untuk Dilakukan

Berdasarkan penjelasan medis, melakukan hubungan intim saat hamil muda atau pada trimester pertama merupakan hal yang aman dilakukan. Pasalnya, berhubungan saat hamil muda akan menjadikan ibu hamil bisa mempunyai mood yang lebih baik. Ketika hamil muda, ibu akan merasakan mual, pusing, lelah, dan mood yang jelek. Nah, semua itu akan bisa teratasi dengan melakukan hubungan intim karena ada hormon yang bisa membantu ibu hamil untuk merasakan sensasi rileks setelah melakukan hubungan intim.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir terkait dengan kondisi janin di dalam kandungan saat melakukan hubungan intim ketika hamil muda. Hal itu dikarenakan ada cairan ketuban dan otot yang melindungi bayi.

Apakah Berhubungan Intim saat Hamil Muda Memicu Keguguran?

Banyak orang yang mengatakan bahwa berhubungan intim saat hamil muda akan menjadikan ibu hamil mengalami keguguran. Sebenarnya, hubungan intim bukan menjadi pemicu utama keguguran pada ibu hamil. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan terjadinya keguguran saat hamil muda seperti pembuahan embrio yang tidak sempurna, infeksi, kelainan rahim, masalah hormon, gaya hidup tidak sehat, dan penggunaan obat-obatan.

Jadi, jika ibu hamil mengalami bercak saat hamil muda hingga keguguran, bukan berarti itu selalu diakibatkan oleh hubungan intim. Ada berbagai faktor lain yang menyebabkan terjadinya masalah tersebut.

Lakukan Hal Ini untuk Berhubungan Intim dengan Aman saat Hamil Muda

Apakah boleh berhubungan saat hamil muda? Ya, tentu saja. Namun, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal berikut agar kondisi janin tetap aman selama Anda melakukan hubungan intim ketika hamil muda.

  • Lakukan hubungan intim dengan posisi yang aman seperti posisi woman on top ataupun posisi menyamping. Hindari melakukan hubungan dengan posisi misionaris atau telentang karena itu akan menjadikan perut ibu hamil menjadi tertekan.
  • Ciptakan suasana dan kondisi yang nyaman. Jadi, gunakan alas dan bantal yang nyaman. Selain itu, pastikan juga bahwa aroma ruangan tidak menyengat.
  • Ibu hamil harus rileks saat melakukan hubungan bersama suami. Jadi, itu harus dilakukan secara perlahan. Jika memang sedang tidak mood, jangan paksakan diri untuk melakukan hubungan tersebut.

Artikel ini menjawab pertanyaan Anda tentang apakah boleh berhubungan saat hamil muda, bukan? Jadi, kini Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah tersebut saat Anda sedang hamil muda. Jika masih belum yakin, konsultasikan mengenai hal tersebut kepada dokter kandungan Anda.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category