Health

Ketahui Khasiat Bawang Putih untuk Kolesterol, Gimana Cara Konsumsinya?

By Vivi |

Tahukah Anda khasiat bawang putih untuk kolesterol dan kesehatan jantung cukup ampuh? Kebanyakan dari masyarakat hanya mengetahui bawang putih sebagai salah satu bumbu dapur yang wajib ada di setiap masakan.

Makanan apapun rasanya kurang sedap bila tidak mencampurkan bawang putih. Namun ternyata, bila Anda bisa mengoptimalkan cara mengolah bawang putih dan mengetahui bagaimana cara konsumsi bawang putih untuk kolesterol, manfaat bawang putih ternyata lebih dari sebagai bumbu masakan saja.

Mari cari tahu manfaat bawang putih tunggal untuk kolesterol, nutrisi yang terkandung di dalamnya hingga cara mengkonsumsi bawang putih untuk kolesterol.

Nutrisi Pada Bawang Putih

Bawang putih menjadi salah satu umbi-umbian yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini lantaran bawang putih sering digunakan sebagai salah satu bumbu dapur untuk meningkatkan rasa masakan.

Namun ternyata, mengonsumsi bawang putih secara tunggal alias mentah memberikan dampak yang sangat positif bagi kesehatan tubuh. Seperti yang tertulis di website Healthline, terdapat penelitian mengenai bawang putih.

Dalam penelitian tersebut mengklaim bahwa bawang putih ampuh membantu penurunan tekanan darah dan kadar kolesterol darah. Secara spesifik disebutkan bahwa mengosnumsi bawang putih selama 1 sampai 3 bulan bisa menurunkan kadar kolesterol.

Bawang putih mengandung nutrisi baik untuk tubuh di antaranya antioksidan, selenium, protein, serat, kalsium, vitamin C, dan mangan. Belum lagi manfaat senyawa sulfur yang terkandung pada bawang putih bila dikonsumsi mentah.

Baca juga: Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Manfaat Bawang Putih untuk Kolesterol

Bukan hanya membantu mengontrol kadar kolesterol, masih ada banyak manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh manusia. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini manfaatnya bagi kesehatan.

1. Menurunkan Kolesterol

Dalam penelitian tertentu berhasil mengungkapkan bahwa bawang putih mengandung zat allicin. Zat ini ampuh untuk memperlambat enzim yang dapat membentuk kolesterol jahat (LDL), khususnya di bagian organ hati.

Sejalan dengan pernyataan di atas, dalam Journal of Postgraduate Medicine menyebutkan 10 gram bawang putih secara mentah setiap hari bisa menurunkan kolesterol dalam kurun waktu 2 bulan.

Supaya khasiat bawang putih ini bekerja di dalam tubuh, dianjurkan mengonsumsi bawang putih tunggal alias secara mentah. Bisa dengan cara ditumbuk, dihancurkan atau langsung dikunyah.

2. Menjaga Kesehatan Otak

Untuk diketahui, kandungan turunan karbohidrat yang terkandung di dalam bawang putih ialah FruArg. Kandungan FruArg membantu proses proteksi sel-sel yang ada pada otak dari potensi penyakit dan penuaan.

Kemudian kandungan FruArg berfungsi untuk mengurangi kadar oksida nitrat. Oksida nitrat ini diproduksi oleh sel mikroglia yang membantu perlawanan terhadap peradangan dan stres oksidatif.

Hanya saja saat kadar oksida nitrat ini jumlahnya berlebihan di dalam otak, maka bisa menimbulkan kerusakan sel otak. Dengan mengonsumsi otak, maka kandungan FruArg bisa mengatasi persoalan ini.

3. Mengendalikan Tekanan Darah

Penelitian kesehatan lain menunjukkan efek samping mengonsumsi bawang putih secara langsung bisa menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik. Efek samping ini menyerupai efek samping saat Anda mengonsumsi obat atenolol.

Efek samping penurunan tekanan darah ini berasal dari kandungan zat allicin. Kemudian polisulfida membantu pelebaran pembuluh darah sehingga bisa membantu penurunan tekanan darah. Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi ini erat kaitannya dengan pasien penderita kolesterol.

4. Menjadikan Tulang Lebih Kuat

Tahukah Anda ternyata mengonsumsi bawang putih juga bisa membantu memperlambat proses pengeroposan yang menjadi alasan kenapa tulang bisa rapuh.

Kandungan bawang putih yang memberikan efek samping memperkuat tulang adalah  Flavonoid. Sayangnya, Anda harus mengonsumsi bawang putih secara mentah bila ingin mendapatkan efek samping ini.

5. Mengatasi Radang, Flu, Batuk dan Pilek

Manfaat mengonsumsi bawang putih selanjutnya yaitu untuk mengatasi penyakit radang, flu, batuk dan pilek. Hal tersebut lantaran bawang putih mengandung senyawa belerang yang akan terbentuk saat Anda mengunyah atau menghancurkan bawang putih.

Tips Mengonsumsi Bawang Putih

Seperti yang tertulis pada laman Verywell Health, kebanyakan hasil penelitian menemukan efektivitas bawang putih untuk menurunkan kolesterol dosis bawang putih untuk menurunkan kolesterol sebesar 500 sampai 1.000 mg per hari.

Untuk takaran jelasnya, Anda bisa mengonsumsi bawang putih sebanyak 1-2 siung per hari. Bisa dikonsumsi secara langsung ataupun dengan makanan. Meski begitu, disarankan mengonsumsi bawang putih secara mentah supaya zat dan nutrisi yang terkandung tidak hilang.

Apabila Anda belum terbiasa mengonsumsi bawang putih mentah, campurkan bawang putih tersebut dengan madu atau difermentasi. Cara seperti ini lebih berkhasiat daripada Anda mengonsumsi suplemen bawang putih.

Efek samping dari mengoleskan bawang putih pada madu atau fermentasi bisa memperkuat efek antibakteri dan antibakteri. Walaupun begitu, tetap harus dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Alternatif untuk mendapatkan khasiat dari bawang putih bisa mengonsumsi tablet suplemen yang memiliki kandungan serupa dengan kandungan 2 gram bawang putih mentah. Hal ini tertulis dalam sebuah studi di tahun 2018.

Sekalipun memiliki manfaat bagi kesehatan, Anda tetap perlu memperhatikan dosis konsumsinya. Sebab bila terlalu berlebihan akan memberikan efek samping berupa mual, perut kembung, diare hingga asam lambung meningkat.

Kemudian bagi pasien yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah atau habis melakukan operasi. Disarankan untuk tidak mengonsumsi suplemen ini. Bila situasi mengharuskan Anda tetap mengonsumsinya, maka pastika Anda mengosnumsi maksimal 3 siung per hari.

Rekomendasi Vitamin dari Bawang Putih

Belum ada ahli yang menjamin berapa kadar suplemen yang bisa dikonsumsi untuk menggantikan bawang putih. Namun, seperti yang tertulis pada laman Halodoc, sebuah penelitian menganjurkan untuk mengonsumsi bawang putih tidak lebih dari 0,25 gram agar tidak membahayakan kondisi organ hati.

Selain itu, bagi pasien yang akan melaksanakan operasi atau pasca operasi disarankan untuk tidak mengonsumsinya. Jika situasi mengharuskan Anda mengonsumsi bawang putih atau suplemen dari bawang putih, maka konsultasikan terlebih dulu pada dokter.

Terlepas dari itu, berikut ini rekomendasi vitamin dari bawang putih yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan.

Nama Produk

Keunggulan Produk

Kyolic Formula 103 - 41 Garlic & Vitamin C (Immune) 100 Capsules

  • Bahan organik
  • Ramah untuk organ lambung
  • Bebas bau (odorless)
  • Natural dan standar dari S-allyl cysteine (SAC)
  • Terkandung komponen sulfur larut air yang stabil
  • Bersifat antioksidan
  • Dilengkapi hasil penelitian dari ahlinya

Natures Plus Garlic And Parsley Oil 180 Softgels

  • Gluten free
  • Khasiat menurunkan hipertensi, hiperkolesterolemia, trigliserida, LDL, dan meningkatkan HDL
  • Antibakteri alami, anti jamur, antivirus dan antiparasit
  • Membantu pengobatan asma, bronkitis, dan sinusitis
  • Membantu tingkatkan kesehatan saluran pencernaan yang terhambat bakteri
  • Meningkatkan produksi bakteri baik
  • Membantu mengurangi gejala rematik atau arthritis

Wellness Odorless Garlic 60 Softgels

  • Membantu turunkan hipertensi, melancarkan aliran darah dan kesehatan jantung
  • Menurunkan hiperkolesterolemia, trigliserida dan meningkatkan HDL
  • Membantu proses penghambatan penggumpalan darah
  • Mencegah terjadinya atherosklerosis (kekakuan dinding arteri)
  • Antibakteri, antijamur, antivirus dan antiparasit
  • Membantu kontrol kadar gula darah untuk pasien diabetes

Natures Health Ultra Garlite 60 Tablets

  • Terkandung odorless garlic untuk menghilangkan bau bawang putih
  • Terkandung vitamin A, C, dan E serta selenium
  • Meningkatkan sistem imunitas
  • Sebagai antibiotik alami
  • Meningkatkan kesehatan pencernaan
  • Membantu pengobatan artheroklerosis, arthritis, asma, flu, gangguan hati, insomnia dan sinusitis.

Nah, itulah nutrisi yang terkandung pada bawang putih untuk kolesterol, manfaat mengonsumsi bawang putih hingga rekomendasi vitamin dan suplemen bawang putih.

Anda bisa menemukan seluruh produk vitamin dan suplemen bawang putih di website Natural Farm. Seluruh produk vitamin dan suplemen di Natural Farm telah melalui proses uji klinis dan halal.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category