Health

Berapakah Jumlah Kalori Nasi Putih Kondisi Dingin?

By Erwin |

Nasi merupakan salah satu makanan pokok khas Indonesia yang menjadi primadona pengganjal lapar. Menu sajian nasi biasanya akan lebih sehat jika bersanding dengan sayuran dan lauk. Sehingga dalam satu porsi piring menu sehat telah terdapat 3 asupan gizi terbaik harian Anda. Namun, perlu Anda waspadai jika nasi yang hadir dalam satu porsi piring terlalu banyak karena menaikkan angka kalori. Kalori nasi putih menjadi sumber pertimbangan kesehatan Anda, simak lebih jelasnya yuk! 

Kadar Ukuran Kalori Satu Centong Nasi Putih 

Satu ujung centong nasi putih memiliki ukuran berat sekitar 50 gram dimana dalam berat tersebut telah terkandung 65.000 kalori. Apabila Anda mengambil 3 centong nasi putih maka total kalorinya adalah 195.000 kalori. Tubuh Anda memerlukan jumlah kalori sebesar 500.000 hingga 700.000 kalori, maka jika Anda mengambil 3 centong nasi tersebut telah memenuhi asupan ideal gizi harian. 

Lantas, jika Anda menambahkan menu mie instan apakah kalorinya semakin bertambah? 

Iya jelas sekali bahwa mie instan akan menaikkan angka kalorinya dan menambah kerja hormon insulinnya. Alangkah baiknya jika Anda mendampingi nasi dengan sayuran dan lauk yang banyak mengandung vitamin kompleks seperti B12, Asam Folat, Vitamin C, Vitamin E, dan sebagainya. Jadi, asal penyakit diabetes karena jumlah kalori tinggi beserta kadar insulin semakin rendah membuat darah menjadi manis. 

Porsi Ideal Makan Setiap Hari Dengan Kandungan Kalori 

Ukuran ideal makan harian nasi adalah 3 centong nasi ditambah serat dari sayuran 3 sendok sayur dan laun 3,57 gram semua itu adalah porsi normal. Namun, ada kalanya seseorang mendapati aktivitas tinggi seperti olahragawan, petani yang butuh asupan gizi tinggi agar tidak lemas, sebaiknya menambah dengan protein seperti telur rebus, ikan atau daging. Hal tersebut dianjurkan agar Anda tidak banyak mengeluarkan insulin. 

Efek Asupan Kalori Terlalu Tinggi Untuk Tubuh 

Kalori nasi putih yang terlalu tinggi dalam waktu yang lama akan mengakibatkan munculnya gejala diabetes yang jika tidak diatasi dengan tepat akan mengakibatkan diabetes akut. Diabetes akut memberikan komplikasi yang menjalar ke berbagai organ tubuh seperti mata katarak, sakit kepala, vertigo, kaki kesemutan dan sebagainya. Untuk penanganan setelah terjadi diabetes sangat lama dan butuh kehati-hatian agar tidak semakin parah. 

Saran terbaik untuk Anda, apabila Anda adalah orang yang malas olahraga sebaiknya cukupkan 1 centong nasi setiap pagi sebanyak 3 kali sehari agar jumlah kalorinya tidak melonjak dan membuat diabetes. Seporsi nasi dan sayuran lengkap adalah 1 centong nasi, 3 sendok sayuran dan sedikit lauk rebus.  

Kalori nasi putih pemenuhan tubuh yakni maksimal 700.000 kalori setara dengan 3 centong nasi putih pagi, siang dan sore, usahakan untuk berhenti makan setelah jam 18.00 karena jam malam tidak bagus untuk mencerna. 

Share

Latest Articles

Tips & Cara Menambah Massa Otot dan Mengurangi Lemak

7 Rekomendasi Susu yang Mengandung Protein Tinggi Sesuai Kebutuhan Harian

10 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria, Aman dan Anti Ribet!

Ketahui Manfaat Aloe Vera untuk Wajah dan Kandungan Nutrisinya

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Article Category