Health

4 Jenis Makanan Tinggi Kalori Diolah Dengan Aman

By Erwin |

Makanan tinggi kalori tidak sadar banyak ditemukan di sekitar kita dan harganya murah, untuk itu Anda yang berusaha menaikkan berat badan bisa menambah jumlah kalori secara tepat. Makanan tinggi kalori yang terbilang cukup aman untuk ngemil sehat adalah sebagai berikut! 

Makanan Tinggi Kalori Sehat Beserta Pengolahannya 

1. Nasi 

Nasi yang Anda makan sebanyak 1 centong penuh atau sekitar 150 gram memiliki kadar kalori sekitar 204 kilo kalori lho dimana dikalikan 3 kali makan, maka jumlah batas atas maksimalnya tidak akan membuat Anda lemas dan letih. Pengolahan nasi sehat cukup direbus dengan air hingga matang merata dan kemudian lebih sehat disajikan dalam kondisi dingin. Ingat, nasi panas masih memiliki kadar gula yang tinggi ya!  

2. Kentang 

Kentang juga direkomendasikan sebagai menu pengganti nasi yang kadar kalorinya sedikit lebih rendah, kentang yang diolah dengan cara direbus atau kukus tanpa perlu mengupas adalah cara terbaik perawatan gejala diabetes. 

Kentang lebih istimewa dengan sajian cemilan saat siang seperti siomay sebagai penambah berat badan yang stabil. 

3. Alpukat 

Kalori alpukat 322 Kkal yang sangat cocok untuk diet sehat ala anti gula tinggi. Pengolahan alpukat cukup mudah ya, hanya dengan memakannya langsung atau dibuat jus tanpa gula. Buah yang satu ini sangat bagus untuk menaikkan berat badan tanpa takut lemaknya menggelember, istilahnya massa otot Anda akan stabil bertambah tetapi lemak tubuh Anda tidak bertambah. 

4. Kacang-kacangan

Pada kacang kenari 28 gram terdapat kalori sebanyak 185 kalori dimana dalam setiap biji kacangnya juga terdapat protein tinggi sebesar 4 gram. Jadi, saat Anda memakan kacang sebanyak 100 gram telah memenuhi asupan kalori standar yang baik bagi tubuh. 

Kalori dan protein kacang yang diolah dengan cara direbus menjadikan badan lebih enteng. Anda bisa mencobanya ya! 

Usia Dan Makanan Tinggi Kalori 

Banyak orang berasumsi bahwa makin tua makin harus menambah tenaga karena aktivitas semakin tinggi memang benar adanya tapi perlu Anda ketahui bahwa jumlah porsi makan dan cara pengolahannya juga semakin diwaspadai. Semakin tua usia semua organ tubuh semakin menurun performanya sehingga sistem tubuhnya beranjak pasif. Semua hormon aktifnya semakin berkurang maka Anda lebih baik makan dengan menu aman dan terjaga. Siklus usia termuda di bawah 20 tahun masih membutuhkan kalori sebanyak 700.000 kalori dan tentunya saat Anda memasuki usia 40 tahun ke atas lebih disarankan untuk menekan angka kalori tersebut. 

Pilihlah makanan tinggi kalori yang aman tetapi dengan mengurangi jumlah porsi satu piringnya agar saat tua Anda tidak merasakan ragam penyakit dalam yang mengerikan. Makanan paling bagus itu adalah makanan yang cara pengolahannya tepat, tidak terlalu banyak lemak dan minyak. 

Share

Latest Articles

Tips & Cara Menambah Massa Otot dan Mengurangi Lemak

7 Rekomendasi Susu yang Mengandung Protein Tinggi Sesuai Kebutuhan Harian

10 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria, Aman dan Anti Ribet!

Ketahui Manfaat Aloe Vera untuk Wajah dan Kandungan Nutrisinya

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Article Category