Health

Kalori Nasi Goreng Aman dengan Waktu Tepat Mengkonsumsinya

By Erwin |

Sajian nasi goreng adalah salah satu menu paling teristimewa karena rasanya yang gurih berbalut manis. Eits, tapi jangan salah ya bahwa kalori nasi goreng 1 porsinya memuncak lumayan tinggi lho karena ada campuran telur, kecap, daging. Kita share yuk kalori nasi goreng agar aman dikonsumsi tanpa memicu penyakit.  

Kadar Kalori Nasi Goreng Dengan Tambahan Menu Lain 

Nasi goreng adalah menu yang dibuat dari dasar nasi putih dengan kecap dan menu tambahan lain yang digoreng memakai minyak atau mentega. Nasi putih memiliki kandungan kalori sebesar 127 kilo kalori per 100 gram tetapi jika Anda menambahkan menu di bawah ini maka kalorinya akan semakin naik: 

  1. Kecap: 53,1 Kkal per 100 gram. 
  2. Daging ayam: 239 Kkal per 100 gram. 
  3. Telur:155, 1 Kkal per 100 gram
  4. Krupuk: 65 kal per 1 keping dan 10,4 gram karbo. 
  5. Mentega: 716,8 Kkal per 100 gram
  6. Minyak goreng: 90 kalori per 1 sendok makan minyak non jlantah

Melihat daftar kalori menu di atas tentunya Anda bisa memperkirakan jumlah porsi nasi goreng sehat yang aman untuk dikonsumsi. Total keseluruhan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh adalah 700.000 kalori atau 700 Kkal untuk itu disarankan agar pembuatan nasi goreng campur memakai menu yang seimbang seperti telur kocokan tidak boleh banyak, daging ayam beberapa suwir dan lebih bagus dikombinasikan dengan sayuran agar tetap sehat. 

Itulah mengapa konsumsi nasi goreng disarankan porsi kecil ya bukan nasi goreng porsi jumbo karena dengan melihat data kalori di atas tentu semakin banyak tumpukan kalori semakin kurang bagus. 

Kapan Waktu Terbaik Makan Nasi Goreng? 

Waktu terbaik konsumsi nasi goreng yakni siang hari karena saat itulah banyak orang beraktivitas padat guna membakar kalori menjadi tenaga. Efek konsumsi nasi goreng tanpa diimbangi dengan menu sayur menjadikan frekuensi mengantuk tinggi. 

Sayuran yang bagus untuk campuran gizi nasi goreng adalah sawi caisim, mentimun, daun selada, daun bawang, wortel, tomat dan seledri. Jangan makan nasi goreng malam hari karena saat malam organ pencernaan bekerja rileks sehingga lambung akan memiliki masa istirahatnya. 

Kesimpulan  

Selalu perhatikan pola makan menu nasi goreng Anda ya agar tetap aman di tubuh meskipun cukup sering mengkonsumsinya. Ingat, makan nasi goreng akan terasa cepat haus karena kalori nasi goreng-nya lumayan tinggi. Minumlah air putih setelah selesai makan nasi goreng agar tubuh lekas terhidrasi dengan baik. Total kalori nasi goreng seporsi kecil dengan semua bahan di atas kisaran 680 Kkal (3 centong nasi putih, telur 1 butir, 50 gram daging dan 5 buah bakso. Semakin besar nasinya maka kalorinya semakin melebihi kadar yang dianjurkan! 

Share

Latest Articles

Tips & Cara Menambah Massa Otot dan Mengurangi Lemak

7 Rekomendasi Susu yang Mengandung Protein Tinggi Sesuai Kebutuhan Harian

10 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria, Aman dan Anti Ribet!

Ketahui Manfaat Aloe Vera untuk Wajah dan Kandungan Nutrisinya

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Article Category