Health

Berapakah Kalori Oatmeal?

By Erwin |

Oatmeal sering kali diandalkan menjadi pengganti nasi untuk diet melangsingkan badan. Tapi benarkah cara ini efektif, dan seberapa besar sebenarnya nilai kalori oatmeal itu?

Apakah Oatmeal Itu

Sebenarnya oatmeal merupakan tepung kasar yang terbuat dari butiran gandum. Sesudah dikuliti, maka butiran gandum lalu digiling, dan dipotong kasar, atau digulung, dipipihkan, disebut sebagai rolled oat.

Kalori Oatmeal Potong Kasar atau Steel Cut Oat

Pada secangkir oatmeal potong kasar terkandung 616 kalori, yang tepat guna memenuhi kebutuhan harian dan sangat cocok dikonsumsi ketika sarapan. Memiliki tekstur yang kasar, maka jenis oatmeal ini cukup sulit dikunyah serta dicerna, namun memberi sensasi yang menyenangkan di lidah. Cukup mengenyangkan hingga seharian.

Oatmeal Gulung atau Pipih atau Rolled Oat

Pada secangkir oatmeal pipih terkandung 300 kalori. Sebab dipipihkan maka teksturnya pun menjadi lebih lebar. Sehingga oatmeal jenis ini menjadi lebih cepat dimasak jika dibandingkan dengan jenis oatmeal yang lain. Pada 1/2 cangkir oatmeal pipih kering dengan berat 39 gram, tanpa tambahan gula atau garam, terkandung 140 kalori, berisi 5 g protein, yang mencukupi  kebutuhan protein harian orang dewasa. 

Oatmeal Instan atau Quick Oat

Mungkin oatmeal instan adalah yang paling banyak dikonsumsi orang. Sebab cara penyajiannya sangat praktis dan mudah, yaitu cukup dengan menuangkan air panas ke atasnya, maka oatmeal instan akan segera hancur dan dapat langsung dimakan. Pada secangkir Oatmeal on the go ini terkandung 300 kalori

Kalori 100 Gram Oatmeal

Per 100 gram oatmeal terdapat 62 kkal, dan energi 259 kj, serta lemak 1,02 g dan Lemak Jenuh 0,18 g serta Lemak tak Jenuh Ganda 0,372 g dan Lemak tak Jenuh Tunggal 0,32 g, serta Protein 2,59 g, dan Karbohidrat 10,84 g juga Serat 1,6 g dan Gula 0,24 g lalu Sodium 119 mg dan kalium 54 mg. Sebagian besar kandungan oat ialah karbohidrat, yang berupa serat beta glukan dan pati. 

Jika dibandingkan dengan nasi putih matang, maka kalori pada oatmeal masak memang lebih rendah. Per 1 ½  centong nasi putih dengan berat sekitar 160 gram terkandung sekitar 205 kkal. Jumlah kalori yang lebih rendah serta kandungan seratnya yang tinggi membuat oatmeal menjadi pilihan sumber karbohidrat yang tepat bagi yang ingin menurunkan berat badan

Kalori per Sendok Oatmeal

Guna memudahkan perhitungan maka jumlah kalori oatmeal per suapan tiap 1 sendok makan adalah sebesar 9 kalori. Tinggal hitung saja berapa suapan yang masuk ke mulut tiap kali makan.

Kalori Semangkuk Oatmeal

Sedangkan pada semangkuk oatmeal yang telah dimasak tanpa tambahan garam maupun gula, yaitu sekitar 160 gram oatmeal, maka jumlah kalorinya adalah 142 kkal. Sementara pada semangkuk oat kering dan mentah terkandung sekitar 720 kkal hingga 770 kkal. Jumlah oatmeal yang dimasak lebih kecil karena adanya tambahan kandungan air yang ikut diukur pada saat oatmealnya telah dimasak. Guna memunculkan pati resisten yang bagus untuk pencernaan maka bisa buat Overnight oat. Tuang air atau susu dingin, kemudian diamkan selama semalam di kulkas, hingga tercampur merata, baru dikonsumsi.

Guna keperluan diet maka sebaiknya tidak menambahkan dan mengolah oatmeal lebih lanjut. Konsumsi apa adanya, cukup tambahkan air.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category