Health

Berapakah Kalori Susu Rendah Kalori?

By Erwin |

Susu merupakan minuman yang penuh nutrisi. Kandungannya ada protein, dan lemak, juga karbohidrat, serta  kalsium, dan fosfor, juga riboflavin, dan vitamin A, serat vitamin B12, juga kalium, dan magnesium, serta zinc, juga iodine, dan lain sebagainya. Besaran kadar nutrisinya tergantung dari jenis susunya. Kini ada susu rendah lemak atau susu low fat yang sering disebut juga sebagai susu rendah kalori. Benarkah kalorinya memang rendah?

Susu Rendah Kalori

Susu low fat atau susu rendah kalori adalah susu yang telah diproses guna mengurangi kadar lemaknya. Sehingga bisa berkurang kadar lemaknya menjadi sekitar 2% atau 1%. Sedangkan kadar lemak pada susu biasa adalah sekitar 3% hingga 4%. Sehingga kandungan kalori dalam susu rendah lemak pun bisa menjadi lebih rendah pula.

Kalori Susu Low Fat atau Susu Rendah Kalori

Tiap pabrik yang mengolah susu mempunyai standarnya masing-masing. Bisa baca dan cek keterangan kandungan nutrisi yang tercantum pada tiap kemasan susunya. Pada umumnya susu low fat mengandung 1.0% hingga 2.0% lemak susu, sementara pada susu skim mengandung 0.5% hingga 1.5% lemak susu. Angka ini dapat berbeda tergantung merk susunya. 

Pada susu rendah lemak dengan kandungan lemak sebesar 1%, mengandung 127 kalori, dan 2 gram lemak jenuh, serta 13 miligram kolesterol di dalamnya. Sedangkan pada susu rendah lemak dengan kandungan lemak sebesar 2 %, mengandung 139 kalori, dan 4 gram lemak jenuh, serta 22 miligram kolesterol di dalamnya.

Kalori per Satu Gelas Susu Biasa

Pada segelas susu biasa maka jumlah kalorinya adalah 122 Kkal. Dengan energi 510 kj dan lemak 4,88 g serta Lemak Jenuh 2,965 g dan  Lemak tak Jenuh Ganda 0,249 g dan Lemak tak Jenuh Tunggal 1,301 g serta Kolesterol 17 mg dan Protein 8,03 g dan Karbohidrat 11,49 g serta Gula 12,59 g dan Sodium 100 mg juga Kalium 361 mg.

Kalori per Satu Gelas Susu Low Fat

Sedangkan pada segelas atau sekitar 200 ml susu low fat secara rata-rata maka terkandung 86 kkal. Dengan Energi 362 kj dan Lemak 2 g serta Lemak Jenuh 1,306 g dan Lemak tak Jenuh Ganda 0,072 g serta Lemak tak Jenuh Tunggal 0,571 g dan Kolesterol 10 mg serta Protein 6,95 g dan karbohidrat 10,29 g juga Gula 10,73 g dan Sodium 91 mg serta Kalium 309 mg. Itulah perbandingannya.

Melihat perbandingan tersebut maka memang cukup signifikan rendahnya jumlah kalori pada susu low fat jika diperbandingkan dengan jumlah kalori pada susu biasa. Sehingga memang tepat jika sedang melakukan diet untuk mengganti konsumsi susu biasa menjadi konsumsi susu rendah lemak dalam jumlah yang sama.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category