Health

Berapakah Kalori Pisang?

By Erwin |

Pisang merupakan buah yang cukup melimpah di Indonesia. Terdapat beragam jenis pisang, mulai dari pisang mas, dalam ukuran yang kecil-kecil, hingga pisang kepok dan pisang ambon dalam ukuran yang besar-besar. Harganya juga relatif murah. Pisang sering dijadikan buah diet. Namun sebenarnya berapakah kalori pisang itu?

Kalori Buah Pisang per 100 gram

Dalam tiap 100 gram pisang terkandung sekitar 

89 kkal. Pada sekitar 93 persen kalori pisang tersebut adalah berupa karbohidrat, dan terdapat sekitar 4 persen nya dari protein, serta 3 persen nya dari lemak. Selanjutnya ada Energi 372 kj dan Lemak 0,33 g serta Lemak Jenuh 0,112 g dan Lemak tak Jenuh Ganda 0,073 g, lalu Lemak tak Jenuh Tunggal 0,032 g dan protein 1,09 g serta Karbohidrat 22,84 g, dan Serat 2,6 g juga Gula12,23 g dan Sodium 1 mg serta Kalium 358 mg.

Serat pada Buah Pisang

Pisang bagus untuk diet karena cukup mengenyangkan dan mengandung banyak serat alami. Pada pisang ukuran sedang terdapat sekitar 3 gram serat. Setidaknya ada 2 jenis serat pada buah pisang, yakni sebagai berikut.

1. Pektin

Serat pektin ini akan menurun ketika pisang makin menjadi matang. Pektin akan membantu mencegah terjadinya kanker usus besar.

2. Pati Resisten

Jenis serat ini mudah ditemukan pada pisang yang masih mentah. Serat Pati resisten merupakan makanan bagi bakteri serta menguntungkan kesehatan usus.

Rata-rata Kalori Pisang menurut Ukurannya

Secara rata-rata kalori satu buah pisang berukuran sedang, yaitu sekitar 18 cm hingga 20 cm, ialah 105 kkal. Jumlah kalori tersebut adalah setara dengan 5% dari seluruh kebutuhan kalori harian orang dewasa. Banyak ditemukan di pasaran beragam ukuran pisang yang tentunya jumlah kalori nya pun berbeda-beda. Berikut ini adalah patokannya.

1. Kalori Pisang Kecil

Pada pisang berukuran sangat kecil atau kurang dari 15 cm, maka jumlah kalorinya ialah sekitar 72 kkal. Namun jika ukuran pisangnya adalah sekitar 15 cm hingga 17 cm, maka jumlah kalorinya mencapai sekitar 90 kkal. 

2. Kalori Pisang Besar

Pada 1 pisang berukuran besar sekitar 20 cm hingga 22,5 cm, maka rata-rata jumlah kalorinya mencapai 121 kkal. Jika ukuran pisangnya adalah 23 cm atau lebih, maka jumlah kalorinya bisa mencapai sekitar 135 kkal.

3. Kalori Pisang Olahan

Konsumsi pisang yang terbaik adalah dalam keadaan apa adanya, tanpa diolah. Namun kadang bosan maka bisa direbus. Dengan demikian maka bisa membantu pelepasan vitamin A yang terkandung di dalamnya, hanya saja ada risiko vitamin C nya akan makin berkurang seiring dengan adanya pemanasan. Sedangkan jika digoreng maka kalorinya bisa bertambah hingga dua kali lipat. Pada satu porsi pisang irisan, kalorinya ialah 134 kkal. Pada pisang tumbuk, jumlah kalorinya bisa mencapai 200 kkal per porsi. Pada pisang kepok rebus, maka kalori per porsinya, yaitu sekitar 100 gram, adalah 115 kkal. Sedangkan jika digoreng maka per 1 porsinya, yaitu sekitar 85 gram, kalorinya 214 kkal. Hal ini karena adanya penambahan tepung, dan minyak, juga gula. Lalu pada 1 porsi, sekitar 100 gram, keripik pisang maka kalorinya 519 kkal. Guna membakar lemak kalori pisang goreng, maka perlu olahraga, berjalan selama 102 menit, atau berlari 35 menit, atau bersepeda 52 menit.

Itulah beberapa perhitungan kalori buah pisang.

Share

Latest Articles

Tips & Cara Menambah Massa Otot dan Mengurangi Lemak

7 Rekomendasi Susu yang Mengandung Protein Tinggi Sesuai Kebutuhan Harian

10 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria, Aman dan Anti Ribet!

Ketahui Manfaat Aloe Vera untuk Wajah dan Kandungan Nutrisinya

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Article Category