Health

Ini Beragam Buah yang Mengandung Vitamin C, Mana Buah Favorit Anda?

By Natural Farm |

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang penting bagi tubuh karena peranannya yang mendukung pertumbuhan, meningkatkan daya tahan tubuh, perbaikan sel, dan menjaga kesehatan kulit. Saat ditanya apa buah yang mengandung vitamin C sebagian besar orang pasti menjawab buah jeruk. Jawaban tersebut memang benar tapi ternyata selain jeruk ada banyak buah-buah lain yang kaya vitamin C. Kira-kira apa saja buah yang kaya kandungan vitamin C?

Beragam Buah Kaya Vitamin C

Vitamin C memiliki nama lain asam askorbat dan berkhasiat mencegah anemia defisiensi melalui peningkatan penyerapan zat besi dari makanan. Sebagai antioksidan vitamin C juga berperan penting melindungi sel tubuh dari paparan radikal bebas. Begitu banyak manfaatnya, tidak heran jika tubuh sangat membutuhkan asupan vitamin C. Adapun salah satu sumber vitamin C terbaik adalah buah-buahan, diantaranya sebagai berikut:

1. Jambu Biji

Salah satu buah di deretan atas dengan kandungan vitamin C tinggi adalah jambu biji. 

Kandungan vitamin C di dalam buah biji sekitar 200 mg atau jauh lebih tinggi dibanding kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Bonusnya buah yang kerap dijuluki guava ini juga kaya serat. Konsumsi buah jambu biji cukup akan memenuhi kebutuhan vitamin C Anda dan kandungan gizi lain di dalamnya membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

2. Pepaya

Sebelumnya mungkin Anda lebih mengenal pepaya dengan buah kaya serat. Hal tersebut benar adanya tapi siapa sangka jika pepaya juga termasuk buah yang mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C di dalam pepaya sebesar 94 mg yang mana didalamnya juga terkandung vitamin A, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, dan lainnya. Mengonsumsi pepaya bagus untuk metabolisme tubuh, menjaga kesehatan mata, dan membantu mengontrol tekanan darah.

3. Nanas

Hanya dengan memakan satu potong besar buah nanas Anda dapat memperoleh 79,3 mg vitamin C. jumlah tersebut sudah memenuhi 88% dari kebutuhan vitamin C harian orang dewasa. Buah nanas juga diketahui memiliki kandungan bromelain, enzim pencernaan yang efektif membantu pemecahan protein dalam makanan, zat anti radang, dan mengurangi kembung.

4. Kiwi

Kandungan vitamin C di dalam buah kiwi diketahui sekitar 71% kebutuhan orang dewasa per hari atau 64 mg. Di dalam buah kiwi juga terdapat zat gizi lain seperti vitamin A, vitamin E, vitamin K, dan berbagai jenis mineral. Ada pula kandungan omega 3 yang merupakan asam lemak bagus untuk kesehatan.

5. Mangga

Satu lagi buah yang mengandung vitamin C adalah mangga. Kandungan vitamin C dalam buah mangga memang tidak sebanyak buah-buah yang disebutkan sebelumnya, yakni hanya 60 mg saja. Meski demikian buah ini juga bagus dikonsumsi rutin lantaran tingginya kandungan serat dan fitokimia di dalamnya. Adanya kandungan polifenol dalam mangga pun diklaim para ilmuwan mampu menurunkan resiko kanker usus besar dan kanker payudara.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category