Health

Bukan Buah, Ini Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin C

By Natural Farm |

Tahukah Anda jika vitamin C termasuk vitamin yang larut dalam air dan memiliki peran antioksidan kuat dalam tubuh? Peranan vitamin C juga penting dalam menjaga kekebalan tubuh, sintesis kolagen, produksi neurotransmitter, dan masih banyak lagi. Tidak hanya dari buah-buahan, vitamin C nyatanya juga bisa Anda dapatkan dari makanan yang mengandung vitamin C. Apa saja kira-kira makanan sumber vitamin C itu?

Makanan Sumber Vitamin C

Vitamin C termasuk salah satu dari sekian banyak nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Karena itulah pastikan asupan vitamin C yang Anda butuhkan sehari-hari itu cukup. Sebenarnya ada sumber makanan lain yang kaya akan kandungan vitamin C selain buah, berikut diantaranya:

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sejumlah sayuran berdaun hijau diketahui memiliki kandungan vitamin C. Sebut saja mulai dari kangkung, bayam, kale, peterseli, thyme, dan masih banyak lagi. Aneka sayuran berdaun hijau ini bisa Anda olah menjadi beragam menu sehat seperlu mendapatkan kandungan vitamin C di dalamnya secara optimal.

Sayuran berdaun hijau seperti bayam di Indonesia biasanya diolah menjadi sayur bening, pecel, atau lainnya. Jika ingin menu ala-ala western Anda bisa mencoba mengolah sayuran berdaun hijau menjadi salad, smoothie, pasta dari sayuran hijau, atau lainnya.

2. Kentang

Makanan yang mengandung vitamin C lainnya adalah kentang. Memang kandungan vitamin C di dalamnya tidak lebih tinggi dari sejumlah buah sumber vitamin C seperti jeruk, kiwi, atau lainnya. Namun di dalam kentang juga terkandung zat gizi seperti vitamin B6, serat, potassium yang bagus untuk kesehatan tubuh.

2. Brokoli

Kebutuhan vitamin C harian Anda juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi sayuran brokoli. Bonusnya Anda akan mendapat kandungan nutrisi penting lain seperti vitamin A, serat, fosfor, kalium, dan selenium. Brokoli dapat diolah menjadi aneka hidangan lezat. Namun, pastikan cara pengolahan yang baik untuk mengoptimalkan penyerapan zat gizi di dalamnya.

3. Paprika Kuning

Paprika termasuk dalam golongan terong-terongan. Ada beberapa pilihan warna paprika mulai dari hijau, kuning, dan merah. Untuk kandungan vitamin C paling banyak pilih paprika kuning yang mengandung 342 mg per satu buah paprika kuning besar seberat 186 gram. Paprika sendiri biasanya diolah menjadi pelengkap dalam menu makanan misal seperti steak, sate barbeque, atau lainnya.

4. Cabai Rawit

Selama ini sumber vitamin C identik dengan rasa masam. Siapa sangka jika cabai rawit yang memiliki rasa pedas juga kaya vitamin C? Bagi Anda pecinta pedas, selain mengandung vitamin A dan vitamin B1 ternyata di dalam cabai rawit juga terdapat kandungan vitamin C yang tinggi.

Itulah beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin C. Memenuhi kebutuhan gizi tubuh baik vitamin C atau lainnya secara seimbang bagus untuk memastikan tubuh selalu sehat dan bugar. Jadi mulai dari sekarang yuk lebih peduli memperhitungkan kebutuhan gizi tubuh dengan memilih makanan sehat kaya nutrisi.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category