Health

Waktu Minum Vitamin C Sebaiknya Kapan? Jangan Asal, Ini Waktu Terbaik yang Dianjurkan!

By Natural Farm |

Benar adanya vitamin C memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan imun tubuh, membantu menangkal infeksi penyakit, mempercepat pemulihan saat sakit, dan lainnya. Akan tetapi, bukan berarti Anda boleh asal minum vitamin C dengan dalih ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ada waktu terbaik yang dianjurkan agar Anda mendapatkan manfaat vitamin C secara optimal. Lantas kiranya minum vitamin C sebaiknya kapan?

Waktu Terbaik Minum Vitamin C

Perlu diketahui ternyata setiap vitamin bekerja dengan cara berbeda tergantung usia, jenis kelamin, dan kondisi tubuh. Demikian pula untuk vitamin C. Guna mengetahui waktu terbaik minum vitamin C kiranya Anda harus mengetahui sifat vitamin C itu lebih dulu.

Vitamin C termasuk jenis vitamin yang mudah larut dalam air. Untuk mendapatkan khasiatnya secara optimal, vitamin C baik diminum saat perut kosong. Dari sini dapat digaris bawahi waktu minum vitamin C sebaiknya kapan adalah di pagi hari, 30 menit sebelum makan, atau 2 jam sesudah makan. Hal ini tidak lain agar penyerapan vitamin C bisa optimal dan memberi manfaat kesehatan sebagaimana mestinya.

Tidak perlu mengkonsumsi dalam jumlah berlebihan. Pasalnya tubuh hanya akan menyerap sejumlah vitamin yang diperlukan saja dan sisanya akan dibuang lewat urin. Kadar vitamin C lebih yang masuk tubuh memang tidak akan disimpan di dalam tubuh, karenanya minum secukupnya.

Anjuran Dosis Minum Vitamin C

Seperti yang sekilas disebutkan di atas, kelebihan vitamin C tidak akan disimpan tubuh. Karenanya daripada bersifat mubazir pastikan untuk minum sesuai anjuran dosisnya.

Diketahui dosis vitamin C yang dibutuhkan oleh orang dewasa tiap harinya adalah 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk laki-laki. Kebutuhan vitamin C akan meningkat pada ibu hamil yakni sekitar 120 mg per harinya. Sedangkan untuk anak-anak usia 9-13 tahun sebanyak 45 mg saja dan untuk remaja 14-18 tahun sebanyak 65 mg. Vitamin C yang dibutuhkan tubuh ini bisa diperoleh dari berbagai sumber, baik buah atau sayur yang dikonsumsi maupun suplemen tambahan.

Minum vitamin C dengan dosis yang tepat baik untuk kesehatan. Hal ini penting diperhatikan terlebih bagi beberapa orang mengonsumsi vitamin C berlebihan malah menimbulkan efek samping seperti kram perut, mual diare, sakit kepala, hingga heartburn. Jika benar Anda mengalami efek samping berat jangan tunda untuk memeriksakan kondisi Anda ke dokter terdekat.

Adapun untuk seseorang yang memiliki masalah kekurangan vitamin C dalam tubuh seperti penderita skorbut, dosis yang dianjurkan di atas tidak berlaku. Skorbut sendiri penyakit langka yang terjadi karena tubuh kekurangan vitamin C. Penderita skorbut membutuhkan asupan vitamin C berbeda tiap harinya. Sehingga berapa banyak dosis dan waktu minum vitamin C sebaiknya kapan ditentukan dari hasil konsultasi dengan dokter. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category