Health

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur, Dijamin Bisa Nyenyak Kembali

By Erwin |

Sedang mencari cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur? Kalau begitu maka Anda berada di tempat paling tepat untuk mendapatkan referensi. Seperti sudah diketahui bahwa kondisi hidung tersumbat memang sering terjadi dan akan mengganggu ketika beraktivitas.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena nantinya napas menjadi tidak lancar sehingga Anda mungkin harus menarik napas lebih ekstra untuk mendapatkan oksigen. Nah, masalah hidung tersumbat sendiri ternyata juga kerap menghantui seseorang ketika saat tidur lho.

Mengetahui Penyebab Hidung Tersumbat Saat Tidur

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa hidung tersumbat memang sangat mengganggu terutama kalau terjadi pada malam hari. Sebab ini tentu dapat membuat kualitas tidur akan berkurang sehingga nantinya tidak akan nyenyak.

Ada banyak faktor dimana dapat menyebabkan hidung tersebut tersumbat seperti allergen, infeksi virus hingga disebabkan oleh sejumlah penyakit tertentu seperti sinusitis. Tidak hanya itu saja, flu atau influenza juga menjadi salah satu penyebab kenapa hidung susah untuk bernapas.

Sebenarnya ketika kondisi ini terjadi terutama pada saat tidur, Anda tidak perlu panik secara berlebihan. Sebab terdapat sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Anda dapat menyimak penjelasan di dalam artikel ini berikutnya.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur Terampuh!

Sedang enak-enak tidur tetapi tiba-tiba hidung tersumbat? Tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan bahkan mungkin membuat akan terjaga sepanjang malam. Jika Anda sering mengalami masalah hidung tersumbat mengganggu ketika tidur, maka sebaiknya simak beberapa cara berikut.

1.       Silahkan Atur Posisi Tidur Dengan Baik

Cara pertama yang dapat digunakan adalah dengan mengatur posisi tidur dengan baik terlebih dahulu. Kami sarankan agar tidur dengan beberapa bantal sekaligus agar lebih tinggi. Cara ini ternyata cukup efektif untuk mencegah cairan menumpuk pada hidung dimana mampu memperparah sumbatan.

2.       Mandi Air Hangat Terlebih Dahulu

Sebelum Anda memutuskan untuk tidur maka lebih baik mandi menggunakan air hangat terlebih dahulu. Sebab air hangat dipercaya mampu membuka sinus sehingga lendir dari hidung bisa keluar lebih mudah. Jangan lupa agar memijat bagian sinus agar hasilnya lebih baik.

3.       Gunakan Pelembab Ruangan

Humidifier atau pelembab ruangan memiliki kemampuan untuk memancarkan suhu hangat ke udara di dalam kamar Anda. Dan ini juga menjadi cara cukup efektif untuk menghilangkan pilek yang menganggu ketika akan tidur.

4.       Menggunakan Minyak Atsiri ke Bagian Dada

Tidak hanya tips diatas saja, tetapi Anda juga dapat mengoleskan minyak atsiri pada bagian dada. Hal ini agar nantinya aroma dapat terhirup oleh hidung sehingga membuat napas lebih lega dan Anda dapat tertidur dengan nyenyak.

Hidung yang tersumbat memang akan membuat Anda tidak nyaman dan membuat terjaga terutama di malam hari. Agar bisa segera hilang, maka ketahui bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur diatas agar bisa mendapatkan tidur nyenyak.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category