Health

Cara Menggunakan Tespek yang Benar 

By Erwin |

Bagi pasangan suami istri yang saat ini sedang melakukan program hamil, maka perlu rutin melakukan pemeriksaan. Oleh karena itu, penting sekali mengetahui cara menggunakan tespek yang benar. Meski tampak praktis dan mudah, namun sebagian orang salah saat menggunakannya. 

Umumnya, jika Anda menggunakan test pack dengan cara yang kurang tepat, maka hasilnya jadi tidak akurat. Padahal, penting sekali mengetahui status kehamilan selama Promil.

Cara Menggunakan Tespek yang Benar

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan test pack, maka pastikan telah membaca petunjuknya dengan baik pada kemasan produk. Hal ini karena setiap jenis test pack mempunyai cara penggunaan yang berbeda-beda.

Berikut ini jenis dan cara menggunakan tespek  yang benar: 

1. Test Pack Strip

Bentuknya seperti strip plastik dan ukurannya lebih kecil, berikut cara menggunakannya: 

  • Pertama, Anda perlu menyiapkan wadah kecil untuk bisa menampung urine. Apabila tidak ada wadah, maka bisa mengguyur langsung urine di test pack. Akan tetapi, Anda harus melakukannya dengan hati-hati agar tidak melebihi garis batas.
  • Apabila Anda sudah menampung urine, maka bisa celupkan saja testpack ke wadah dengan bagian putihnya lalu pastikan untuk mencelupkannya sampai di bawah garis batas.
  • Anda juga bisa menunggu kurang lebih 5 hingga 10 detik dan angkat test pack-nya.
  • Alangkah baiknya, menunggu sampai 10 menit agar bisa memastikan warna garis agar tidak berubah lagi. 
  • Apabila muncul dua garis, maka menunjukan Anda hamil. Sedangkan bila hanya ada satu garis, maka tidak menunjukkan tanda kehamilan.

2. Test Pack Digital

Berbeda halnya dengan yang sebelumnya, alat ini memiliki bentuk seperti stik dengan ujungnya yang bisa dipasang strip untuk menyerap urine. Cara menggunakan tespek  digital ini sebetulnya sama seperti test pack strip. Namun, keunggulan penggunaan test pack ini, Anda bisa berulang dengan cara mengganti strip yang ada di dalamnya. 

3. Pregnancy Cassette Test

Ini termasuk salah satu alat tes kehamilan berupa stik yang dapat digunakan dengan cara meneteskan urine pada alat tersebut. Anda dapat menggunakan sensitif compact sebagai rekomendasi test pack yang lebih akurat, berikut caranya.

  • Pertama, bukalah kemasan produk dan pegang ke arah kucuran urine ketika buang air kecil.
  • Anda bisa langsung pegang alat stik ini dengan posisi ujung resapan menghadap ke bawah selama minimal 10 detik sampai kondisi ujung resapan basah karena urine.
  • Pastikanlah agar tidak membasahi jendela maupun tempat penunjuk hasil.
  • Biasanya hasil dapat terlihat dalam 3 menit saja. Akan tetapi, bila dalam waktu 3 menit garis merah tidak muncul, maka tunggu sampai 1 menit lagi. Hasil positif biasanya akan nampak kurang lebih 1 menit lebih lama. Hasil ini didapat berdasarkan kadar hal ini tergantung dari kadar  konsentrasi hormon hCG.
  • Apabila setelah 3 menit tidak ada hasil yang muncul, maka terjadi karena kadar urine kurang banyak pada ujung resapan. 
  • Biasanya, hasil positif akan ditandai dengan munculnya garis merah terhadap jendela control dan jendela hasil.

Itu saja beberapa cara menggunakan tespek  yang benar. Semoga bermanfaat.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category