Health

Penyebab Rambut Rontok yang Mudah 

By Erwin |

Manusia normal biasanya kehilangan 50 – 100 helai rambut per hari. Apabila melebihi angka tersebut, kemungkinan Anda mengalami rambut rontok yang cukup parah. Agar dapat ditangani dengan tepat, kenali apa saja penyebab rambut rontok.

Memang apabila kehilangan lebih dari 100 helai rambut per hari bisa menjadi salah satu i pertanda adanya kerusakan pada rambut. Bahkan, jika jumlah rambut yang hilang lebih banyak dibanding yang tumbuh, tentu berisiko mengalami masalah kebotakan.

Penyebab Rambut Rontok yang Perlu Diketahui 

Ada beberapa penyebab rambut rontok berlebihan yang perlu diketahui, seperti berikut ini.

1. Keturunan

Keturunan menjadi salah satu penyebab rambut rontok parah. Gen kerontokan dari pihak orang tua ini bisa diturunkan ke anak. Jadi, Anda juga akan berisiko mengalami hal yang serupa.

Wanita yang sering mengalami kerontokan secara genetik ditandai dengan adanya penipisan di garis rambut. Sementara itu, rambut rontok yang terjadi pada pria bisa memicu kebotakan.

Faktor genetik ini akan membuat setiap rambut baru mempunyai tekstur yang halus dan tipis. Hal ini terjadi karena folikel rambut semakin mengecil dan berhenti tumbuh.

2. Folikulitis

Adanya penyakit terhadap kulit kepala juga akan menimbulkan peradangan yang memicu kerontokan. Salah satu penyakit tersebut yaitu folikulitis atau peradangan folikel yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus.

Biasanya, kondisi ini ditandai dengan kulit kepala melepuh, rasa gatal dan perih, serta adanya jerawat di kulit kepala. Apabila tidak ditangani dengan baik, maka kulit kepala akan mengalami peradangan,menimbulkan bekas luka, rambut rontok, serta kebotakan.

3. Tinea capitis

Apabila kulit kepala bersisik dan pitak, berarti Anda mengalami gangguan kulit kepala yang dikenal dengan tinea capitis. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi jamur Microsporum serta Trichophyton yang bisa menyebabkan benjolan merah.

Benjolan ini akan mengakibatkan peradangan di kulit kepala. Radang inilah yang nantinya dapat menimbulkan luka parut pada kulit kepala sehingga rambut rontok.

4. Psoriasis kulit kepala

Psoriasis sebenarnya tidak hanya terjadi di kulit kepala, namun juga pada bagian belakang leher, dahi, kepala, sampai belakang telinga. Salah satu gejala awal yang sering terjadi pada psoriasis kulit kepala yaitu rambut rontok dan kulit yang gatal sampai mengeluarkan darah.

Tidak hanya itu, penyebab rambut rontok yang satu ini membuat kulit kepala kering serta menebal. Selain itu, gatal ini akan membuat Anda sering menggaruk kulit kepala. 

5. Hipotiroidisme

Salah satu permasalahan hormon tiroid yang menjadi penyebab rambut rontok berlebihan yaitu hipotiroidisme. Hipotiroidisme ini merupakan salah satu kondisi ketika kelenjar tiroid tidak berhasil memproduksi hormon metabolisme, pertumbuhan serta perkembangan tubuh.

Itu saja beberapa informasi terkait penyebab rambut rontok. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category