Health

Simak Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan 5 Bahan Alami Ini!

By Erwin |

Rambut rontok seringkali menjadi masalah yang cukup menyebalkan. Tidak hanya pria, bahkan wanita pun mengalami kerontokan rambut juga. Sehingga, tak sedikit orang yang memutuskan untuk mencari segala cara mengatasi rambut rontok dengan cepat.

Kenapa Rambut Bisa Rontok?

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok. Berikut adalah beberapa faktor yang  dapat menjadi penyebab rambut rontok:

  • Faktor Genetik

Faktor genetik merupakan penyebab rambut rontok yang paling umum. Jika keluarga Anda memiliki riwayat rambut rontok, maka kemungkinan besar Anda juga akan mengalami masalah yang sama.

  • Stres

Stres dapat memengaruhi kesehatan, tak terkecuali rambut Anda. Ketika Anda mengalami stres, tubuh Anda akan memproduksi hormon kortisol yang dapat menyebabkan rambut rontok.

  • Kekurangan Nutrisi

Kekurangan nutrisi seperti protein, zat besi, vitamin B, dan asam folat dapat menyebabkan rambut rontok. Kekurangan nutrisi ini dapat terjadi karena pola makan yang tidak seimbang atau masalah kesehatan tertentu.

  • Perawatan Rambut yang Salah

Menggunakan produk rambut yang tidak cocok atau terlalu sering menggunakan alat styling seperti hair dryer, catokan, hingga semir rambut juga dapat menyebabkan rambut rontok. Produk dan alat styling yang tidak tepat dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan kerusakan pada rambut.

  • Pengaruh Lingkungan

Pengaruh lingkungan seperti polusi, sinar matahari, dan udara kering juga dapat menyebabkan rambut rontok. Paparan zat-zat kimia dan radiasi UV dari sinar matahari dapat merusak rambut dan menyebabkan rontok.

  • Efek Samping Obat

Beberapa obat seperti obat kanker, obat tekanan darah, dan obat antiinflamasi dapat menyebabkan rambut rontok sebagai efek samping.

Bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Saat ini, sudah banyak obat-obatan yang dipercaya dapat mengatasi masalah rambut rontok. Namun, ada juga cara mengatasi rambut rontok yang murah dan alami, yang pastinya tidak perlu khawatir dengan efek samping dari penggunaan obat-obatan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan enzim proteolitik yang dapat membantu membersihkan kulit kepala dari sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat folikel rambut. Selain itu, kandungan vitamin dan mineralnya baik untuk kesehatan rambut.

2. Jahe

Jahe memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan memperkuat folikel rambut. Jahe juga mengandung zat besi, magnesium, dan fosfor yang baik untuk kesehatan rambut.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak yang dapat membantu menjaga kelembapan dan kesehatan rambut. Sehingga, dapat membantu mengurangi kerontokan pada rambut kepala.

4. Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin yang dapat membantu menghambat produksi hormon yang menyebabkan kerontokan rambut. Teh hijau juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan rambut.

5. Madu

Madu mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan rambut. Madu juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut.

Itulah 5 bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok. Sebelum menggunakan bahan-bahan alami tersebut, Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli perawatan rambut untuk mendapatkan saran yang tepat dan menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category