Health

Cara Menghilangkan Komedo Hitam Tanpa Merusak Kulit

By Erwin |

Meskipun blackhead alias komedo hitam adalah masalah kulit yang umum dialami orang-orang, hal tersebut tidak membuat masalah satu ini lebih ditolerir. Soalnya keberadaan komedo hitam bisa mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Untungnya, ada beberapa cara menghilangkan komedo hitam yang bisa Anda lakukan.

Dalam artikel ini, Anda bisa temukan beberapa cara untuk menghilangkan komedo hitam yang direkomendasikan oleh dermatologis. Apa saja ya caranya? Ini dia penjelasannya dan selamat membaca!

Cuci Muka Minimal Dua Kali Sehari

Selalu mulai dari hal yang basic dulu: bersihkan wajah Anda secara rutin, minimal 2 (dua) kali sehari. Apalagi jika Anda sedang banyak menghabiskan banyak waktu di luar ruangan yang membuat kulit wajah lebih mudah berkeringat dan terpapar debu serta kotoran.

Rajin cuci muka akan membantu menyingkirkan minyak, kotoran, sel-sel kulit mati, bakteri, maupun makeup yang menempel di kulit. Jadi, risiko terbentuknya komedo hitam juga berkurang. Untuk Anda yang punya kulit kering dan sensitif sehingga tidak bisa cuci muka sering-sering, sesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit Anda, ya.

Gunakan Physical Exfoliant

Apabila cuci muka saja belum cukup untuk menghilangkan komedo hitam, cara berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan physical exfoliant. Jenis eksfoliasi yang satu ini biasanya menggunakan partikel seperti gula pasir atau butiran-butiran halus yang bisa menyingkirkan kotoran dan sel-sel kulit mati di wajah.

Hanya saja, penggunaan physical exfoliant berarti ada gesekan di kulit. Oleh karena itu lakukan cara menghilangkan komedo hitam yang satu ini secara berkala saja. Hindari penggunaan setiap hari dan pastikan Anda menggosok kulit secara lembut agar tidak merusak kulit.

Pakai Chemical Exfoliant yang Lebih Gentle

Selain physical exfoliant, jenis eksfoliasi lainnya adalah chemical exfoliant yang menggunakan acid (asam) untuk memecah minyak dan sel-sel kulit mati penyumbat paru-paru. Setelah dipecah, kotoran-kotoran dan minyak tersebut pun bisa dihilangkan dengan lebih mudah.

Beberapa jenis acid yang biasa digunakan untuk eksfoliasi adalah:

  • Alpha hydroxy acid (AHA), misalnya glycolic acid dan juga lactic acid.
  • Beta hydroxy acid (BHA) seperti salicylic acid dan cocok untuk kulit berminyak.
  • Polyhydroxy acid (PHA) seperti gluconolactone dan lebih cocok untuk kulit kering atau sensitif.

Ketika menggunakan chemical exfoliant, perhatikan persentase dan frekuensi penggunaannya agar tidak mengiritasi kulit Anda.

Gunakan Clay Mask atau Charcoal Mask

Masker wajah yang mengandung clay atau charcoal bisa bantu menyingkirkan minyak dan kotoran dari kulit. Anda bisa mengaplikasikan produk ini di seluruh wajah dan tunggu selama kira-kira 10-15 menit sebelum dibilas sampai bersih. Alternatifnya, Anda juga bisa gunakan masker wajah sebagai spot treatment hanya di area wajah yang berkomedo. Setelah itu, jangan lupa menggunakan moisturizer karena clay mask atau charcoal mask bisa menyebabkan kulit jadi lebih kering.

Itu tadi 4 cara menghilangkan komedo hitam yang direkomendasikan dermatologis dan terbukti efektif. Selamat mencoba!

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category