Health

5 Cara Menghilangkan Mata Panda yang Aman dan Efektif

By Vivi |

Umumnya cara menghilangkan mata panda bagi para wanita dengan menggunakan make up seperti concealer. Namun sulit untuk menutupi mata kendur sekalipun Anda telah menutupinya dengan make up yang tebal.

Mata panda adalah kondisi di mana lingkar mata berwarna hitam, khususnya di bagian bawah mata. Sering kali warna hitam pada mata panda juga diikuti kantung mata kendur seperti orang yang habis nangis atau begadang.

Walaupun tidak memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan, tapi dari segi penampilan mata panda bisa sangat mengganggu penampilan. Anda akan terlihat lebih tua dan kurang segar.

Penyebab Mata Panda

Penyebab yang paling sering terjadi kenapa seseorang memiliki mata panda karena kelelahan dan kurang tidur. Pada wanita cara menutupinya cukup mudah dengan menggunakan riasan agak tebal di bagian mata, namun bagaimana dengan pria?

Supaya Anda terhindar dari mata panda yang dapat merusak penampilan, ketahui apa saja penyebab mata panda untuk mengurangi peluang lingkaran mata hitam. Berikut ini penyebab mata panda, antara lain:

  • Faktor genetik
  • Dehidrasi karena kurang mengonsumsi air putih
  • Kebiasaan merokok
  • Kebiasaan begadang
  • Mengonsumsi alkohol berlebihan
  • Menghabiskan waktu terlalu lama di depan gadget, laptop atau komputer
  • Alergi
  • Hiperpigmentasi
  • Meningkatnya jumlah melanin di bagian sekitar kulit mata, contoh penyebabnya karena paparan sinar matahari berlebih
  • Menumpuknya cairan di bagian sekitar mata, contoh penyebabnya karena terjadinya perubahan hormon atau konsumsi garam berlebih
  • Stres

Faktor alami yang cukup fundamental mempengaruhi lingkar mata hitam dan mata kendur ialah usia bertambah sejalan dengan proses penuaan. Lapisan kulit pada tubuh mengalami penipisan. Hal tersebut membuat kolagen dan jaringan lemak berkurang.

Saat kolagen dan jaringan lemak berkurang, maka pembuluh darah di bagian bawah mata jadi lebih menonjol dan menimbulkan warna kulit sedikit lebih gelap.

Baca Juga: Acne Patch: Definisi, Manfaat dan Rekomendasi Acne Patch Terbaik

Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat

Bila selalu menutupi mata panda dengan riasan tebal, Anda perlu mempersiapkan biaya lebih besar karena harga concealer dan make up cukup mahal. Sebagai gantinya, berikut ini cara hilangkan mata panda.

1. Kompres Es Batu

Siapkan handuk kecil atau kain kecil yang bersih dan lembut, lalu balut es batu dengan handuk atau kain tersebut. Kemudian tempelkan langsung ke area mata panda. Lakukan kompres es batu ini selama kurang lebih 20 menit.

Jika sulit mencari es batu, Anda bisa merendam handuk kecil ke dalam air dingin saja lalu kompres langsung ke bagian mata panda. Dengan mengompres mata panda dengan es batu, Anda bisa meredakan dan menenangkan bengkak dan mengecilkan pembuluh darah yang lebar membengkak.

2. Oleskan Minyak Almond dan Gel Lidah Buaya

Mengutip dari website resmi Siloam Hospital, mengoleskan minyak almond dan gel lidah buaya membantu mengatasi mata panda. Kedua bahan tersebut memiliki kandungan anti oksidan dan antiradang yang efektif untuk menyamarkan warna gelap sekaligus meredakan bengkak mata.

3. Oleskan atau Kompres dengan Timun

Bahan alami lainnya, Anda bisa mengoleskan atau mengompres mata dengan timun. Timun memiliki kandungan khusus untuk menghilangkan racun dari kulit. Dalam kasus mata panda, timun efektif untuk meredakan pembengkakan pada mata panda sekaligus mengurangi area kehitaman pada mata.

4. Rutin Olahraga dan Latihan Fisik

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa mata panda membuat pembuluh darah di sekitar area mata jadi membengkak. Untuk mengurangi kantong mata yang membengkak, disarankan rutin melakukan olahraga dan latihan fisik.

Dengan rutin berolahraga, aliran darah di bagian mata semakin lancar, aliran oksigen dan nutrisi yang menyerap di kulit sekitar area mata semakin lancar.

5. Gunakan Krim Mata

Alternatif cara ngilangin mata panda yang terakhir dengan menggunakan produk krim mata khusus. Pilih produk krim mata yang mengandung Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K hingga mengandung ekstrak daun teh. Bahan-bahan tersebut dapat mengurangi kerutan dan menyamarkan mata panda.

Rekomendasi Produk untuk Hilangkan Mata Panda

Selain cara mengatasi mata panda di atas, ada cara lain yang cukup efektif untuk hilangkan mata  panda. Caranya dengan menggunakan beberapa produk kesehatan khusus untuk menghilangkan mata panda tersebut.

1. BREYLEE Orange Blossom Eye Mask

BREYLEE Orange Blossom Eye Mask merupakan produk masker mata untuk membantu mengatasi mata panda yang berwarna hitam.

Masker mata dari BREYLEE ini mengandung ekstrak Citrus Aurantium Amara Flower dan kombinasi Vitamin C. Bahan alami tersebut membantu mencerahkan kulit di sekitar mata dan merawat bagian tersebut.

Kemudian kandungan Hyaluronic Acid dan Niacinamide berfungsi untuk melembabkan dan menghaluskan tekstur kulit di sekitar area mata.

2. BREYLEE Rose Eye Mask

Rekomendasi eye mask lainnya dari BREYLEE ialah BREYLEE Rose Eye Mask yang memiliki kandungan ekstrak bunga mawar. Dengan kandungan ekstrak bunga mawar tersebut membantu pemenuhan nutrisi untuk kulit dan melembapkan di area sekitar mata tersebut.

Khasiat lainnya dengan menggunakan masker mata ini membantu proses kekencangan kulit sekaligus menyamarkan lingkar hitam di sekitar mata.

3. BREYLEE Aloe Vera Eye Mask

Varian lainnya yakni BREYLEE Aloe Vera Eye Mask membantu meningkatkan kelembapan kulit di sekitar mata serta menyamarkan garis-garis atau kerutan halus di bagian sekitar mata tersebut.

Nah, itulah cara menghilangkan mata panda dengan cara alami ataupun menggunakan masker mata khusus. Anda bisa mencoba berbagai cara sesuai kecocokan kulit wajah Anda.

Sayangnya belum ada cara hilangkan mata panda yang instan, Anda tetap perlu bersabar dan rutin menggunakan masker mata atau produk krim mata lainnya.

Apabila ditemukan efek samping dari salah satu cara mengurangi mata panda di atas, maka hentikan treatment tersebut dan konsultasikan lebih lanjut oleh dokter kulit dan kecantikan.

Temukan produk kecantikan, perawatan dan kesehatan lainnya di website Natural Farm.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

 

Referensi:

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category