Health

Cek Kadar Kalori Siomay dan Tips Mengonsumsinya untuk Menurunkan Berat Badan

By Erwin |

Bagi sebagian orang yang memang menyukai siomay, penting untuk mengetahui kadar jumlah kalori siomay tersebut. Hal ini dikarenakan, camilan lezat yang banyak digemari kalangan masyarakat ini tersedia dalam berbagai jenis, bentuk, cara pengolahan sampai dengan cara penyajian. Apabila Anda di rumah sedang menjalankan program diet sehat untuk menurunkan berat badan, maka penting mengetahui kadar kalori di dalam siomay tersebut. 

Kadar kalori dan tips mengonsumsi siomay untuk menurunkan berat badan

Pada dasarnya, kadar kalori dalam siomay terbilang cukup bervariasi sesuai dengan ukuran pangsit dan cara pengisiannya. Namun dalam hal ini, Anda perlu tahu bahwa untuk ukuran satu siomay biasanya memiliki kandungan sekitar 41,8 kalori. Selain itu, juga terdapat beberapa kandungan seperti 1,7 gram lemak, 4,1 gram karbohidrat, 0,4 gram serat, 0,9 gram gula dan 2,5 gram protein. Adapun hal ini, biasanya berlaku untuk siomay dengan isian daging, unggas sampai dengan makanan laut sekalipun.

Terlepas dari kandungan jumlah kalori siomay tersebut, siomay dikenal sebagai salah satu makanan sehat lantaran mengandung bahan utuh yang menawarkan berbagai mikronutrien berbeda. Akan tetapi jika Anda sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, maka perlu menerapkan beberapa tips sehat dalam mengonsumsinya seperti berikut. 

  • Kenali varian siomay dan kalorinya

Umumnya, siomay menawarkan banyak sekali varian dengan isian yang berbeda – beda. Walaupun seseorang terkadang sulit dalam menghitung kadar jumlah kalori yang ada, namun bisa mempertimbangkan bahan makanan yang digunakan. Sebagai contoh, di sini Anda dapat mengonsumsi siomay dengan isian sayur – sayuran dan dicampur dengan tahu. 

  • Pahami kadar siomay yang bisa dimakan dalam satu porsi

Berikutnya, Anda juga perlu memahami berapa kadar siomay yang bisa dimakan dalam satu porsi. Mengingat Anda sedang menjalankan program diet, maka diharuskan untuk mengetahui total kebutuhan kalori harian. Sehingga, hal inilah yang nantinya akan dapat menunjang keberhasilan program diet penurunan berat badan yang Anda jalankan. 

  • Berolahraga secara teratur untuk membentuk otot

Memiliki cita rasa yang enak dan lezat, menjadikan seseorang sering kali tergoda untuk mengonsumsi siomay lagi dan lagi. Akan tetapi agar meminimalkan terjadinya risiko kelebihan berat badan, sebaiknya Anda selingi dengan melakukan olahraga secara teratur. Dalam hal ini, Anda dapat berolahraga ringan seperti berjalan lambat selama kurang lebih 10 menit. 

  • Makanan siomay yang dikukus / direbus

Dalam mengonsumsi siomay yang sehat saat akan menjalankan program diet, Anda juga bisa memiliki jenis siomay yang diolah dengan cara dikukus / direbus. Hal ini dikarenakan, kandungan kalori pada siomay yang dikukus / direbus umumnya lebih rendah jika dibandingkan dengan yang digoreng. Jadi. Anda bisa memilih jenis siomay kukus / rebus ketika menjalankan program diet sehat.

Demikianlah tadi informasi penting mengenai kadar kalori siomay dan tips mengonsumsinya yang tepat dalam membantu menurunkan berat badan.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category