Health

9 Ciri Ciri Kolesterol Tinggi dan Penyebabnya

By Vivi |

Informasi tentang ciri ciri kolesterol tinggi merupakan informasi kesehatan mendasar yang penting untuk diketahui. Alasannya karena dampak kadar kolesterol tinggi bisa menyebabkan stroke ataupun serangan jantung.

Tak dipungkiri lagi, semakin hari kebiasaan makan dan pola hidup manusia semakin mengkhawatirkan. Mengonsumsi makanan berlemak, minuman beralkohol, hingga kebiasaan merokok tak pernah lepas dari gaya hidup saat ini.

Belum lagi kebiasaan jarang berolahraga yang semakin memperparah kondisi kesehatan tubuh. Saat kadar kolesterol mulai tidak terkontrol, dampaknya cukup fatal untuk kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa ciri kolesterol tinggi dan penyebabnya supaya Anda bisa menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Kadar Batas Normal Kolesterol

Definisi kolesterol adalah zat di dalam tubuh yang berfungsi sebagai pendukung pembentukan membran sel, vitamin D dan beberapa hormon tertentu. Karenanya, tidak semua kolesterol berdampak buruk bagi kesehatan.

Hanya saja, bila jumlahnya tidak terkontrol maka sisa kolesterol yang mengendap di dalam tubuh menjadi kolesterol jahat alias low-density lipoprotein (LDL). Sedangkan kolesterol baik disebut HDL alias high-density lipoprotein.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kadar kolesterol normal angkanya kurang dari 200 mg/dL, sedangkan kadar kolesterol tinggi berkisar pada rentang 200 - 239 mg/dL.

Adapun kadar kolesterol jahat tinggi bila angkanya berkisar 130-159 mg/dL. Kemudian bila kadar kolesterol HDL Anda di bawah 40 mg/dL juga kondisi yang perlu diwaspadai karena berisiko munculnya plak di bagian arteri (aterosklerosis).

Baca Juga: 5 Rekomendasi Vitamin Daya Tahan Tubuh Dewasa untuk Lengkapi Asupan Nutrisi

Ciri Ciri Kolesterol Tinggi

Faktanya sulit mendeteksi dengan cepat kolesterol tinggi ciri cirinya seperti apa. Sebab, beberapa ciri tinggi kolesterol menyerupai penyakit lain sehingga Anda perlu melakukan upaya pemeriksaan dokter. Sebagai tindakan mitigasi, berikut ini ciri ciri kolesterol tinggi.

1. Mudah Mengantuk 

Gejala yang paling umum adalah penderita kolesterol tinggi gampang sekali mengantuk dan merasa lelah. Hal ini akan terjadi cukup sering dari biasanya. Pasalnya saat kolesterol berada dalam kadar tinggi, zat tersebut menutup jalan aliran darah sehingga jalur aliran oksigen pun ikut terhambat.

2. Mengalami Penurunan Nafsu Makan

Gejala penurunan nafsu makan bukan hanya gejala penyakit kolesterol tinggi saja. Akan tetapi, bila Anda memiliki riwayat kolesterol dan sedang mengalami hal demikian, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut agar tidak menimbulkan penyakit komplikasi lainnya.

3. Mudah Mengalami Stres

Ternyata rasa stres yang Anda rasakan bisa menjadi ciri ciri tinggi kolesterol. Sebab kadar kolesterol LDL pada otak semakin tinggi hingga menimbulkan gangguan kemampuan otak untuk mengatur dan mengontrol emosi.

4. Mengalami Kenaikan Berat Badan

Gejala kadar kolesterol Anda tinggi selanjutnya adalah saat mengalami  kenaikan berat badan berlebih karena tidak mengontrol jenis makanan yang  masuk ke dalam tubuh.

Sekalipun Anda sedang mengikuti program untuk meningkatkan berat badan, namun jenis makanannya tidak diperhatikan dan cenderung mengonsumsi makanan apa saja agar berat badannya naik. Hal demikian justru menjadi pemicu meningkatnya kadar kolesterol di dalam tubuh.

5. Merasakan Nyeri Dada

Kadar kolesterol yang tinggi menimbulkan banyaknya endapan berbahaya yang menempel pada dinding arteri. Endapan tersebut menghambat aliran darah arteri sehingga menimbulkan rasa nyeri di dada.

6. Menemukan Benjolan di Sekitar Mata

Apabila Anda menemukan adanya benjolan di sekitar mata, kondisi tersebut disebut dengan xanthoma. Xanthoma merupakan gumpalan lemak yang tumbuh di bawah kulit dan akan terus berkembang hingga ukuran paling maksimalnya.

Umumnya xanthoma akan tumbuh di sekitar mata. Namun beberapa kasus xanthoma akan timbul di bagian organ dalam. Xanthoma bisa menjadi gejala penyakit tertentu, salah satunya penyakit kolesterol tinggi.

7. Merasa Nyeri di Tungkai Kaki

Gejala kolesterol tinggi selanjutnya adalah rasa nyeri pada tungkai kaki. Selain rasa nyeri, Anda juga akan merasakan kaki kaku dan seperti terbakar. Dalam beberapa kasus, rasa sakitnya menjalar ke bagian paha atau pantat.

8. Merasa Kram di Malam Hari

Pernahkah Anda merasa kram di malam hari? Ternyata sering mengalami kram  di malam hari menjadi gejala Anda memiliki kadar kolesterol tinggi. Kram yang akan Anda rasakan mulai dari kram pada jari-jari, telapak kaki hingga tumit.

9. Mengalami Kehilangan Keseimbangan

Ciri terakhir yang cukup fatal adalah mengalami kehilangan keseimbangan. Terdengar sepele namun saat Anda mengalami kehilangan keseimbangan ternyata gejala kondisi kolesterol yang cukup parah.

Sebab kehilangan keseimbangan juga menjadi gejala stroke. Umumnya gejala kehilangan keseimbangan ini diikuti dengan sulitnya menggerakkan mulut, lalu tangan dan kaki terasa lemas sampai kesulitan berjalan.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Setelah mengetahui bagaimana ciri ciri orang kolesterol tinggi, apakah Anda mulai bertanya-tanya kenapa Anda bisa terdiagnosis penyakit kolesterol tinggi?

Ada berbagai faktor yang menyebabkan Anda bisa terdeteksi penyakit kolesterol tinggi. Faktor pertama bisa disebabkan dari kelainan genetik atau hiperkolesterolemia familial.

Penyebab kolesterol karena faktor genetik ini bisa menyerang orang yang masih berusia muda atau bahkan anak-anak.

Lain halnya dengan jenis hiperkolesterolemia acquired yang disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat, misalnya seperti:

  • Kebiasaan merokok
  • Kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak jenuh dengan kadar tinggi
  • Kebiasaan malas berolahraga

Kolesterol bisa disebabkan karena terdiagnosisnya penyakit lain seperti penyakit diabetes dan hipotiroidisme.

Rekomendasi Suplemen untuk Mengontrol Kadar Kolesterol

Berikut ini rekomendasi suplemen multivitamin untuk membantu Anda mengontrol dan menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh.

1. Dynamic Health Apple Cider Vinegar

Dynamic Health Apple Cider Vinegar memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol, mengurangi kram kaki di malam hari hingga menurunkan berat badan.

Proses produksinya dilakukan secara alami tanpa melalui proses pasteurisasi dan penyaringan sehingga kandungan nutrisinya masih terjaga khasiatnya.

2. Herbana Relief Sari Daun Kelor

Herbana Relief Sari Daun Kelor berkhasiat meningkatkan sistem imunitas tubuh sekaligus menjaga kesehatan kulit dan mata. Di samping itu, produk herbal ini  cukup efektif untuk mengontrol kadar kolesterol  dan gula  darah.

3. Kyolic Omega 3

Kyolic Omega 3 mengandung EPA/DHA dengan jumlah dua kali lebih besar daripada produk omega pada umumnya. Kandungan minyak ikannya bebas dari kontaminan logam berat dan PCB.

Khasiat mengonsumsi Kyolic Omega 3 yakni membantu melancarkan sirkulasi darah hingga menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Bagi penderita penyakit lambung tak perlu khawatir karena produk ini tidak mengiritasi lambung Anda.

4. Natural Factors - R Omega 3

Natural Factors - R Omega 3 direkomendasikan sebagai suplemen untuk menurunkan kadar kolesterol dengan efektif. Khasiat lainnya yakni untuk membantu menjaga kesehatan sendi, jantung dan fungsi otak.

5. Natures Health Krill Oil

Natures Health Krill Oil mengandung astaxanthin sebagai anti oksidan dan pospholipidyang untuk membantu proses penyerapan omega-3. Menariknya, terdapat kandungan krill alias udang kecil yang terbukti lebih unggul kandungan gizinya dibandingkan minyak ikan.

Khasiat mengonsumsi ini untuk menurunkan sekaligus menjaga keseimbangan kolesterol LDL dan trigliserida, menjaga kesehatan fungsi retina mata hingga kesehatan otak, hati, kulit, sendi, mata dan jantung.

6. Natures Health Ultra Garlite

Natures Health Ultra Garlite mengandung Allii sativi Bulbus Extract sebanyak 1000 mg untuk setiap tabletnya. Selain itu, terdapat pula odorless garlic yang membantu menekan aroma bawang putihnya.

Selain untuk mencukupi kebutuhan vitamin A, C, dan  E harian tubuh, ternyata suplemen ini membantu menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida, menjaga kestabilan kadar gula darah, hingga menjaga kesehatan pencernaan.

7. Natures Plus SC Formula

Natures Plus SC Formula mengandung mineral esensial yang tidak diproduksi di dalam tubuh tapi memiliki peran krusial untuk menjaga kestabilan kesehatan tubuh.

Kandungan chromium-nya membantu proses metabolisme karbohidrat, protein dan lipid. Khasiat lainnya untuk memicu sintesis asam lemak dan kolesterol serta meningkatkan aktivitas insulin di dalam tubuh.

8. Nutriwell Omega 3 Fish Oil

Nutriwell Omega 3 Fish Oil berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang ada di dalam darah. Selain itu, suplemen ini membantu menjaga kelenturan pembuluh darah, mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah hingga menjaga kesehatan organ penting lainnya di dalam tubuh.

9. Wellness SquaMega

Wellness SquaMega memiliki kandungan asam lemak tak jenuh dari minyak ikan dan tumbuhan safflower. Untuk diketahui ternyata lemak dan minyak yang terkandung di dalam ikan dan safflower cukup efektif untuk menurunkan kadar kolesterol darah dan trigliserida.

Saat ini pengidap penyakit kolesterol tinggi bukan hanya diderita orang lanjut usia (lansia) saja, melainkan generasi muda berpotensi menderita penyakit kolesterol.

Mari menjaga kondisi kesehatan tubuh dengan memenuhi kebutuhan suplemen multivitamin yang dibutuhkan tubuh. Temukan produk suplemen multivitamin terpercaya dan terjamin khasiatnya di website Natural Farm.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Referensi:

  • https://www.mitrakeluarga.com/artikel/gejala-kolesterol-tinggi
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/jantung/ciri-ciri-kolesterol-tinggi
  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/gejala-kolesterol-di-usia-muda
  • https://www.alodokter.com/mencari-tahu-tentang-adanya-tanda-tanda-kolesterol-tinggi
  • https://www.halodoc.com/artikel/ciri-ciri-kolesterol-tinggi-yang-kerap-diabaikan
  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/gejala-kolesterol-tinggi

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category