Health

Cocok Untuk Penderita Diabetes, Mengenal Manfaat Dan Kalori Buah Naga

By Erwin |

Penyakit gula, juga dikenal sebagai diabetes, adalah suatu kondisi kronis dimana kadar gula darah naik di atas tingkat normal. Hal ini membuat penderita diabetes tidak bisa mengonsumsi makanan, terutama buah-buahan, karena tingginya kadar karbohidrat dan fruktosa. Namun buah naga, salah satu makanan sehat yang terkenal dengan berbagai manfaatnya, tetap aman dikonsumsi berdasarkan kalori. Pertanyaannya, berapa banyak kalori buah naga?

Kalori Buah Naga

Buah naga selain rasanya enak dan menyegarkan, juga rendah kalori. Pasalnya, dalam 100-gram buah naga hanya mengandung 60 kalori. Buah naga tidak hanya rendah kalori, namun juga mengandung beragam nutrisi lain yang bermanfaat bagi tubuh. 100-gram buah naga mengandung nutrisi penting berikut:

Protein

1,2 g

Serat

3,0 g

Karbohidrat

13 g

Lemak

0 g

Vitamin A

100 (IU)

Vitamin C

3% dari rekomendasi kebutuhan harian

Magnesium

10% dari rekomendasi kebutuhn harian

Zat Besi

4% dari rekomendasi kebutuhan harian

Kalsium

31 mg

Buah naga merupakan buah padat nutrisi karena mengandung banyak serat dan magnesium serta memiliki sedikit kalori. Selain itu, buah ini aman dikonsumsi bagi penderita diabetes dan mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Mengandung Antioksidan

Buah naga tidak hanya memberikan beragam nutrisi penting bagi tubuh, tetapi juga berbagai antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Antioksidan adalah bahan kimia yang membantu melindungi sel dari radikal bebas yang berhubungan dengan penyakit kronis dan penuaan. Berikut beberapa antioksidan utama yang terdapat pada buah naga:

  • Betalain. Pigmen berwarna merah tua yang terdapat pada daging buah naga merah ini telah terbukti melindungi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dari oksidasi atau degradasi.
  • Hidroksisinamat. Baik dalam uji tabung reaksi maupun pada hewan, kategori bahan kimia ini menunjukkan tindakan antikanker.
  • Flavanoid. Koleksi antioksidan yang luas dan beragam ini dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak dan penurunan risiko penyakit jantung.

Manfaat Buah Naga untuk Penderita Diabetes

Buah naga dikatakan dapat memberikan berbagai manfaat bagi penderita diabetes, antara lain:

  • Buah naga diperkirakan mampu memperbaiki sel beta pankreas yang terlibat dalam pembentukan insulin dalam tubuh manusia.
  • Melindungi dari stres oksidatif dan kerusakan pankreas akibat adanya flavonoid dan antioksidan lainnya.
  • Orang dengan pradiabetes yang mengonsumsi buah naga setiap hari dikatakan memiliki kemungkinan lebih kecil terkena diabetes tipe 2.
  • Kandungan serat buah naga yang tinggi dapat membantu penderita diabetes tetap kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Hal ini membantu mengurangi risiko penderita diabetes makan lebih banyak, yang dapat menyebabkan peningkatan gula darah.

Itulah penjelasan terkait kalori buah naga. Penderita diabetes harus mengatur asupan kalori dan gulanya setiap hari. Selanjutnya, penderita diabetes harus memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi tubuhnya. Jika mengonsumsi makanan bergizi tidak sesuai dengan kebutuhan, pertimbangkan untuk menggunakan suplemen kesehatan.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category