Health

Camilan Legendaris, Ketahui Kalori Pisang Goreng Sebelum Telat

By Erwin |

Pisang goreng bisa menjadi camilan yang enak, apalagi jika cuaca sedang dingin atau sedang hujan. Beberapa orang suka menyantap hidangan ini sambil menonton TV atau melakukan aktivitas santai lainnya. Namun, hanya beberapa dari mereka yang menyadari kandungan kalori pisang goreng. Meskipun pisang umumnya merupakan buah yang menyehatkan, mengonsumsi terlalu banyak pisang melalui penggorengan dapat menyebabkan tubuh menimbun lemak.

Camilan ini cukup terkenal di segala kalangan, dari penjuru manapun di seluruh Indonesia. Namun meski demikian, perlu Anda ketahui bahwa kalori pisang goreng cukup tinggi. Berikut penjelasan lengkapnya terkait kandungannya!

Kandungan Kalori Pisang Goreng

Hal pertama yang harus dipahami adalah bahwa pisang goreng bukanlah pilihan makanan bergizi, dibandingkan dengan pisang yang tidak diolah. Namun, berapa banyak kalori yang terkandung dalam pisang goreng? Pisang goreng dengan berat hingga 140-gram menyediakan sekitar 211 kalori bila dikonsumsi. Beberapa kalori yang terdapat pada pisang goreng antara lain:

Lemak

4,5 g

Karbohidrat

45 g

Gula

29 g

Protein

1,7 g

Lemak jenuh

2,7 g

Serat

3,9 g

Kolesterol

11 mg

Vitamin A

37,80 mg

Vitamin C

10,4 mg

Kalsium

18,20 mg

Zat besi

0,46 mg

Potasium

494 mg

Meski banyak nutrisi yang bisa membantu tubuh dengan mengonsumsi pisang goreng, namun kandungan karbohidrat di dalamnya terbilang tinggi. Seperti yang dikatakan sebelumnya, jika ingin sehat, konsumsilah pisang yang belum diolah, jangan mengonsumsi pisang yang sudah digoreng.

Namun salah satu manfaat terbesar dari pisang goreng adalah kandungan proteinnya yang tinggi. Pisang goreng berukuran sedang memiliki 4,5-gram protein, jauh lebih banyak dibandingkan pisang mentah yang hanya memiliki 1 gram.

Faktanya, protein adalah makanan penting yang membantu tubuh mempertahankan massa otot, menghasilkan sel-sel baru, dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Setiap hari, setiap orang disarankan menerima 30 persen total kalorinya dari protein.

Mengukus pisang adalah pilihan yang lebih sehat untuk menyiapkannya sebagai camilan. Kalori pada makanan ini lebih terukur dibandingkan pada makanan yang digoreng. Saat hendak disantap, tambahkan madu untuk menambah cita rasa.

Rekomendasi Penyajian Pisang Goreng Sebagai Camilan

Hindari makan pisang goreng dengan topping susu kental manis dan keju. Coba visualisasikan atau bayangkan berapa banyak kalori yang ada dalam satu piring saji dari hidangan tersebut. Mengkonsumsi makanan-makanan ini secara teratur dapat menyebabkan penambahan berat badan yang signifikan. Cukup hidangkan secara sederhana saja.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai kandungan kalori pisang goreng yang cukup tinggi untuk dijadikan camilan dan sebaiknya tidak dikonsumsi saat diet. Sebaiknya Anda mengkonsumsi buah pisang dalam keadaan masih segar untuk menjamin nutrisi yang masuk ke dalam tubuh benar-benar bermanfaat.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category