Health

Efektif! Inilah 4 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Pijatan

By Erwin |

Tahukah Anda, gimana cara paling ampuh mengatasi hidung tersumbat hanya dengan melalui pijatan? Kita semua tahu, hidung tersumbat sering kali menjadikan aktivitas sehari-hari terganggu. Bahkan, tidak jarang juga, hidung tersumbat juga sering disertai dengan nyeri kepala dan ingus yang keluar secara terus menerus. Tak harus menggunakan obat-obatan, ternyata hidung tersumbat juga dapat diatasi dengan cara memijat. Inilah 4 cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan!.

1. Pijat Area Ibu Jari dan Telunjuk

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat  melalui pijatan adalah dengan memijat area antara ibu jari dan telunjuk. Mudah saja, Anda hanya perlu memijat secara perlahan area yang letaknya ada di antara ibu jari dan telunjuk. Tekan-tekan area tersebut selama lebih kurang 2 menit. Cara yang demikian dapat mengurangi nyeri dan iritasi pada hidung. Namun sayang, cara pertama ini tidak disarankan untuk Anda yang sedang hamil karena dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim.

2. Lakukan Pijatan pada Area T di Wajah

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan selanjutnya adalah dengan melakukan pijatan di area T pada wajah. Area yang dimaksud adalah bagian hidung yang letaknya ada di antara kedua mata dan tepat berada di tengah-tengah. Caranya cukup  mudah, yakni hanya dengan menekan secara perlahan area ini dengan ibu jari kemudian tahan lebih kurang selama 5 menit. Cara ini dapat menghilangkan lendir yang ada di dalam. Hidung, sehingga hidung akan kembali lega.

3. Pijat Dasar Tengkorak

Selain area hidung Anda juga dapat melakukan pijatan pada dasar tengkorak untuk menghilangkan sumbatan yang terjadi ketika flu. Anda hanya perlu meletakkan kedua telapak tangan pada bagian belakang kepala dan pastikan ibu jari berada tepat di belakang kepala dan telinga. Jika sudah rasakan dasar tengkoraknya dan tekan-tekan selama beberapa menit. Lakukan cara yang demikian secara berulang untuk mencegah kembalinya hidung tersumbat.

4. Lakukan Pijatan pada Bagian Hidung

Selanjutnya, Anda juga dapat melakukan pijatan pada bagian hidung yang tersumbat. Mudah saja, Anda hanya perlu menggunakan telunjuk dan jari tengah untuk melakukannya. Dorong secara lembut dengan gerakan memutar selama beberapa menit untuk membantu membuka saluran pernapasan sehingga dapat kembali lega.

Demikian empat cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan yang sangat mudah dan sederhana. Selain itu, hidung tersumbat juga dapat diatasi dengan cara memijat bagian titik berongga yang letaknya tepat ada di belakang kepala. Anda hanya perlu meletakkan jari di bagian belakang leher dan merasakan keberadaan lubang besar di sana. Jika sudah menemukan, tekan selama beberapa menit sampai terasa sumbatan di hidung hilang dan nafas Anda kembali lega. Jika cara di atas tak juga berhasil mengatasi hidung tersumbat, maka segera konsultasikan dengan dokter.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category