Health

Ini di Tips Efektif Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

By Erwin |

Kondisi hidung tersumbat acap kali membuat kenyamanan seseorang terganggu dan menghambat aktivitas. Maka dari itu tidak heran jika tidak sedikit orang mencari tahu bagaimana cara tepat mengatasi hidung tersumbat agar tidak mengganggu aktivitas harian. Bahkan, tidak hanya flu hidung tersumbat juga dapat terjadi karena beberapa hal. Inilah 5 cara mengatasi hidung tersumbat yang mudah!

1. Jaga Suhu Agar Tetap Hangat

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan menjaga suhu agar tetap hangat. Anda hanya cukup berjemur di bawah paparan sinar matahari pada waktu pagi. Mulailah dengan duduk di luar rumah pada pukul 7-9 pagi. Tak hanya mengatasi hidung tersumbat, berjemur pada waktu tersebut juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, satu di antaranya adalah meningkatkan imun.

2. Jaga Tubuh Agar Tetap Terhidrasi

Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Kenapa? Dengan menjaga cairan tubuh, maka kondisi badan akan tetap terjaga sebagaimana mestinya. Kekurangan cairan tubuh akan membuat kondisi kesehatan Anda memburuk. Maka dari itu, sangat penting menjaga cairan tubuh dengan konsumsi air putih secara cukup. Air putih yang dikonsumsi dengan cukup juga akan membantu Anda dalam mengencerkan lendir dan meredakan hidung tersumbat. 

3. Hirup Uap Hangat

Cara ketiga yang dapat dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan menghirup udara hangat. Upaya ketiga ini juga dapat membantu melegakan pernapasan Anda. Caranya juga sangat mudah, yakni dengan menyiapkan wadah berisi air hangat, kemudian mendekatkan wajah pada wadah dan menghirup uap hangatnya. Pada saat menyiapkan, upayakan airnya tidak terlalu panas. Hal ini untuk menghindari sensasi luka bakar yang mungkin saja terjadi pada wajah. 

4. Gunakan Humidifier di Dalam Ruang

Ternyata memasang humidifier di dalam ruang juga dapat menjadi solusi mengatasi hidung tersumbat secara efektif. Apa lagi jika Anda berada di dalam ruangan ber-Ac. Menggunakan humidifier, kelembaban udara akan tetap terjaga dan penyebaran debu juga akan semakin berkurang sehingga saluran nafas dapat kembali normal. 

5. Konsumsi Obat

Jika cara alami tidak mampu mengatasi hidung dari sumbatan lendir atau ingus maka, Anda dapat mengatasinya dengan konsumsi obat-obatan. Umumnya obat yang digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dekongestan dalam bentuk pil atau semprotan. Namun, obat-obatan tersebut tidak dapat dikonsumsi secara sembarangan. Jadi, sebelum mengonsumsi obat-obatan lakukan konsultasi dengan dokter. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan tentang cara mengatasi hidung tersumbat yang sederhana dan dapat dilakukan di rumah. Ingat jika cara alami tidak dapat mengatasi masalah Anda , maka gunakan cara lain dan lakukan konsultasi dengan dokter. Jangan sampai Anda mengonsumsi obat-obatan secara sembarang, sebab hal itu akan membahayakan keselamatan jiwa Anda. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category