Health

Inilah Daftar Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

By Erwin |

Sayuran adalah bahan makanan yang bergizi dan bernutrisi bagi tubuh. Tapi, tahukah Anda bahwa tak semua sayuran itu baik untuk kesehatan. Terlebih lagi bagi penderita asam urat. Inilah beberapa sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam urat agar gejala dan rasa sakitnya tak semakin parah. 

Mengenal Asam Urat 

Asam urat adalah salah satu jenis penyakit yang sangat lazim ditemui saat ini. Penyakit ini disebabkan oleh tingginya kandungan zat asam urat di dalam tubuh. Asam urat ini diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin di dalam makanan yang akan masuk ke dalam tubuh. Bila kandungan purin terlalu banyak di dalam tubuh ataupun ginjal, maka tubuh tak mampu bekerja secara optimal untuk mengeluarkan zat asam urat tersebut. Tentu saja ini berdampak pada kondisi kesehatan tubuh. Akan ada penumpukan asam urat di dalam tubuh. Zat asam urat ini kemudian akan mengkristal pada tubuh khususnya pada bagian sendi. Tentu saja, ini akan menjadi peradangan pada sendi. Anda akan kesulitan untuk menggerakan sendi diakibatkan terlalu banyaknya kandungan zat asam urat di dalam tubuh. 

Jenis Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat 

Setelah mengetahui tentang asam urat, maka saatnya mengulas beberapa jenis sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam urat. Sayuran memang bahan makanan sehat tetapi bukan berarti semuanya baik untuk kesehatan khususnya penderita asam urat. Makanan yang tinggi purin tak baik bagi penderita asam urat. 

1. Kembang Kol 

Jenis sayuran pertama yang dilarang adalah kembang kol. Sayuran ini adalah salah satu jenis sayuran yang pada nutrisi, rendah garam, dan bebas lemak. Kembang kol juga kaya akan folat dan vitamin C. Kedua zat tersebut sebenarnya sangat bagus bagi tubuh. Tetapi, ini tak berlaku bagi penderita asam urat. Sayuran ini hanya boleh dimakan oleh penderita asam urat sesekali saja. 

2. Asparagus 

Jenis sayuran yang kedua adalah asparagus. Sayuran ini sebenarnya baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan karena kaya akan vitamin E, C, B-6, serat, dan asam folat. Tetapi, perlu diketahui bahwa asparagus ini memiliki kandungan purin yang tinggi sehingga tak baik bagi penderita asam urat. Maka, gantilah sayur ini dengan daun bawang. 

3. Kacang Hijau 

Tak hanya itu saja, kacang hijau ternyata juga tak diperbolehkan bagi penderita asam urat. Kacang hijau ini mengandung vitamin A, C, serat, dan juga folat. Tetapi, kacang hijau ini tinggi akan purin sehingga kurang baik bagi penderita asam urat. Anda bisa mengganti jenis sayuran ini dengan wortel, seledri, ataupun zucchini. 

4. Bayam 

Bayam adalah sayuran hijau yang kaya akan vitamin A, C, serat, folat, dan zat besi. Tetapi, kandungan purin di dalam bayam cukup tinggi sehingga harus membatasi konsumsi bayam untuk penderita asam urat. Bahkan, bayam menjadi salah satu jenis sayuran yang tak boleh dimakan penderita asam urat. Anda bisa mengganti bayam ini dengan sayuran hijau lainnya yang rendah purin.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category