Health

Ibu Menyusui Boleh Makan Durian, Hanya Saja Nilai Gizinya Kalah Dari 5 Jenis Makanan Ini

By Erwin |

Ketika seorang ibu menyusui ingin makan makanan kesukaan sebagai mood booster selama masa menyusui, terkadang makanan yang ingin dimakan menjadi sangat tidak terkontrol dan tidak terduga. Pada saat tidak diperhatikan dengan baik, adakalanya makanan yang dikonsumsi tergolong makanan yang dikhawatirkan membawa dampak buruk untuk kesehatan sang ibu, seperti durian. Namun demikian, sebenarnya ibu menyusui boleh makan durian atau tidak? Jika Anda termasuk pecinta durian yang sedang dalam masa menyusui, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Kandungan gizi durian

Saat Anda bertanya bolehkah ibu menyusui makan durian? Jawabannya tentu saja boleh, asalkan tahu takaran yang tepat untuk tubuh dan tidak dalam porsi yang berlebihan. Hal ini karena kadar gula dalam durian cukup tinggi yaitu 13%. Tidak hanya itu, ibu menyusui boleh makan durian karena kandungan mineral seperti zat besi, fosfor, kalsium, dan protein pada durian sangat baik untuk tumbuh kembang organ bayi, seperti tulang, ginjal, paru-paru, dan saluran pencernaan.   

Tips konsumsi durian saat menyusui

Meskipun ibu menyusui boleh makan durian, tentunya jika berlebihan dikhawatirkan dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan, seperti mual, perut begah, diare, dan sakit kepala. Hal ini sedikit banyak akan memicu munculnya reaksi alergi pada bayi, seperti ruam atau diare. Oleh karena itu, jika Anda termasuk ibu menyusui yang suka makan durian, cukup makan 1-2 potong durian ukuran besar yang umumnya memiliki ukuran bonggol biji kecil. Jika ragu, Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter lebih dulu untuk mengamankan nutrisi yang didapat oleh sang buah hati. 

Makanan bergizi selain durian untuk ibu selama masa menyusui 

Ibu menyusui boleh makan durian, tetapi bisa diseimbangkan dengan makanan lain yang juga bergizi untuk tumbuh kembang sang buah hati. Ada beberapa jenis makanan ibu menyusui yang aman dikonsumsi lebih tinggi dibandingkan durian, seperti:

1. Kiwi 

Kiwi memiliki kandungan gizi vitamin C yang tinggi sama seperti buah jeruk. Buah kiwi tergolong makanan untuk ibu menyusui yang bisa dikonsumsi dalam bentuk jus atau salad buah dikombinasikan dengan jenis buah lain, seperti strawberry dan blueberry. 

2. Apel

Ada banyak jenis vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah apel dan sangat baik untuk menjaga asupan gizi anak terpenuhi. Apel juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi dari kemungkinan resiko terserang penyakit akibat bakteri atau virus.

3. Daun katuk 

Daun katuk dan beberapa jenis sayuran hijau lain, seperti bayam dan brokoli sangat baik untuk ibu menyusui. Meski ibu menyusui boleh makan durian dengan jumlah tertentu, menyeimbangkan konsumsi durian dengan konsumsi sayuran hijau bisa menambah asupan kalsium untuk memperkuat tulang bayi.

4. Salmon dan Telur

Ibu menyusui makan durian memang diperbolehkan, tetapi mengkonsumsi salmon dan telur yang diolah dengan sedikit minyak akan meningkatkan asupan AA dan DHA untuk perkembangan sel saraf bayi. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category