Health

Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasi Nyeri Ulu Hati Pada Malam Hari

By Erwin |

Apakah Anda pernah atau sering merasakan nyeri di area ulu hati? Bisa jadi rasa nyeri ini bertambah buruk ketika akan tidur. Ketahui penyebab dan cara mengatasi nyeri ulu hati pada malam hari sehingga kualitas tidur Anda tetap terjaga. Karena jika tidak diatasi maka nyeri pada ulu hati bisa berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan.

Penyebab Terjadinya Nyeri Pada Ulu Hati

Sakit ulu hati atau heartburn biasanya ditandai dengan rasa nyeri di area tengah perut atas. Tidak hanya merasakan nyeri saja tapi perut juga terasa kembung hingga timbul rasa mual. Meski terkesan ringan namun sakit ulu hati perlu segera diobati.

Ada beberapa penyebab yang memicu munculnya sakit nyeri ulu hati mulai dari makanan hingga gaya hidup yang kurang sehat. Tukak lambung menjadi salah satu pemicu penyebab sakit ulu hati. Adanya luka terbuka di lapisan dinding lambung ini disebabkan karena infeksi bakteri serta penggunaan obat-obatan tertentu.

Selain tukak lambung, nyeri ulu hati juga disebabkan karena sindrom iritasi usus. Sindrom iritasi usus bisa terjadi karena beberapa faktor salah satunya perubahan mikroba yang ada di dalam usus. Bagian organ yang diserang adalah usus besar sehingga akan menyebabkan kram perut hingga perubahan frekuensi buang air besar.

Rasa nyeri pada ulu hati bisa saja terjadi berulang kali dalam seminggu. Jika Anda sudah mencoba posisi berbaring tapi tidak kunjung sembuh, mungkin Anda perlu mencoba cara mengatasi nyeri ulu hati pada malam hari yang lebih tepat.

Mengatasi Nyeri Ulu Hati

Apabila rasa sakit tidak terlalu parah maka Anda bisa melakukan penanganan mandiri di rumah. Hal yang paling mudah yaitu dengan mulai mengatur jadwal dan porsi makan sebelum tidur. Lambung membutuhkan waktu untuk memproses makanan yang masuk.

Lebih baik Anda makan 2 hingga 3 jam sebelum waktu tidur dan tentunya dengan porsi makanan yang tidak berlebihan. Hindari juga kebiasaan konsumsi camilan pada malam. Setelah makan jangan membiasakan diri untuk langsung berbaring karena dapat memicu asam lambung naik.

Agar tidak mengalami nyeri ulu hati yang berulang tentu mulai sekarang Anda harus menjalani gaya hidup sehat. Tidak hanya mengatur pola makan saja tapi gaya hidup lainnya juga perlu diatur. Kurangi stres berlebih karena tanpa disadari hal ini bisa meningkatkan resiko naiknya asam lambung.

Dengan menjaga pola makan maka akan berpengaruh pada berat badan. Memiliki berat badan ideal dapat mengurangi resiko sakit nyeri ulu hati. Selalu biasakan minum air putih yang cukup agar proses pencernaan lebih lancar.

Kurangi atau hindari kebiasaan buruk merokok sebagai upaya gaya hidup sehat. Cara mengatasi nyeri ulu hati pada malam hari yang perlu dilakukan secara rutin yaitu pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan diri.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category