Health

Inilah Makanan Pantangan Asam Lambung Yang Wajib Dihindari, Jangan Sampai Salah!

By Erwin |

Asam lambung atau gerd menjadi salah satu gangguan pada lambung yang menyebabkan organ ini tidak berfungsi dengan baik dalam mengolah makanan. Salah satu penyebab terjadinya gerd yaitu pola makan yang salah juga makanan yang masuk kedalam tubuh. Untuk itu, bagi anda yang sudah terjangkit penyakit asam lambung perlu hati-hati. Apa saja makanan pantangan asam lambung yang harus dihindari? simak penjelasan berikut ini: 

1. Makanan Manis Seperti Coklat 

Cokelat dikenal memiliki berbagai manfaat positif bagi kesehatan. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, coklat dapat memicu kambuhnya gejala penyakit asam lambung. Salah satu alasan utamanya adalah cokelat memiliki sifat yang dapat melemaskan otot di katup kerongkongan. 

Selain itu, coklat juga dapat merangsang peningkatan produksi asam lambung. Peningkatan asam lambung ini dapat mengakibatkan penderita mengalami sensasi panas dan perih yang sangat tidak nyaman di bagian atas perut dan dada. 

2. Makanan Pedas 

Fakta bahwa makanan pedas sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung sudah lama diketahui. Rasa pedas ini berasal dari senyawa bernama capsaicin yang terdapat dalam cabai. Senyawa capsaicin ini memiliki potensi untuk memperburuk iritasi pada dinding lambung.

Selain memberikan sensasi pedas, capsaicin juga dapat memperlambat proses pencernaan. Ketika makanan terlalu lama berada di dalam perut, hal ini dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung ke kerongkongan. 

3. Minuman Kopi 

Kopi adalah minuman yang sebaiknya dihindari oleh orang yang menderita maag dan GERD (gastroesophageal reflux disease) karena dapat memperburuk gejala asam lambung. 

Kandungan kafein dalam kopi memiliki efek yang bisa melemahkan otot pada katup kerongkongan bagian bawah. Ketika otot ini melemah, asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan, menyebabkan gejala yang tidak nyaman.

Selain itu, kafein juga memiliki kemampuan untuk merangsang peningkatan produksi cairan asam lambung. Hal ini terjadi karena kafein memicu peningkatan hormon gastrin, yaitu hormon yang bertanggung jawab dalam produksi asam lambung. 

4. Makanan Asin 

Makanan pantangan asam lambung berikutnya yaitu makanan pedas yang dapat memicu naiknya asam lambung, tetapi mengkonsumsi makanan asin dalam jumlah berlebihan juga dapat menyebabkan masalah serupa.

Ketika anda mengkonsumsi makanan asin dalam jumlah yang banyak, natrium yang berlebihan dapat mengganggu keseimbangan asam di lambung dan memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan. 

5. Makanan Tinggi Lemak 

Pantangan lain bagi penderita asam lambung adalah makanan yang tinggi lemak. Lemak dalam makanan dapat merangsang produksi hormon kolesistokinin. 

Hormon ini dapat menyebabkan melemahnya otot pada esofagus bagian bawah, yang berfungsi sebagai katup penghalang antara lambung dan kerongkongan. Ketika otot ini melemah, asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan, menyebabkan sensasi terbakar atau panas pada ulu hati, yang dikenal sebagai heartburn. 

Sekian pembahasan mengenai makanan pantangan asam lambung. Bagi anda yang menderita penyakit ini tidak boleh sembarangan konsumsi makanan karena bisa memperparah kondisi lambung. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category