Health

Intip Tips Sehat Surplus Kalori untuk Menaikkan Massa Otot Tubuh

By Erwin |

Seseorang yang memiliki tubuh kurus, penting untuk melakukan yang namanya surplus kalori. Yang mana, cara ini sangat efektif dilakukan untuk membantu menaikkan massa otot tubuh agar ideal. Sehingga, permasalahan tubuh kurus nantinya bisa teratasi dengan mudah cukup dengan menerapkan beberapa langkah mudah di dalamnya. Untuk Anda yang ingin menaikkan massa otot tubuh, maka penting untuk menyimak detail ulasannya di artikel berikut. 

Cara menambah massa otot tubuh dengan kalori surplus

Sebelum kita pembahasan mengenai tips menambah massa otot tubuh dengan kalori surplus, penting untuk Anda mengetahui makna dari istilah tersebut. Istilah kalori surplus, umumnya merupakan kondisi dimana jumlah kalori yang bersumber dari makanan lebih besar dibandingkan jumlah kalori yang dibakar tubuh ketika melakukan aktivitas fisik. Dengan demikian, seseorang penting meningkatkan asupan kalori agar dapat membantu menambah massa otot dan mengatasi permasalahan tubuh kurus. Adapun untuk tips menambah massa otot tubuh dengan surplus kalori sehat, di antaranya yakni sebagai berikut.  

1. Meningkatkan keinginan untuk makan

Tips pertama yang bisa Anda lakukan dalam menambah massa otot tubuh, yaitu meningkatkan keinginan untuk sering makan. Jika biasanya Anda hanya makan 2 kali sehari, maka bisa meningkatkan keinginan makan menjadi lima sampai enam kali dalam sehari. Meskipun demikian, tetap saja Anda perlu mengkonsumsi asupan sayur – sayuran dan buah – buahan setiap hari agar porsi gizi makanannya dapat dikatakan seimbang.

2. Mengonsumsi makanan yang tinggi protein

Selanjutnya, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang tinggi protein dalam membantu menaikkan massa otot tubuh. Dalam hal ini, Anda dapat mengonsumsi berbagai makanan sumber protein tinggi seperti halnya telur, daging ayam tanpa kulit, ikan sampai dengan daging merah tanpa kandungan lemak. Sementara untuk makanan sumber nabati, bisa mengonsumsi tahu, tempe dan juga kacang – kacangan.

3. Menambah makanan dengan kandungan lemak sehat

Tidak kalah penting, Anda juga perlu menambah makanan dengan kandungan lemak sehat. Yang mana, ini nantinya akan dapat mebantu Anda ketika menerapkan kalori surplus dalam menambah massa otot tubuh. Mengenai hal tersebut, Anda cukup mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak tak jenuh yang sehat seperti buah alpukat, minyak zaitun, kacang – kacangan dan ikan berlemak.

4. Mengonsumsi minuman yang mengandung kalori sehat

Yang terakhir, Anda bisa menerapkan cara menambah massa otot tubuh secara sehat dengan mengonsumsi minuman yang mengandung kalori sehat. Seperti misalnya yakni ada minuman dari jus buah – buahan segar, maupun susu sapi yang mengandung lemak dan protein untuk meningkatkan asupan kalori. Selain itu, ada juga produk olahan susu seperti yoghurt yang dapat membantu menambah massa otot.

Jadi, itulah tadi sekiranya beberapa tips sehat surplus kalori yang bisa Anda lakukan dalam membantu menambah massa otot tubuh agar optimal. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category