Health

Kenali Jumlah Kalori Martabak Manis dan Tips Aman Mengkonsumsinya di Malam Hari

By Erwin |

Salah satu camilan lezat yang sering dijadikan teman waktu santai saat menonton TV bersama keluarga, yaitu martabak manis dengan berbagai topping menarik. Kendati demikian, tidak banyak orang yang tahu bahwa ternyata kandungan kalori martabak manis terbilang cukup tinggi. Oleh karena itu, di pembahasan berikut akan dijelaskan mengenai jumlah kalori yang terdapat pada martabak manis dan juga tips aman yang bisa Anda ikuti dalam mengkonsumsinya secara aman.  

Jumlah kalori pada martabak manis dan tips aman mengkonsumsinya 

Martabak manis, umumnya disajikan dengan berbagai varian topping lezat dan menggugah selera para penikmatnya. Beberapa varian topping yang ditawarkan pada sajian makanan tersebut, yakni seperti coklat, keju, kacang dan masih banyak lagi. Meskipun terasa lezat dan menggugah selera, Anda penting untuk tahu seberapa banyak kandungan kalori pada martabak manis. Dalam hal ini dikatakan, bahwa dalam setiap 1 potong martabak manis umumnya memiliki kandungan kalori sebanyak 290 kkal. 

Diketahui, jumlah kalori pada martabak manis ini diperoleh dari beberapa komposisi bahan pembuatan dan tambahan topping di dalamnya. Baik itu dari mulai tepung terigu, telur, air, gula, susu, mentega, keju sampai dengan coklat. Terlepas dari jumlah kalori martabak manis, Anda tetap bisa menikmati makanan tersebut dengan aman cukup mengikuti beberapa tips yang ada di bawah ini. 

1. Gunakan topping yang tepat

Seperti yang kita ketahui, bahwa martabak manis umumnya memiliki banyak sekali varian topping yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan para penikmatnya. Namun disini Anda perlu tahu, bahwa jumlah kalori pada martabak manis dengan tambahan topping umumnya terbilang tinggi, dibandingkan yang tidak memakai topping. Karena itu, pastikan Anda memiliki topping martabak manis yang tepat seperti misalnya topping buah – buahan dan mengurangi tambahan pemanis di dalamnya.

2. Perhatikan porsi saat mengonsumsinya

Karena cita rasa yang ditawarkan, menjadikan banyak orang sering kali merasa kalap untuk terus mengkonsumsi martabak manis tersebut. Akan tetapi agar tetap aman dalam mengkonsumsi martabak manis, sebaiknya Anda melakukan batas porsi dalam mengkonsumsinya. Dalam hal ini, Anda dapat mengkonsumsi martabak manis sekitar 1 – 2 potong saja dalam sehari. Agar tidak tergiur untuk menambah porsi makanan tersebut, Anda dapat minum segelas air putih dan makan buah – buahan.

3. Membuat martabak manis kreasi sendiri

Jika Anda termasuk salah satu orang yang alergi gluten, maka tidak ada salahnya membuat martabak manis kreasi sendiri dengan bahan bebas gluten. Sebab selain dikatakan jauh lebih aman, disini Anda juga dapat menyesuaikan takaran bahan untuk mengurangi jumlah kalori di dalam makanan manis tersebut. Bahkan, Anda juga dapat mengurangi penggunaan jumlah gula ketika pembuatannya atau menyesuaikan tambahan topping sesuai selera.

Dengan mengetahui kadar kalori martabak manis dan tips aman mengkonsumsinya, dipastikan Anda tetap bisa mengonsumsinya dengan aman dan tanpa khawatir kelebihan kalori.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category