Health

Kenali Gejala Gula Darah Tinggi

By Erwin |

Gula darah tinggi adalah keadaan di mana kandungan glukosa dalam aliran darah terlalu banyak. Penyebabnya adalah karena tubuh tidak mampu menghasilkan hormon insulin dalam jumlah yang cukup. Jika penyakit tersebut tidak segera diatasi, risiko kerusakan pada pembuluh darah, saraf, ginjal, dan mata akan meningkat. Nah, berikut gejala gula darah tinggi dan cara mengatasinya.

Tanda dan Gejala Hiperglikemia

Gula darah dalam tingkat tinggi juga bisa disebut sebagai hiperglikemia. Gejala gula darah tinggi bisa diukur dengan alat ukur kadar gula darah. Jika kadar gula dalam darah terukur lebih dari 125 mg/dl atau 180 mg/dl, bisa dikatakan orang tersebut mengalami hiperglikemia.

Ciri-Ciri Gula Darah Tinggi

Selain bisa dipastikan menggunakan alat ukur kadar gula darah, penderita gula darah tinggi akan memunculkan sejumlah ciri-ciri berikut ini:

1. Kerap Haus dan Buang Air Kecil

Gejala pertama adalah sering merasa haus meski telah meminum banyak air. Hal ini patut diwaspadai karena ciri-ciri tersebut mengartikan bahwa ginjal tengah dipaksa bekerja lebih keras. Jika hal itu terjadi, orang tersebut akan kerap mengeluarkan urin, sehingga tubuh jadi dehidrasi.

2. Kerap Sakit Kepala

Tubuh yang kerap mengalami dehidrasi akan meningkatkan gula darah. Penyebabnya adalah karena urin yang mengandung glukosa tersebut jadi makin sedikit yang dibuang. Jika sudah begitu, akan muncul keluhan sakit kepala, musal, bahkan sampai pingsan.

3. Gampang Lelah

Karena tubuh tidak memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, glukosa dalam tubuh akan makin menumpuk. Pasalnya, insulin diperlukan untuk tubuh supaya bisa memanfaatkan glukosa sebagai energi. Jika sudah begini, tubuh jadi mudah mengantuk dan lelah.

4. Berat Badan Menurun

Meski tidak sengaja menurunkan berat badan, penderita gula darah tinggi akan mengalaminya. Pasalnya, tubuh tidak mampu membakar glukosa sebagai bahan energi. Sebagai gantinya, tubuh menggunakan lemak.

Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi

Nah, berikut ini cara untuk membantu mengatasi hiperglikemia pada tubuh:

1. Rutin Olahraga

Untuk memulai program mengatasi gejala hiperglikemia bisa dimulai dengan merutinkan kegiatan olahraga, minimal 30 menit sehari. Pasalnya, olahraga akan membantu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh karena digunakan sebagai energi.

2. Menjaga Pola Makan

Pola makan yang sehat perlu dilakukan segera, seperti mulai mengonsumsi biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran setiap hari. Selain itu, menghindari makanan berlemak dan tinggi gula juga perlu diperhatikan.

3. Banyak Minum Air Putih

Terakhir yang bisa dilakukan adalah memperbanyak konsumsi air putih. Konsumsi air putih yang cukup bisa membantu mencegah dehidrasi. Tidak hanya itu, tubuh akan kerap buang air kecil. Dengan begitu akan membuang kelebihan glukosa.

Demikian informasi mengenai gejala gula darah tinggi atau hiperglikemia dan cara untuk mengatasinya. Sejumlah gejala di atas dan treatment untuk mengatasinya hanyalah sekadar informasi awal saja. Untuk lebih pastinya, disarankan untuk berkonsultasi pada dokter.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category