Health

Kenali Penyakit Asam Urat – Penyebab dan Gejalanya

By Natural Farm |

Asam urat merupakan suatu kondisi yang bisa menyebabkan rasa nyeri, pembengkakan dan sensasi panas di area persendian. Semua sendi di dalam tubuh bisa terkena asam urat, namun sendi yang paling sering terkena adalah lutut, jari tangan, jari kaki dan pergelangan tangan. Biasanya asam urat lebih mudah menyerang pria, khususnya mereka yang berada di usia sekitar 30 tahun ke atas.

Namun bisa terjadi juga pada wanita yang bisa muncul setelah menopause. Rasa sakit yang dialami karena asam urat juga bisa berlangsung sekitar 3 hingga 10 hari – tak heran jika hal tersebut membuat siapa saja merasa tidak nyaman selama beraktivitas. Seiring dengan berkembangnya gejala juga membuat banyak orang menyamakan penyakit satu ini dengan rematik. Padahal kedua penyakit tersebut berbeda.

Apa saja penyebab asam urat?

Secara alami, asam urat adalah senyawa yang diproduksi oleh tubuh manusia yang berfungsi untuk menguraikan purin. Purin sendiri mempunyai peran penting untuk tubuh, seperti mengatur pertumbuhan sel di dalam tubuh sampai menyediakan energi. Saat sudah digunakan oleh tubuh, nantinya asam urat bisa dibuang melalui pembuangan urin.

Di beberapa kondisi, tubuh memproduksi asam urat terlalu tinggi ataupun saat ginjal mengalami gangguan sehingga hanya mengeluarkan sedikit asam urat. Di dalam kondisi tersebut, asam urat dapat menumpuk di dalam tubuh dan membentuk kristal urat yang tajam seperti lidi atau jarum di persendian ataupun jaringan sekitarnya yang bisa menimbulkan rasa sakit, pembengkakan dan peradangan.

Ada beberapa faktor risiko yang meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh seperti:

-    Baru saja mengalami pendarahan ataupun cedera

-    Mempunyai keluarga dengan Riwayat asam urat

-    Mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi seperti jeroan hewan, daging merah dan beberapa hidangan laut secara rutin atau sering

-    Suka mengonsumsi minuman tinggi gula dan beralkohol

-    Mempunyai suatu kondisi medis tertentu seperti penyakit jantung, diabetes, anemia, kolesterol tinggi, hipertensi, obesitas, dan masih banyak lainnya.

Pahami gejala asam urat

Ada beberapa gejala umum untuk asam urat yang bisa anda pahami

-    Mengalami kesulitan saat berjalan karena sakit yang dirasakan, khususnya saat malam hari

-    Persendian terasa sakit secara mendadak

-    Rasa nyeri berkembang cepat hanya dalam beberapa jam dan disertai dengan sensasi nyeri hebat, rasa panas, bengkak ataupun muncul warna kemerahan pada kulit sendi

-    Saat gejala sudah mulai mereda, bengkak akan kempes dan kulit di sekitar persendian akan terkelupas, bersisik ataupun terasa gatal

-    Meski gejala asam urat bisa mereda dengan sendirinya, namun anda dianjurkan untuk melakukan pengobatan agar bisa mencegah risiko kambuh dengan tingkatan lebih tinggi.

Nah jika anda merasakan gejala asam urat yang semakin buruk, akan lebih baik jika anda segera mengunjungi dokter. Penanganan terbaik membuat anda terhindar dari berbagai penyakit komplikasi lainnya.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category