Health

Lakukan Sit Up Untuk Menguatkan Otot Perut Dan Punggung

By Natural Farm |

Gerakan olah tubuh yang tidak ekstrem sangat efektif dalam menyehatkan tubuh karena olahraga yang terlalu lama dan terlalu kuat mengeluarkan tenaga menjadikan tubuh sakit kram atau robek sel. Dengan adanya robekan tersebut efeknya Anda menjadi pegal tapi bisa pulih sendiri. 

Bagaimana dengan sit up yang benar? 

Sit up yang benar sebaiknya dilakukan dengan pemanasan dahulu agar tubuh terbiasa gerakan yang akan cepat dan keras. Pemanasan bisa dengan jalan kaki, jogging, senam selama 15 menit hingga 30 menit, setelah itu barulah Anda lakukan sit up. Sediakan matras yang agak tebal dengan 10 cm hingga 20 cm agar area belakang tubuh tidak kedinginan dan sakit karena tertekan lantai. 

  1. Anda berbaring terlentang sambil menekuk lutut. 
  2. Satukan kaki di lantai.
  3. Lanjutkan dengan meletakkan tangan di bagian belakang kepala atau silanglah tangan di dada jari menuju pundak.
  4. Anda tarik nafas, lalu pelan-pelan angkat kepala dan bagian badan atas tanpa meluruskan kaki terlebih dahulu.
  5. Anda turunkan badan atas pelan-pelan matras. Kaki tetap di tekuk, jangan gunakan gerakan cepat ya karena nanti bisa melukai otot perut. Ada beberapa orang yang sedikit ekstrem saat awal melakukan gerakan sit up sehingga membuat perut jadi sakit.
  6. Awal gerakan pastikan tidak terlalu banyak ya, agar tubuh Anda terbiasa dahulu. 

Manfaat sit up untuk tubuh 

Sit up yang benar akan membuat tubuh Anda memiliki massa otot yang tinggi, ada kalanya postur Anda besar dan sedikit bergelambir tetapi memiliki berat badan yang sama dengan tubuh yang posturnya sedikit lebih kurus atau slim. Hal itu disebabkan oleh seringnya olahraga, jadi massa ototnya lebih padat berisi. 

Sit up juga membuat tingkat kelenturan otot lebih bagus dibandingkan dengan seseorang yang tidak pernah melakukan olahraga sama sekali. Namun, Anda juga harus diimbangi dengan nutrisi yang bagus dan pengolahan masak yang tepat. 

Sit up juga membuat otot perut yang mulai bergelambir, memang dengan keadaan tertentu lemak perut sedikit sukar untuk meluruh. Jadi, lemak perut memang butuh waktu dan rutinitas sit up yang kontinyu.

Ragam gerakan sit up 

Sit up dengan kaki lurus, digerakkan dengan kaki lurus seirama dengan tubuh Anda kemudian pelan-pelan angkat bagian tubuh atas tanpa mengangkat kakinya. Sit up dengan pola V, dimana posisinya berbentuk huruf V, kaki diangkat tinggi dan tubuh atasnya sehingga terbentuk lekukan di tengah pada bagian perutnya, untuk posisi ini memang kebanyakan sukses untuk menekan lemak perut yang cukup membandel. 

Nah, bagaimana sit up yang benar sudahkah Anda lakukan?

Jika sit up Anda tepat dijamin tubuh tidak akan terasa sakit, pegal atau kaku ya!

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category