Health

20+ Makanan Penyebab Asam Urat dan Alternatifnya!

By Vivi |

Asam urat merupakan penyakit di mana kadar asam urat di dalam darah melebihi kadar normal. Salah satu penyebabnya karena pola makan yang tidak sehat. Misalnya saja mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula cukup tinggi.

Untuk diketahui bahwa di dalam minuman berkadar gula tinggi terdapat kandungan fruktosa yang bisa memperparah rasa sakit asam urat. Selain itu, terdapat pula kandungan purin dalam makanan yang sebaiknya dihindari. Untuk mengetahui apa saja makanan yang menyebabkan asam urat, mari simak uraian selengkapnya berikut ini.

Makanan Penyebab Asam Urat

Umumnya orang yang menderita penyakit asam urat tidak dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi. Namun selain itu, ada sejumlah makanan penyebab asam urat yang sebaiknya Anda hindari, di antaranya:

  • Bayam
  • Brokoli
  • Asparagus
  • Durian
  • Kismis
  • Pisang
  • Kacang-kacangan
  • Jeroan
  • Daging ayam
  • Daging sapi
  • Daging babi
  • Udang
  • Daging bebek
  • Kerang
  • Tiram
  • Jamur
  • Seafood
  • Makanan mengandung ragi
  • Makanan siap saji
  • Alkohol
  • Minuman dalam kemasan

Dampak Konsumsi Makanan Tinggi Purin

Bagaimana dengan kandungan purin di dalam sayur-sayuran? Apakah mengonsumsi makanan yang mengandung purin dalam kadar tinggi dapat mempengaruhi penderita asam urat?

Pada dasarnya sayuran merupakan makanan yang sangat dianjurkan untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, bagi penderita asam urat, ada aturan khusus bila ingin mengonsumsi sayuran.

Aturan pertama yakni memastikan kandungan purin di dalam sayuran dalam kadar rendah sehingga aman untuk Anda konsumsi. Bersumber dari Halodoc, dalam jurnal Nutriens menyebutkan bahwa makanan berkadar purin tinggi justru menjadi pemicu asam urat karena produksi asam urat jadi meningkat.

Contoh sayuran yang mengandung purin dalam kadar rendah antara lain kentang, paprika, mentimun, wortel, kol merah dan selada. Aturan selanjutnya yakni memastikan sayur-sayuran tersebut dikelola dengan baik dan tepat sehingga nilai gizinya tidak hilang.

Baca Juga: 9 Ciri Ciri Kolesterol Tinggi dan Penyebabnya

Alternatif Makanan Sehat Bagi Penderita Asam Urat

Setelah mengetahui daftar makanan yang bisa menyebabkan asam urat, berikut ini makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat, di antaranya sebagai berikut.

1. Buah yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C efektif untuk menghancurkan asam urat di dalam tubuh. Nantinya asam urat yang sudah hancur tersebut akan larut dan keluar bersama urine. Adapun buah-buahan yang aman dikonsumsi penderita asam urat antara lain jeruk, pisang, kiwi, pir, ceri, apel, lemon, dan anggur.

2. Ikan Salmon

Penderita asam urat dianjurkan mengonsumsi ikan salmon yang mengandung omega-3. Kandungan omega-3 tersebut yang menekan pembengkakan dan peradangan. Bukan hanya itu saja, melainkan kadar asam lemak jenuh di dalam ikan salmon justru efektif menurunkan asam urat hingga kolesterol.

3. Alpukat

Alpukat mengandung vitamin yang baik untuk mengatasi penyakit asam urat. Selain kandungan vitamin C sebagai antioksidan yang efektif untuk meminimalisir gejala asam urat. Terdapat kandungan vitamin E sebagai anti inflamasi yang membantu meminimalisir peradangan di dalam tubuh karena penyakit asam urat.

4.Telur

Kandungan protein dalam telur cukup tinggi sehingga membantu menurunkan kadar purin di dalam tubuh sehingga tubuh Anda dapat mengelola gejala asam urat dengan baik.

5. Jahe

Faktanya, jahe cukup efektif untuk mengatasi gejala asam urat. Bersumber dari Halodoc, di dalam International Journal of Preventive Medicine tertulis bahwa jahe memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang efektif untuk menekan peradangan karena asam urat. Anda bisa mengonsumsi jahe dicampur dengan makanan ataupun minuman.

6. Teh Hibiscus

Teh hibiscus terbuat dari tanaman hibiscus. Tanaman hibiscus merupakan jenis tanaman bunga yang sering dijadikan sebagai obat herbal. Bunga ini memiliki sifat anti asam urat yang bisa mencegah meningkatnya kadar asam urat.

7. Yoghurt

Minuman lain yang aman dikonsumsi penderita asam urat yakni yoghurt. Yoghurt merupakan olahan susu yang membantu menekan risiko penyakit asam urat.

8. Teh Hijau

Masih dari sumber yang sama yakni Halodoc menyebutkan bahwa studi yang dilakukan di US National Library of Medicine - National Institutes of Health menyebutkan efektivitas teh hijau terhadap kandungan asam urat di dalam tubuh. Teh hijau memiliki sifat antioksidan yakni katekin yang bisa memperlambat produksi asam urat di dalam tubuh.

Rekomendasi Suplemen yang Aman untuk Meredakan Gejala Asam Urat

Gejala asam urat yang paling terkenal dan sulit ditutupi rasa sakitnya yakni ketika Anda merasakan rasa nyeri di bagian sendi, nyeri badan, nyeri punggung sampai nyeri di bagian kaki. Beberapa kasus nyeri di bagian sendi bisa menimbulkan pembengkakan dan terasa panas di bagian sendiri.

Karenanya bagi penderita asam urat sangan dianjurkan untuk menjaga pola hidup sehat dan menghindari jenis makanan penyebab asam urat tinggi. Namun, selain menghindari makanan-makanan tersebut, Anda bisa meminimalisir dan meredakan gejala asam urat dengan mengonsumsi suplemen multivitamin khusus pasien penderita asam urat yang aman.

Salah satunya yakni Solaray Devil’s Claw. Solaray Devil’s Claw merupakan suplemen multivitamin berbentuk kapsul vegetarian yang mengandung 525 mg ekstrak akar devil’s claw atau harpagophytum procumbens. Suplemen ini berasal dari tanaman yang langsung dipetik di Afrika Selatan. Tanaman tersebut tumbuh secara alami di Gurun Kalahari dan stepa Namibia.

Terdapat kandungan senyawa glikosida iridoid yang bersifat anti inflamasi untuk meredakan rasa sakit dan peradangan, misalnya seperti radang sendi. Khasiat lainnya yakni mengurangi rasa nyeri di punggung dan leher, meredakan migrain dan meredakan rasa sakit serta peradangan bagi pasien penderita penyakit asam urat.

Untuk menemukan suplemen multivitamin lainnya yang aman dan terjamin khasiatnya untuk kesehatan bisa Anda temukan di website Natural Farm.

Yuk, jaga kesehatan sejak muda!

Reference:

  • https://www.mitrakeluarga.com/artikel/makanan-penyebab-asam-urat
  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/pantangan-asam-urat
  • https://www.halodoc.com/artikel/11-makanan-yang-aman-untuk-dikonsumsi-pengidap-asam-urat
  • https://www.halodoc.com/artikel/17-makanan-yang-menyebabkan-asam-urat?srsltid=AfmBOooR-QJl8aP6tLxNQpSe8n67bV5DvJjrZ9ChKXORXHAev8fF1AYS

Share

Latest Articles

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Kenali Perbedaan GERD dan Maag agar Tepat Cara Mengobatinya

10 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsi yang Benar

Article Category