Health

10 Ciri Ciri Kekurangan Vitamin D dan Cara Mengatasinya

By Khansa |

Kenali ciri ciri kekurangan vitamin D supaya Anda bisa mengatasinya sebelum terlambat. Sebab kekurangan vitamin D dapat memengaruhi kesehatan tubuh, khususnya pada tulang. Postur tubuh Anda berpotensi berubah hingga mengalami osteoporosis.

Vitamin D merupakan vitamin yang tidak bisa diproduksi alami di dalam tubuh. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D, manusia harus berjemur di bawah sinar matahari langsung atau mengonsumsi beberapa makanan dan suplemen khusus.

Apabila manusia mengalami kekurangan vitamin D maka dampaknya cukup berisiko bagi kesehatan tulang. Apakah Anda mau di usia yang terbilang muda ini sudah mengalami osteoporosis?

Ciri Ciri Kekurangan Vitamin D

Kebutuhan vitamin D untuk anak-anak, orang dewasa dan orang lanjut usia (lansia) berbeda-beda. Pada anak, kebutuhan vitamin D sebesar 400 IU atau setara dengan 10 mcg per hari. Sedangkan kebutuhan orang dewasa sekitar 600 IU atau 15 mcg per hari. Untuk lansia, kebutuhan vitamin D sebesar 20 mcg atau setara 800 IU per hari.

Kalau di dalam tubuh tidak tercukupi kebutuhan vitamin D, Anda bisa melihat ciri tubuh kekurangan vitamin D. Misalnya saja orang tersebut jadi gampang lelah, nyeri tulang hingga perubahan suasana hati.

1. Gampang Lelah

Ciri orang kekurangan vitamin D yang paling mudah terdeteksi yakni ketika orang tersebut lelah dan seperti tak bertenaga. Anda jadi terlihat lebih lesu dari biasanya dan kurang semangat untuk beraktivitas.

2. Gampang Terpapar Penyakit

Vitamin D adalah salah satu vitamin penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Hal tersebut lantaran vitamin D mendukung kerja sel darah putih. Bila Anda kekurangan vitamin D, maka daya tahan tubuh akan menurun. Anda jadi lebih gampang terpapar penyakit infeksi seperti flu, diare hingga ISPA.

3. Infeksi Saluran Pernapasan

Melanjutkan pembahasan di atas bahwa orang yang kekurangan vitamin D di dalam tubuh memiliki peluang terkena infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA lebih besar dibandingkan orang yang cukup memenuhi kebutuhan vitamin D haria.

4. Rambut Rontok

Beberapa kasus menyebutkan kurangnya vitamin D di dalam tubuh menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Hal ini perlu ditindaklanjuti dalam bentuk penelitian. Meski begitu, beberapa penyakit seperti autoimun dan alopecia areata memiliki gejala kerontokan rambut.

5. Proses Penyembuhan Luka Lebih Lama

Luka pasca operasi atau beberapa luka lainnya lebih lama sembuh dan pulih bila Anda kekurangan vitamin D di dalam tubuh.

6. Tulang Mengendur Karena Rakhitis

Khusus kasus anak-anak, kekurangan vitamin D berkepanjangan lebih cepat memicu penyakit rakhitis. Gejala penyakit rakhitis yakni tulang-tulang lebih gampang mengendur dan melemah. Kondisi tulang yang seperti itu lebih mudah bengkok. Dampak bagi anak yakni perkembangan motoriknya berjalan lebih lambat.

7. Tulang Melemah Karena Osteomalasia

Sedangkan pada pasien orang dewasa, untuk jangka panjang kekurangan vitamin D bisa memicu penyakit osteomalasia. Hampir serupa dengan rakhitis yakni kondisi tulang orang dewasa lebih lemah dan lunak. 

Gejala yang mengikutinya antara lain melemahnya otot dan nyeri tulang. Umumnya gejala tersebut akan terasa di sekitar punggung bagian bawah, pinggul, panggul dan tungkai.

8. Nyeri Tulang Karena Osteoporosis

Ciri orang kekurangan vitamin D lainnya yakni merasakan nyeri tulang. Nyeri tulang ini juga termasuk gejala penyakit osteoporosis. Rasa nyeri tulang terjadi karena kepadatan tulang menurun. Pada wanita, umumnya osteoporosis akan terjadi ketika memasuki periode menopause. Akan tetapi, bila kekurangan vitamin D maka penyakit osteoporosis bisa lebih cepat terjadi. Dalam tingkat lebih parah, nyeri tulang pada penderita osteoporosis bisa menyebabkan tulang patah.

9. Depresi

Tahukah Anda ternyata ciri ciri kekurangan vitamin D ternyata mengalami depresi. Walaupun sebenarnya ada berbagai gangguan penyakit yang memiliki gejala depresi. Namun salah satunya gangguan kesehatan yang disebabkan kekurangan vitamin D.

10. Perubahan Suasana Hati

Ciri orang kekurangan vitamin D yang terakhir yakni mengalami perubahan suasana hati. Anda jadi lebih mudah sedih, kelelahan, gelisah dan murung.

Baca juga: 5 Rekomendasi Hair Tonic untuk Rambut Rontok yang Paling Ampuh

Penyebab Kekurangan Vitamin D

Selain jarang terpapar sinar matahari atau kurang mengonsumsi sumber makanan mengandung vitamin D, ternyata ada sejumlah penyebab lain sehingga kadar vitamin D di dalam tubuh berkurang, di antaranya:

  • Sedang melakukan diet ekstrem sehingga konsumsi makanan vitamin D lebih sedikit
  • Sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti penurunan kolesterol, cholestyramine atau kortikosteroid dan menimbulkan efek samping
  • Sedang mengalami gangguan kesehatan seperti gangguan hati, inflammatory bowel disease, penyakit celiac, atau hiperparatiroidisme
  • Sedang menderita penyakit saluran pencernaan seperti radang usus
  • Penderita alergi terhadap susu atau intoleransi laktosa
  • Obesitas
  • Sedang menjalani pola makan vegetarian

Dampak Kekurangan Vitamin D

Sementara itu, gangguan kesehatan dan penyakit yang menunggu Anda bila asupan vitamin D tak tercukupi di dalam tubuh, di antaranya:

  • Kondisi tulang dan gigi rapuh
  • Pemicu penyakit jantung
  • Radang sendi
  • Osteoporosis
  • Penyakit infeksi seperti TBC dan pneumonia
  • Gangguan sistem reproduksi pria
  • Risiko depresi meningkat
  • Sistem imunitas tubuh menurun

Cara Mencegah dan Mengatasi Kekurangan Vitamin D

Dalam rangka mencegah gangguan kesehatan dan penyakit yang disebabkan dari kurangnya vitamin D, berikut ini tindakan preventif untuk mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin D, di antaranya:

  • Rutin berjemur di bawah sinar matahari langsung di antara jam 8 sampai 10 pagi, durasi berjemur 15 sampai 30 menit
  • Rutin berjemur sebanyak 2 kali seminggu
  • Konsumsi makanan mengandung vitamin D tinggi seperti ikan laut, susu, telur dan yogurt
  • Konsumsi suplemen vitamin D dengan kadar 600 sampai 800 IU per hari

Rekomendasi Suplemen Vitamin D yang Aman untuk Semua Usia

Kini tak perlu khawatir bila Anda sulit memenuhi kecukupan vitamin D di dalam tubuh. Sebab cukup banyak rekomendasi vitamin D yang aman untuk dikonsumsi, di antaranya sebagai berikut.

1. Natures Health Vitamin D3 Complex

Natures Health Vitamin D3 Complex mengandung vitamin D3, Vitamin K2-MK7 dan Magnesium. Dengan begitu fungsinya lebih optimal untuk menyehatkan tulang sehingga terhindar dari osteoporosis.

2. Natural Factors Calcium + D3 650mg 400IU

Natural Factors Calcium + D3 650mg 400IU merupakan suplemen yang mengandung vitamin D sebanyak 400 IU yang dikombinasikan dengan nutrisi kalsium sebesar 650 mg. Kandungan kalsium membantu proses penyerapan vitamin D sehingga lebih optimal lagi menjaga daya kekuatan saraf dan otot.

3. Natures Plus Vitamin D3 1000 IU

Bedanya suplemen multivitamin Natures Plus Vitamin D3 1000 IU dengan vitamin D lainnya yakni kandungan vitamin D3 bersifat active form. Selain itu terdapat Purity Guaranteed dari USA dan bebas kandungan gluten.

4. Wellness Vit D3 1000 IU

Khasiat mengonsumsi suplemen Wellness Vit D3 1000 IU sebagai anti inflamasi dan antimikroba sehingga sistem imunitas tubuhnya akan meningkat. Selain menyehatkan tulang, ternyata mengonsumsi suplemen ini juga efektif mencegah kanker, masalah kulit hingga mencegah pikun.

5. Nuvita D3+K2 40 mcg

Rekomendasi multivitamin lainnya yakni Nuvita D3+K2 40 mcg. Kandungan vitamin D di dalamnya bersifat aktif sehingga mudah diserap tubuh dan langsung bekerja untuk menyehatkan tubuh. Kombinasi vitamin K2 membantu kerja kalsium yang dibutuhkan tulang.

6. Nuvita Nutri D3 1000 IU

Khasiat Nuvita Nutri D3 1000 IU di antaranya meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi risiko gangguan kesehatan pada saluran pernapasan hingga meningkatkan sensitivitas insulin. Kandungan vitamin D mendukung proses penyerapan kalsium dan fosfor.

Demikianlah informasi penting tentang ciri ciri kekurangan vitamin D, apa dampaknya bagi kesehatan tubuh hingga cara mengatasinya bila Anda kekurangan vitamin D.

Yuk tunggu apa lagi? Jaga terus kesehatan Anda dan keluarga dengan membeli berbagai suplemen multivitamin terpercaya hanya di Natural Farm!

 

Reference:

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/akibat-kekurangan-vitamin-d

https://www.alodokter.com/mari-waspadai-kekurangan-vitamin-d-dari-sekarang

https://www.klikdokter.com/info-sehat/tulang/catat-ini-tanda-dan-gejala-tubuh-anda-kekurangan-vitamin-d?srsltid=AfmBOopde4e_egMXXARgtCA0cq_IiiLVSJJpYOMV58EpmwSnpx4UWEFq

https://www.alodokter.com/kenali-penyebab-dan-gejala-kekurangan-vitamin-d 

Share

Latest Articles

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Kenali Perbedaan GERD dan Maag agar Tepat Cara Mengobatinya

10 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsi yang Benar

Article Category