Health

10 Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan Paling Ampuh!

By Khansa |

Memasuki musim hujan di awal bulan Oktober hingga Maret membawa keberkahan. Akan tetapi, menjaga kesehatan di musim hujan tetap perlu diperhatikan agar Anda tidak terkena penyakit selama musim hujan. Pada dasarnya hujan dapat membersihkan suhu dan udara jadi semakin bersih dan sehat. Namun di sisi lain, hujan dapat memengaruhi tingkat kesehatan tubuh khususnya bagian saluran pernapasan dan kulit.

Kondisi di atas bisa terjadi karena kelembapan udara yang tinggi tapi suhunya rendah dapat menimbulkan bakteri dan jamur. Belum lagi bila Anda tinggal di kawasan yang terbiasa banjir saat musim hujan. Oleh karena itu, ketahui bagaimana cara dan tips menjaga kesehatan di musim penghujan.

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Selama musim hujan, pertumbuhan bakteri dan virus lebih besar dari musim panas. Apabila sistem imunitas tubuh menurun, maka Anda berpeluang terpapar penyakit-penyakit yang biasa muncul selama musim hujan. Penyakit yang perlu diwaspadai selama musim hujan di antaranya diare, demam berdarah dengue, leptospirosis, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), penyakit kulit dan penyakit pencernaan. Untuk menghindari virus, bakteri dan potensi terpapar penyakit-penyakit tersebut, berikut ini cara menjaga kesehatan di musim hujan.

1. Rajin Cuci Tangan Menggunakan Sabun dan Air Mengalir

Sumber penyebaran kuman paling cepat melalui tangan. Segera cuci tangan sebelum makan, sebelum masak atau habis membuang sampah dan dari toilet. Dianjurkan mencuci tangan menggunakan sabun dan dibilas di bawah air mengalir. Bila Anda sedang bepergian, Anda bisa membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer.

2. Jauhi Tempat Lembab

Tempat yang lembap merupakan tempat sumber penyakit karena di sana terdapat virus dan bakteri. Contoh tempat lembab di antaranya kamar mandi atau ruangan yang jarang dibersihkan. Tempat-tempat seperti itu sering disebut sarang penyakit karena kotor dan lembab.

3. Lakukan 3M Plus

Saat hujan, genangan air menjadi tempat favorit nyamuk pembawa berbagai jenis penyakit. Misalnya saja seperti penyakit malaria dan demam berdarah dengue (DBD). Di dalam genangan air tersebut nyamuk akan berkembang biak. Secara tidak langsung di dalam genangan air itu juga sumber penyakit bersarang. Untuk itu lakukan kebersihan 3M Plus, di antaranya:

  • Menguras tempat penampungan air dan menutupnya
  • Memanfaatkan barang bekas dengan cara mendaur ulangnya
  • Mengubur sampah yang sulit terurai
  • Menggunakan kasa nyamuk khusus pada jendela, pintu, dan ventilasi
  • Menanam tanaman khusus yang bisa mengusir nyamuk
  • Memelihara ikan yang memakan jentik nyamuk di akuarium atau kolam

4. Konsumsi Makanan Bernutrisi dan Bergizi

Di tengah lingkungan yang berisiko terpapar penyakit, selain melindungi diri dari luar Anda harus memberikan proteksi tubuh dari dalam. Caranya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nutrisi dan gizi harian yang dibutuhkan tubuh. Dengan begitu, sistem imunitas tubuh semakin meningkat dan lebih optimal untuk melindungi tubuh.

5. Kebutuhan Cairan di Dalam Tubuh Tercukupi

Sama halnya dengan nutrisi, tips jaga kesehatan di musim hujan dengan mencukupi kebutuhan cairan dan mineral di dalam tubuh. Minimal air yang harus dikonsumsi manusia sebanyak 2 liter per hari. Ketika kebutuhan cairan mineral terpenuhi, sisa metabolisme dan racun di dalam tubuh akan keluar.

Baca juga: Kesehatan dan Kebugaran: Kunci dalam Menjalani Gaya Hidup Sehat

6. Kebutuhan Vitamin C dan D Tercukupi

Cara untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C dan D. Bagi wanita, kebutuhan vitamin C harian sebesar 75 mg dan untuk pria 90 mg. Sedangkan kebutuhan vitamin D harian sekitar 400 sampai 800 IU.

7. Gunakan Pakaian Sesuai Musim

Cara menjaga kesehatan tubuh di musim hujan selanjutnya yakni dengan menggunakan pakaian sesuai musim. Seperti di musim hujan menggunakan pakaian sedikit tebal, menggunakan jaket atau sarung tangan dan kaos kaki. Dengan menggunakan pakaian sesuai musim, maka ruang gerak Anda semakin bebas dan nyaman.

8. Olahraga Rutin secara Teratur

Tetap melakukan aktivitas fisik dan olahraga rutin secara teratur membantu peningkatan sistem imunitas tubuh jadi semakin sehat. Sirkulasi darah di dalam tubuh lebih lancar, sel darah putih lebih optimal bekerja sehingga sistem daya tahan tubuh meningkat.

9. Istirahat dan Tidur Cukup

Jaga pola istirahat dan tidur cukup. Durasi waktu istirahat dan tidur yang cukup sekitar 7 sampai 9 jam per hari. Dengan waktu istirahat dan tidur yang cukup, proses pemulihan energi di dalam tubuh lebih optimal sehingga daya konsentrasi dan produktivitas lebih baik.

10. Jaga Kontak Langsung dengan Orang Sakit

Sebisa mungkin menjaga jaga jarak dan kontak langsung dengan orang yang sedang sakit. Apalagi bila Anda memiliki riwayat kesehatan yang cukup meresahkan. Termasuk juga hindari menggunakan barang yang sama dengan orang yang sedang sakit.

Rekomendasi Suplemen Multivitamin untuk Jaga Kesehatan selama Musim Hujan

Alasan mengapa pentingnya menjaga kesehatan di musim hujan lantaran lebih banyak sumber penyakit yang menunggu Anda di mana saja dan kapan saja. Untuk membantu melindungi tubuh dan meningkatkan sistem imunitas tubuh, berikut ini suplemen multivitamin yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama musim hujan.

1. Natural Factors - High Potency Multivitamin

Natural Factors - High Potency Multivitamin mengandung vitamin C sebanyak 200 mg, vitamin D sebanyak 400 IU, vitamin E sebanyak 100 IU, beta-carotene sebanyak 10.000 IU, asam folat, vitamin B kompleks dan mineral.

2. KAL C 1000 Mg Buffered

KAL C 1000 Mg Buffered mengandung vitamin C sebanyak 1000 mg yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tubuh, menyehatkan tulang dan gigi serta aman bagi penderita maag.

3. Nutriwell Tri Zinc + Vit B6

Nutriwell Tri Zinc + Vit B6 memiliki kandungan mineral seperti zinc yang tidak diproduksi tubuh secara langsung. Untuk memenuhi kebutuhan Zinc harian Anda harus mengonsumsi makanan atau suplemen multivitamin yang mengandung zinc.

4. Nutriwell My Boost

Nutriwell My Boost memiliki kandungan nutrisi baik yang dibutuhkan tubuh. Di antaranya beta-carotene, echinacea, vitamin B5, B6, C, D3, E, serta mineral zinc untuk memproteksi dan meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Nutriwell Vitamin C 300 Mg Buffered

Nutriwell Vitamin C 300 Mg Buffered mengandung vitamin C yang bersifat buffered. Itu artinya suplemen multivitamin ini ramah di lambung, menjaga keseimbangan pH tubuh serta meminimalisir risiko gastrointestinal.

6. Nutriwell Vitamin D3 1000 IU

Vitamin D yang terkandung di dalam Nutriwell Vitamin D3 1000 IU bersifat aktif sehingga lebih mudah terserap di dalam tubuh. Dengan begitu kesehatan tulang semakin terjaga karena penyerapan kalsium sempurna.

7. Nutriwell Vitacom Formula

Nutriwell Vitacom Formula diproduksi melalui rangkain formulasi khusus dengan mengombinasikan manfaat dari vitamin B kompleks, C, D, magnesium, mineral, zinc dan zat besi.

8. Nuvita Nutri C 1000 Mg

Nuvita Nutri C 1000 Mg memiliki kandungan vitamin C bersifat non acidic. Artinya kandungan vitamin C-nya melalui proses formulasi penggabungan antara asam askorbat dan kalsium. Dengan begitu, dampak bagi tubuh yakni menjaga keseimbangan pH di dalam tubuh.

9. Nuvita Multi

Nuvita Multi merupakan suplemen multivitamin yang terdiri dari 12 jenis kombinasi vitamin dan mineral esensial untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, vitamin dan mineral di dalam tubuh.

10. Nuvita D3 2500 IU

Nuvita D3 2500 IU memiliki kandungan vitamin D3 cukup besar yakni 2500 IU. Vitamin D-nya bersifat aktif sehingga efektif untuk memproteksi tubuh khususnya dari perubahan cuaca dan paparan sinar matahari langsung.

Nah, itulah 10 cara menjaga kesehatan di musim hujan. Jadi, bukan hanya mempersiapkan payung dan mantel hujan saja melainkan ada hal-hal lain yang perlu Anda persiapkan untuk menghadapi musim hujan.

Yuk tunggu apa lagi? Temukan produk suplemen multivitamin yang aman dan terjamin khasiatnya di website Natural Farm. Semoga informasinya bermanfaat!

 

Reference:

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/tips-menjaga-kesehatan-di-musim-hujan

https://www.detik.com/jatim/berita/d-7108722/7-tip-menjaga-kesehatan-di-musim-hujan

https://upk.kemkes.go.id/new/5-tips-sehat-menghadapi-musim-hujan 

https://dinkes.tegalkota.go.id/berita/detail/10-tips-menjaga-kesehatan-di-musim-hujan-dan-cuaca-ekstrim

Share

Latest Articles

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Kenali Perbedaan GERD dan Maag agar Tepat Cara Mengobatinya

10 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsi yang Benar

Article Category