Health

Makanan Zat Besi yang Bisa Anda Temukan dengan Mudah

By Erwin |

Bagi Anda penderita anemia, makanan zat besi jelas wajib ada di dalam menu makanan sehari-hari Anda. sebab, kandungan zat besi di dalam makanan bisa meningkatkan pembentukan hemoglobin untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dengan lebih baik.

Lantas, apa saja ya jenis makanan zat besi? Ternyata, makanan yang kaya akan kandungan zat besi tidak sulit ditemukan, lho! Anda bahkan bisa menemukannya dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Kalau begitu, apa saja ya jenis makanan yang mengandung zat besi? Untuk lebih jelasnya, yuk simak dulu daftarnya berikut ini!

Daging Merah

Salah satu jenis makanan yang mengandung zat besi adalah daging merah. Bahkan, terdapat sekitar 3 mg zat besi di dalam 100 gram daging merah, dan jumlah tersebut rupanya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian.

Meski begitu, Anda tetap perlu menghindari konsumsi daging merah yang berlebih. Sebab, hal tersebut justru malah bisa memicu risiko penyakit seperti stroke, penyakit jantung, diabetes tipe 2, hingga kanker.

Jeroan

Selain daging merah, jeroan juga rupanya merupakan salah satu jenis makanan zat besi, lho! Contohnya jantung, hati, ginjal, dan otak.

Akan tetapi, konsumsi jeroan ini kurang direkomendasikan apabila Anda juga memiliki masalah kadar kolesterol tinggi. Ibu hamil juga disarankan untuk menghindari jeroan karena konsumsi jeroan terlalu sering selama kehamilan bisa meningkatkan risiko cacat lahir pada bayi.

Sayuran Hijau

Sebagai alternatif sumber zat besi yang lebih sehat, Anda bisa pilih konsumsi sayuran hijau saja. Apalagi, tak sulit menemukan sayuran yang tinggi kandungan zat besi.

Sayuran hijau merupakan jenis sayuran dengan kadar zat besi tinggi, seperti bayam, sawi, dan brokoli. Dalam 100 gram bayam saja, sudah terkandung sekitar 3 mg zat besi. Sedangkan dalam 100 gram sawi, ada sekitar 2 mg zat besi dan dalam 100 gram brokoli ada sekitar 1 mg zat besi.

Hanya saja, selalu pastikan bahwa sayuran hijau yang akan Anda konsumsi memang masih dalam kondisi segar. Selain itu, bersihkan dulu sayurannya dengan air bersih dan mengalir.

Tahu dan Tempe

Sumber zat besi lainnya yang berasal dari tanaman adalah tahu dan tempe. Tentu saja, kedua jenis makanan zat besi tersebut tak akan sulit Anda temukan, kan?

Dalam 100 gram tahu, terdapat sekitar 3,5 mg zat besi yang terkandung di dalamnya. Angkanya bahkan lebih besar ketika Anda mengonsumsi tempe. Sebab ada sekitar 4 mg zat besi yang terkandung di dalam 100 gram tempe.

Kacang-Kacangan

Sejumlah kacang-kacangan juga merupakan sumber asupan zat besi yang baik. Misalnya kacang kedelai, kacang merah, dan kacang polong. Dengan begitu, Anda bisa dapatkan alternatif makanan sumber zat besi lainnya terutama jika Anda menjalani pola makan vegetarian atau vegan.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category