Health

Rekomendasi Makanan untuk Radang Tenggorokan

By Erwin |

Rasa tak nyaman di tenggorokan sering kali jadi alasan Anda malas makan saat mengalami radang tenggorokan. Beruntung, ada beberapa makanan untuk radang tenggorokan yang bisa membuat tenggorokan jadi lebih lega, menurunkan peradangan penyebab radang, hingga memperkuat kekebalan tubuh Anda.

Kalau begitu, apa saja ya jenis-jenis makanan yang cocok dan nyaman dikonsumsi saat sedang mengalami radang tenggorokan? Anda bisa simak dulu daftarnya berikut ini. Selamat membaca!

Jahe

Jenis rempah yang satu ini merupakan salah satu solusi pereda radang tenggorokan yang sebenarnya sudah dikenal sejak lama. Sebab, jahe memiliki kandungan yang memberikan efek anti peradangan yang bisa meredakan radang tenggorokan.

Ada berbagai cara yang bisa Anda pilih untuk mengkonsumsi jahe sebagai obat radang tenggorokan. Misalnya dengan cara memarut jahe, lalu tambahkan ke makanan ataupun minuman Anda. Alternatif lainnya, Anda bisa rebus jahe dan minum air rebusannya.

Madu

Selain jahe, madu juga merupakan salah satu jenis makanan untuk radang tenggorokan yang bisa bantu redakan gejala yang Anda alami. Selain memberi efek antioksidan, madu juga memiliki khasiat antimikroba, anti peradangan, antiproliferative, antimetastatic, dan antikanker.

Apabila Anda mengalami radang disertai batuk, madu terutama madu murni bisa membantu meredakan penyakit Anda. Cara mengkonsumsinya pun beragam, mulai dari dikonsumsi secara langsung hingga mencampurkan madu ke dalam minuman ataupun makanan hangat.

Kaldu Sayuran Plus Bawang Putih, Lada Hitam, dan Kunyit

Kaldu sayuran, terutama yang masih hangat, bisa memberikan efek menenangkan yang terasa begitu nyaman. Ditambah lagi, uap dari kaldu juga bisa membantu melegakan hidung tersumbat yang bisa jadi mengiringi masalah radang tenggorokan Anda.

Tambahkan bawang putih, kunyit, dan lada hitam ke dalam resep kaldu sayuran untuk memberikan hasil yang lebih optimal. Kandungan bawang putihnya mempunyai senyawa belerang, yang bisa melawan peradangan, melawan bakteri, virus, hingga jamur, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Sedangkan tambahan kunyit menambahkan kandungan kurkumin yang bisa menurunkan enzim pemicu peradangan di dalam tubuh. Hanya saja, khasiat kurkumin tidak akan keluar apabila tidak disertai dengan tambahan piperine, yang terkandung di dalam lada hitam.

Teh Chamomile dan Lemon

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, teh chamomile memiliki manfaat yang menenangkan. Hanya saja, tahukah bahwa chamomile juga punya kandungan senyawa antiradang? 

Ketika dikombinasikan dengan khasiat menenangkan di dalam chamomile, jenis teh yang satu ini bisa membantu Anda beristirahat dengan lebih tenang dan nyaman. Karena tentu saja Anda butuh waktu istirahat yang berkualitas agar bisa sembuh dari radang tenggorokan, kan?

Selain itu, chamomile juga bisa membantu mengurangi kejang otot saat Anda batuk. Caranya cukup seduh teh chamomile dan tambahkan lemon segar untuk kandungan vitamin C ekstra yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus jadi bonus antioksidan.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category