Health

5 Makanan untuk Diare, Bantu Sembuhkan Masalah Pencernaan Anda!

By Erwin |

Walaupun diare biasanya bisa mereda dalam jangka pendek, memilih makanan untuk diare yang tepat tetap penting untuk dipertimbangkan. Mengingat kondisi yang dialami, sebaiknya Anda memilih makanan yang aman untuk pencernaan dan tidak akan memperparah gejala diare yang dialami.

Sedangkan jenis-jenis makanan yang perlu dihindari saat mengalami diare misalnya makanan dengan kandungan lemak yang tinggi dan makanan yang pedas. Selain itu, kandungan kafein dalam minuman juga perlu dihindari agar gejala diare tidak bertambah parah.

Kalau begitu, apa saja ya rekomendasi makanan untuk diare yang bisa membantu proses penyembuhan masalah pencernaan Anda? Simak dulu daftarnya berikut ini!

1. Pisang

Salah satu jenis makanan yang direkomendasikan bagi penderita diare adalah pisang. Sebab, pisang mengandung zat bernama pektin yang bisa membantu memperlancar diare. Selain itu, jenis buah yang satu ini juga dapat meningkatkan penyerapan air di dalam usus agar konsistensi feses jadi lebih padat.

Selain manfaat pisang untuk diare, buah yang satu ini juga mempunyai tekstur lembut saat dimakan. Dengan begitu, konsumsi pisang juga tidak akan memberatkan kinerja sistem pencernaan. Kandungan karbohidratnya pun dapat membantu memulihkan energi.

2. Yoghurt

Makanan probiotik ini memiliki kandungan lactobacillus dan acidophilus yang ternyata bermanfaat dalam mengatasi diare. Sebab, kedua jenis probiotik tersebut mampu melindungi pencernaan dari serangan bakteri yang memicu terjadinya diare.

Idealnya, pilihlah varian greek yoghurt yang teksturnya lebih kental, low-fat yoghurt yang rendah lemak, maupun yoghurt tanpa kandungan pemanis. Dengan begitu, kinerja yoghurt dalam mengembalikan keseimbangan bakteri baik di usus pun bisa optimal.

3. Kentang Rebus

Seperti yang sudah Anda ketahui, kentang merupakan salah satu jenis makanan sumber karbohidrat yang menjadi sumber energi bagi tubuh. Agar lebih nyaman dikonsumsi saat masih mengalami gejala diare, Anda bisa merebus kentang dulu sampai empuk sebelum mengkonsumsinya.

Selain itu, kandungan kalium di dalam kentang juga merupakan alasan yang membuatnya jadi salah satu makanan untuk diare. Pasalnya, kandungan kalium tersebut bisa menggantikan zat elektrolit yang hilang saat Anda mengalami gejala diare.

4. Sup Ayam

Karena teksturnya yang lembut sehingga mudah dicerna, sup ayam pun jadi salah satu jenis makanan yang cocok dikonsumsi saat diare. Tak hanya itu, cairan pada sup ayam juga dapat membantu mencegah dehidrasi yang berisiko terjadi saat diare.

5. Sayuran

Beberapa jenis sayuran ternyata bisa membantu mempercepat proses pemulihan tubuh saat mengalami diare. Contohnya asparagus, kacang hijau, dan wortel.

Wortel memiliki kandungan serat yang bisa menggantikan nutrisi yang hilang saat diare. Manfaat yang sama juga dapat Anda nikmati dari asparagus. Sementara itu, kacang hijau dapat Anda olah jadi bubur makanan untuk diare yang dapat dinikmati dengan nyaman tanpa memberatkan sistem pencernaan.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category