Health

4 Rekomendasi Makanan untuk Asam Urat yang Rendah Purin

By Erwin |

Asam urat merupakan penyakit yang bisa menyebabkan rasa sakit di sekitar sendi sehingga aktivitas jadi terhambat. Maka dari itu, konsumsi makanan untuk asam urat yang aman dengan kandungan purin dalam jumlah rendah bisa bantu Anda mengontrol penyakitnya.

Purin sendiri merupakan jenis zat yang bisa menyebabkan kelebihan serta penumpukan asam urat di dalam tubuh. Pasalnya, asam urat terbentuk saat tubuh memecah purin yang terdapat dalam makanan yang Anda konsumsi.

Sementara itu, tubuh sudah memproduksi purin secara alami. Begitu hasil pemecahan purin dan produksi purin alami bertemu, kadar asam urat pun mengalami peningkatan. Oleh karenanya, makanan tinggi purin seperti daging merah, makanan dan minuman manis, jeroan, dan seafood perlu dihindari.

Hanya saja, bagaimana dengan makanan yang aman bagi penderita asam urat, ya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa simak dulu daftarnya berikut ini. Selamat membaca!

Sayuran Rendah Purin

Tahukah Anda bahwa ternyata sayuran juga memiliki kandungan purin yang jumlahnya berbeda-beda? Maka dari itu, pilihlah sayuran yang kadar purinnya rendah untuk membantu menjaga kondisi Anda. Beberapa contoh sayuran rendah purin seperti kentang, kale, selada, timun, wortel, paprika, dan kol merah.

Selain itu, perhatikan pula cara pengolahan sayuran sebelum Anda konsumsi. Dengan begitu, nilai gizi yang terkandung di dalam sayuran tidak akan hilang dan bisa diterima tubuh.

Buah dengan Kandungan Vitamin C

Selain sayuran, buah juga merupakan salah satu makanan untuk asam urat yang aman dikonsumsi. Terutama buah-buahan dengan kandungan vitamin C dalam jumlah tinggi. Misalnya jeruk, ceri, tomat, lemon, dan kiwi.

Kandungan vitamin C dalam buah bisa membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Sebab, vitamin C dapat menghancurkan asam urat yang kemudian dibuang dari dalam tubuh melalui urin.

Selain itu, ada juga buah-buahan dengan kadar purin rendah yang jelas baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Contohnya apel, pir, pisang, dan anggur.

Teh Hijau

Rekomendasi berikutnya adalah teh hijau, yang khasiatnya terhadap asam urat ternyata juga pernah dipelajari. Berdasarkan hasil studi, diketahui bahwa ada antioksidan bernama katekin di dalam teh hijau yang bisa menghambat produksi asam urat di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, teh hijau rupanya juga bisa membantu mengeluarkan kristal asam urat serta meluruhkan batu ginjal.

Ikan Salmon

Rupanya, ikan salmon juga termasuk ke dalam jenis makanan untuk asam urat yang aman untuk dikonsumsi. Sebab, ikan salmon mengandung omega-3 yang memang sudah terbukti bermanfaat dalam menunjang kesehatan.

Menariknya, omega-3 juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan. Mengingat bahwa jenis ikan satu ini rendah asam lemak jenuh, konsumsi ikan salmon juga dapat membantu Anda menurunkan kolesterol hingga asam urat di dalam tubuh.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category