Health

Mengenal Ciri Ciri Depresi Berat dan Cara Bangkit Darinya

By Erwin |

Depresi merupakan salah satu gangguan psikologis yang sudah banyak diderita orang-orang disekitar anda. Menurut data yang berasal dari The Awareness Centre, mereka menemukan paling tidak sebanyak 264 orang di seluruh dunia yang menderita depresi. 

Bukan hanya anak muda, tetapi setengah dari banyaknya orang dewasa yang berusia lebih dari 55 tahun pernah mengalami depresi. Tapi bagaimanakah ciri ciri depresi berat dan penanganan yang bisa dilakukan anda untuk mencegah berlanjutnya gangguan tersebut? 

Ciri Orang Depresi Tanpa Disadari

Ciri-ciri dari orang depresi biasanya akan tanpa disadari muncul dengan sendirinya. Memang sebenarnya ciri depresi cukup sulit dikenali secara langsung dan perlu waktu untuk dapat  mengenalinya. Dan berikut ini terdapat beberapa ciri depresi yang bisa saja akan muncul tanpa disadari, adalah,

  1. Rasa Cemas yang berlebihan
    Seorang yang mempunyai rasa cemas yang berlebihan dengan durasi serta frekuensi yang tidak wajar bisa menjadi salah satu gejala depresi. Terdapat beberapa momen yang diketahui bisa memicu munculnya depresi, misalnya stress yang cukup tinggi terhadap beban kerja maupun beban kuliah yang sedang dijalani.
  2. Adanya Perubahan perilaku secara signifikan
    Perubahan perilaku maupun mood yang signifikan dan juga cenderung cukup cepat juga bisa menjadi salah satu ciri dari penderita depresi. Jika orang disekitar maupun dokter sadar mengenai adanya perubahan mood tersebut, hal satu ini bisa dipastikan jika terdapat sesuatu yang buruk pada diri Anda. 
  3. Adanya Perubahan pada pola tidur
    Jika seseorang merasa jika jam pola tidurnya mulai berbeda atau tidak normal, ada baiknya mereka mencoba untuk menggunakan alat monitor pola tidur. Alat monitor tersebut diketahui bisa membantu melihat berapa lama jam tidur Anda serta berapa banyak energi yang akan diperlukan dalam melakukan aktivitas biasanya.
  4. Terjadi Perubahan pada pola makan
    Pola makan secara tidak langsung juga bisa berhubungan dengan ciri ciri depresi berat dari seseorang. Saat seseorang sedang mengalami kenaikan maupun penurunan berat badan tanpa disadari dan mulai tidak memperdulikan seberapa banyak kalori yang masuk. Hal tersebut bisa menjadi tanda jika terdapat sesuatu yang tidak baik pada kondisi kesehatannya.

Cara Bangkit dari Depresi

Terdapat beberapa cara yang disesuaikan akan disesuaikan dengan kebutuhan setiap individu untuk dapat bangkit dari depresi, seperti berikut, 

  1. Melakukan olahraga
    Mencoba untuk rutin melakukan olahraga bisa menjadi salah satu langkah yang baik agar dapat bangkit. Olahraga sendiri dapat meningkatkan bahan kimia yang ada pada tubuh dengan endorfin. Endorfin sendiri diketahui bisa membawa penderita untuk mulai merasakan perasaan yang bahagia ataupun lebih baik dari sebelumnya. 
  2. Membentuk pola pikiran yang positif
    Depresi sendiri termasuk penyakit yang akan menyerang mental seseorang. Maka dari itu, mengubah pola pikir dari penderita depresi termasuk hal yang cukuplah berat. Tetapi bukannya tidak mungkin anda dapat mengubah pola pikir itu. Penderita tentu akan sangat membutuhkan dukungan serta latihan yang dapat mengubah pemikiran negatif menjadi pemikiran yang lebih baik dan positif dari sebelumnya.
  3. Tidur yang cukup
    Penderita depresi biasanya akan sulit untuk tidur dengan baik. Agar dapat mengatasi hal tersebut, penderita bisa mencoba untuk mengubah gaya hidupnya. Bisa dari menyingkirkan semua peralatan elektronik, misalnya komputer, TV, sampai ponsel, yang dapat mengganggu kualitas tidur seseorang dan cobalah untuk pergi tidur lebih awal disertai mencoba untuk bangun pada waktu yang sama setiap harinya.
  4. Berkonsultasi dengan profesional
    Konsultasi dengan yang profesional adalah hal yang sangat tepat. Anda bisa mencoba untuk mendatangi psikolog maupun psikiater yang dapat membantu memotivasi diri dan tentunya bisa membantu dalam menangani depresi. Mereka tentu bisa memberikan jenis pengobatan yang memang cocok dalam mengatasi ciri ciri depresi berat maupun gejala lain. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category