Health

Mengenal Diabetes Tipe 1 yang Perlu Anda Waspadai

By Natural Farm |

Secara umum pasti orang awam hanya mengetahui jika penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya gula darah dikenal dengan diabetes saja. Namun, tahukah Anda jika ternyata penyakit diabetes terbagi lagi? Salah satunya adalah diabetes tipe 1, kira-kira seperti apa ya diabetes tipe ini? Yuk, baca selengkapnya pada artikel berikut ini. 

1. Definisi Penyakit Diabetes Tipe 1

Penyakit diabetes yang satu ini bisa didefinisikan sebagai suatu keadaan dimana kadar gula dalam darah seseorang meningkat melebihi keadaan normalnya. Sehingga, membuat tubuh tidak dapat memproduksi hormon insulin dengan maksimal. Hormon insulin ini berfungsi untuk merubah penyerapan dari glukosa agar bisa diterima dengan baik pada sel-sel tubuh Anda. Penyakit diabetes yang satu ini dikenal juga sebagai penyakit autoimun. Penyebabnya adalah sel beta diserang oleh sistem kekebalan tubuh yang berperan menghasilkan hormon insulin. Adapun organ tubuh yang berperan untuk menghasilkan hormon insulin adalah pankreas. 

2. Gejala Umum Penyakit Diabetes Tipe 1

Terdapat beberapa gejala umum dari penyakit diabetes tipe 1 tersebut, diantaranya Anda akan mengalami pipis yang berlebihan dengan intensitas yang sangat sering sekali. Lalu, Anda akan mudah untuk mengalami haus maupun lapar. Selanjutnya, akan muncul tanda-tanda jika Anda mengalami gagal ginjal. Kemudian, Anda akan mengalami penurunan pada berat badan secara drastis. Selain itu, Anda akan mudah merasa kelelahan seperti habis bekerja keras dan penglihatan mulai kabur bahkan bisa mengalami kebutaan. Anda juga akan mengalami gatal-gatal pada tubuh terutama pada daerah sekitaran alat kelamin. Gejala umum lainnya adalah luka yang terdapat pada tubuh Anda akan mengalami kesembuhan yang lama. 

3. Faktor Penyebab Penyakit Diabetes Tipe 1

Adapun faktor yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit diabetes dengan tipe 1 ini adalah tubuh tidak bisa memproduksi hormon insulin dengan baik. Karena, glukosa tidak masuk pada sel-sel tubuh Anda dan tidak bisa diolah dalam bentuk energi yang berfungsi untuk dilakukan pencadangan pada tubuh. Dengan demikian, dampaknya adalah glukosa dalam tubuh akan meningkat secara drastis. Alhasil, bagi penderita diabetes dengan tipe 1 ini wajib mendapatkan tambahan hormon insulin yang berasal dari luar. Faktor lain yang juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit diabetes dengan tipe 1 ini yaitu tubuh Anda mengalami kekurangan vitamin D. Kemudian, memiliki riwayat genetika yaitu terdapat salah satu anggota keluarga yang menderita penyakit diabetes dengan tipe 1 ini. Lalu, terjadinya infeksi virus pada tubuh Anda yaitu virus coxsackie maupun virus EBV atau Epstein Barr.

4. Cara Pengobatan Penyakit Diabetes Tipe 1

Bagi Anda yang menderita penyakit diabetes tipe 1 bisa melakukan beberapa pengobatan seperti terapi insulin dengan dokter ahli yaitu dengan cara memberikan suntikan hormon insulin kepada pasien yang menderita penyakit tersebut. Lalu, Anda bisa mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter seperti obat yang menurunkan kolesterol, obat untuk tekanan darah tinggi, dan aspirin. Kemudian, Anda bisa menerapkan pola hidup yang sehat dan melakukan kegiatan diet dengan baik dan benar. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category