Health

Menyibak Fakta Buah Nangka dan Kehamilan

By Erwin |

Saat masa kehamilan, ibu harus mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan yang dimakan. Hal ini diperlukan untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Buah menjadi salah satu menu penting pada masa ini, karena mengandung banyak vitamin, nutrisi, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Lalu, bagaimana dengan buah nangka? Bolehkan ibu hamil makan nangka? Berikut ini kita akan mencoba untuk menjelaskan tentang hal ini.

Mitor Buah Nangka dan Kehamilan

Ada mitos yang menyebutkan bila ibu hamil memakan buah nangka bisa menyebabkan keguguran. Seperti namanya, hal ini hanyalah mitos. Tidak ada penelitian dan bukti ilmiah yang membuktikan bila buah nangka menyebabkan keguguran. Bahkan belum ada penemuan yang mengatakan bila zat dalam buah nangka menyebabkan masalah kehamilan ini.

Jadi, mengkonsumsi buah nangka aman untuk ibu hamil. Bahkan baunya yang agak menyengat pun tidak memberikan efek buruk bagi kehamilan. Tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi buah nangka saat Anda hamil.

Nutrisi dalam Buah Nangka

Buah nangka mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Vitamin dalam buah nangka adalah Vitamin A, B, C, dan D. Sedangkan mineral dan zat lain yang juga terdapat dalam buah nangka adalah kalsium, zat besi, zink, mangan, beta-karoten, dan juga kalium.

Tidak hanya nutrisi yang beragam. Buah nangka juga dikenal memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Dalam satu mangkuk buah nangka, terdapat hanya 155 kalori. Lalu, kandungan kolesterol, garam, dan lemak jenuh juga cukup rendah, yang membuat buah ini aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Satu lagi kandungan penting dari buah nangka adalah serat. Serat dalam buah nangka terbilang cukup tinggi. Jadi, buah ini juga dapat mengatasi sembelit, yang bisa membuat kondisi tidak nyaman bagi ibu hamil.

Hal Yang Perlu Diperhatikan saat Mengkonsumsi Buah Nangka

Meskipun buah nangka tidak menyebabkan keguguran, serta mengandung banyak vitamin dan zat penting, ada baiknya Anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Mengkonsumsi buah nangka secara berlebihan dapat menyebabkan diare. Hal ini dikarenakan buah nangka memiliki sifat laksatif atau pemicu buang air besar yang alami.

Lalu, ada juga orang yang alergi terhadap buah nangka. Bila Anda memiliki alergi ini, maka disarankan untuk menghindari buah ini. Ibu hamil dengan diabetes juga perlu membatasi atau menghindari buah nangka. Hal ini disebabkan kandungan gula dalam buah nangka cukup tinggi.

Jadi, bolehkah ibu hamil makan nangka? Tentu saja boleh, seperti yang dijelaskan diatas. Hanya saja, jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Imbangi dengan makanan lain yang juga mengandung nutrisi pelengkap. Dengan begitu, tubuh Anda akan memperoleh nutrisi yang dibutuhkan. Dan, tubuh akan tetap berada dalam kondisi sehat selama masa kehamilan hingga saat melahirkan nanti.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category